Nyamuk merupakan hewan yang bertahan hidup dengan menghisap darah, terutama jenis nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Keduanya merupakan jenis hewan yang bersifat antropofilik danĀ  hidup di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Secara fisik, nyamuk jenis ini memiliki bentuk tubuh yang kecil, berwarna hitam pekat dengan bintik putih. Mereka bersifat multiple feeding, yakni sifat alami yang membuat mereka belum puas sebelum bisa menghisap darah hingga beberapa kali kepada orang yang berbeda.

Sifat multiple feeding inilah yang disinyalir membuat jenis nyamuk ini sangat berbahaya karena dari satu nyamuk saja bisa menularkan virus dengue (penyebab demam berdarah) ke beberapa orang yang berada di satu lingkungan yang saling berdekatan.

Secara aktivitas, nyamuk ini terbilang unik. Jika jenis nyamuk lainnya cenderung aktif di malam hari, mereka justru cenderung lebih aktif dalam kondisi hangat (pagi dan sore hari), atau lebih tepatnya sekitar 1 jam setelah matahari terbit, dan beberapa jam sebelum matahari terbenam.

Karena bentuknya yang sangat kecil dan jarum moncongnya yang sangat tajam, gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus ini tidak menimbulkan rasa sakit, atau menyebabkan sensasi gatal. Mereka umumnya menyerang area belakang tubuh, seperti tengkuk, pergelangan kaki dan siku.

Melihat karakternya yang sangat unik, penting untuk mempertimbangkan upaya pencegahan dan perlindungan tubuh dari gigitan nyamuk, terutama nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Mencegah Gigitan Nyamuk

Hal pertama yang wajib dilakukan untuk mencegah gigitan nyamuk adalah dengan memotong alur perkembangbiakannya dengan cara melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan, dan membatasi tempat induk nyamuk bertelur.

Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus termasuk dalam jenis nyamuk pemukiman, dan berkembang biak di wadah penampungan air yang jernih, seperti bak mandi, vas bunga, kaleng bekas, wadah plastik, water toren dan tempat lainnya yang menyebabkan genangan air.

Solusinya, pastikan lingkungan kamu bebas dari sampah atau benda-benda yang dapat menampung air. Untuk tempat yang tidak mungkin ditutup, seperti bak mandi, kamu bisa menaburkan serbuk yang berfungsi untuk membunuh jentik nyamuk.

Jika punya kolam, isi kolam tersebut dengan ikan. Ini dilakukan agar ikan-ikan tersebut memakan telur dan jentik nyamuk, dan rantai perkembangbiakannya bisa dipotong.

Untuk perlindungan diri, pastikan kamu selalu mengoleskan anti-nyamuk Soffel dari Enesis Group yang dapat memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk selama lebih dari 8 jam. Produk ini tersedia dalam bentuk lotion dan spray, dikemas dalam kemasan botol plastik dan sachet.

Produk ini memberi perlindungan dengan cara menjauhkan nyamuk menggunakan aromanya yang disukai nyamuk, dan mencegah gigitan nyamuk karena rasanya tidak disukai oleh nyamuk.

Soffel punya beberapa pilihan aroma yang menenangkan, tapi sangat dibenci nyamuk, diantaranya lotion floral, lotion orange peel, lotion white potato atau bengkoang, lotion apple, alamia mint geranium, dan alamia yuzu tea tree fresh.

Jangan takut, Soffel aman digunakan oleh semua orang, tidak lengket di kulit, tidak menyebabkan gatal dan tidak panas di kulit.

Kamu bisa mendapatkan produk terbaik ini di warung terdekat, minimarket hingga supermarket. Buat kamu yang lebih nyaman berbelanja secara online, Soffel bisa juga kamu dapatkan di situs e-commerce, seperti Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, dan JD.ID.