Seri Penjelajah Cilik – Alam Liar: Satu Buku Untuk Beraneka Ide Sensory Box

image

Sekali-kali ngereview buku ah.. buku yang semingguan ini lagi laris banget di rumah. Kakak dan adek gantian aja ambil dari rak buku, ditenteng ke teras, ke kamar, ke dapur, ke sana sini sambil bilang “besok kita bikin halaman yang ini ya bun..”

Buku setebal 32 halaman ini memang gak cuma asik dibaca tapi juga bisa dijadikan ide bermain karena memiliki ilustrasi berukuran besar dengan banyak warna yang mengajak anak-anak berimajinasi membayangkan kehidupan aneka jenis hewan di alam liar seperti hutan, padang gurun, sabana, pegunungan es, daerah kutub, dan lautan dalam.

Baca: Play Time: Bermain Sensory

Dari buku ini kami jadi punya banyak ide membuat sensory box bertema habitat hewan liar, tinggal disesuaikan dengan figurin hewan yang kami punya, seru kan? seru laaaah.. lihat aja beberapa sensory box yang sudah pernah kami buat dengan terinspirasi dari si buku, misalnya:

Belajar Rantai Makanan di Sabana

image

Sabana adalah daerah kering berumput di Afrika, di sini hewan pemakan tumbuhan seperti zebra, rusa, dan jerapah hidup dalam kelompok dan selalu di intai oleh predator seperti singa dan cheetah.

Sensory box-nya aku buat dari pasir pantai dan bebatuan putih. Sebelum main adek dikasih penjelasan sedikit tentang rantai makanan di habitat sabana ini, selanjutnya dia mulai asik ngoceh-ngoceh sendiri, adegan yang selalu dia ulang-ulang: singa ditabrak badak waktu lagi mau makan jerapah, hihihiii..

Menyelam ke Lautan Dalam

image

Karena nggak punya figurin ikan air laut yang lucu-lucu jadi ikan yang ada di sensory box-nya predator semua 😀 😀

Untuk air lautnya sengaja pakai waterbeads supaya nggak terlalu becek, cuma ada sedikit air di kotak kecil yang nantinya bakal jadi kejutan.. syaratnya, hewan2 boleh dimainin tapi air di kotak jangan sampai tumpah.. ini untuk melatih adek supaya lebih telaten lagi saat bermain, karena biasanya selama ini langsung brak bruk brak bruk tumplek semua..

Baca: Play Time: What Lives Under The Sea

image

Yeaay airnya berhasil nggak tumpah selama main walau kotaknya sudah pindah ke tengah, jadi sebagai bonus kelakuan baik 😀 kita buat tsunami ala ala.. Seperti biasa, cuma pakai vinegar, baking soda, dan 2 tetes pewarna makanan biru, lalu terciptalah gelombang busa besar yang meluap sampai ke garis pantai dan menghempaskan si kura-kura dan Mr.Crab 😀

Selamat Datang di Antartika!

image

Antartika atau kutub selatan adalah daerah paling dingin di muka bumi, di sini hidup pinguin, burung Albatros, dan gajah laut.

Sensory box yang ini aku buat dari pecahan es batu untuk menjaga kotak tetap dingin, potongan styrofoam yang pura-puranya adalah bongkahan salju, dan agar-agar biru sebagai air lautnya.
Cara buatnya mudah sekali, cuma perlu 2 sendok teh bubuk agar-agar warna putih (biru juga bisa) dicampur dengan 1500 ml air bersih dan 5 tetes pewarna makanan biru, lalu rebus sampai mendidih sambil sesekali diaduk, setelah mendidih matikan api dan tunggu sampai hangat. Atur figurin ikan di dalam kotak dan pelan-pelan siram agar-agar ke dalam kotak, mesti pelan yaa.. supaya ikan-ikannya gak bergerak dan malah naik mengambang, selesai! tinggal simpan di kulkas dan siap dimainkan saat sudah dingin.

Pakai agar-agar supaya adek ada usaha saat mengambil ikan-ikan yang ada di dalamnya, awalnya dia agak geli-geli gimana gitu.. mungkin karena teksturnya yang lengket dan kenyal, tapi 30 menit setelahnya malah kaki pun dia masukin ke dalam kotak saking asyiknya 😀

image
Jangan ditanya gimana ngepelnya nanti.. hahahaah..

Sebenarnya masih ada habitat laut arktik, pegunungan, bawah tanah, dan hutan hujan yang belum kami cobain, tapi figurin hewannya belum lengkap, kayanya bakal makin seting ngintipin OS buat berburu figurin nih.. hehehee..

Kulit Wajah Bebas Masalah dengan Bahan Herbal Alami

Musim hujan tapi tetap panas ini gak cuma bikin kesehatan tubuh yang drop, kesehatan kulit terutama wajah juga jadi gak prima, kering tapi jerawatan. Karena masih punya bayi, saya takut efek samping dari bahan kimia yang terkandung di krim-krim perawatan wajah yang saya pakai akan menempel di kulit si adek, jadi untuk perawatan wajah sehari-hari cukup mencuci wajah pakai baking soda, lalu oles-oles jeruk nipis bergantian dengan lidah buaya tiap pagi dan malam.
Tapi beberapa hari ini perawatan wajah sederhana ala saya itu sudah gak mempan lagi.. jerawat kecil-kecil tetap saja keluar, kulit jadi kering dan kusaaaam banget.. huhuhuu..

Akhirnya mikir mau coba perawatan ke dokter kulit, tapi ribet ah.. males antrinya, males dipencet-pencetnya, terus giliran bayarnya males juga hahahaa.. Pucuk dicinta, ada tawaran mencoba produk perawatan kulit wajah dari Gizi Super Cream yang terbuat dari 7 bahan aktif herbal yang berfungsi sebagai pencerah alami kulit wajah sekaligus melindungi wajah dari paparan sinar UV dengan fungsi UV protection. Sepertinya pas nih buat saya yang selama ini selalu mengandalkan bahan-bahan alami untuk perawatan wajah.

Continue reading “Kulit Wajah Bebas Masalah dengan Bahan Herbal Alami”