AC merupakan salah satu peralatan elektronik yang sangat penting untuk menjaga kenyamanan Anda selama berada di dalam ruangan. Terlebih bagi kita tinggal di Indonesia yang merupakan daerah tropis dengan suhu udara yang sangat panas.

Namun karena usia pemakaian yang sudah terlalu lama, atau produk AC yang Anda gunakan kualitasnya kurang baik, terkadang AC 2 PK akan terasa ½ PK. Dengan kata lain, AC yang digunakan tidak mempan untuk melawan udara panas yang datang dari luar.

Dalam kondisi ini, service AC mungkin bisa dijadikan sebagai solusi mudah. Tapi dalam beberapa kondisi, terkadang membeli AC baru jauh lebih direkomendasikan. Berikut beberapa tanda Anda harus segera mengganti AC 2 PK lama dengan produk yang baru.

  • Sedikit Menghembuskan Udara

Coba dekatkan tangan Anda ke lubang AC. Jika hanya sedikit hembusan udara yang keluar dari bagian tersebut, ini merupakan pertanda jika kompresor AC mengalami masalah. Untuk memastikan masalah tersebut, sebaiknya segera hubungi teknisi AC di wilayah Anda.

Jika hasil pemeriksaan membuktikan ada masalah di komponen tersebut, mau tidak mau Anda harus mempertimbangkan untuk memasukkan AC 2 PK lama Anda ke dalam gudang. Pasalnya, kerusakan kompresor pada AC tergolong sulit untuk diatasi, dan umumnya bersifat kambuhan.

  • Suhu Tidak Sesuai Keinginan

Jika ada pembanding, coba bandingkan AC Anda dengan yang lainnya. Jika suhu yang keluar dari AC tersebut tidak sesuai dengan indikator suhu yang ditunjukkan pada AC tersebut, ini merupakan pertanda ada masalah serius pada AC Anda.

Biasanya masalah ini disebabkan oleh komponen pendeteksi suhu yang sudah tidak bekerja optimal. Pada dasarnya masalah ini masih bisa diatasi dengan penggantian komponen baru, namun biasanya membutuhkan biaya yang cukup tinggi.

  • Biaya Listrik Naik

Jika tagihan listrik Anda terus mengalami kenaikan, sementara temperatur yang keluar dari AC Anda cenderung tidak stabil, Anda patut curiga masalah ini disebabkan oleh masalah pada AC, terlebih jika AC tersebut sudah tidak diganti dalam waktu yang lama.

Lonjakan tagihan listrik merupakan salah satu tanda ada beberapa komponen AC yang sudah mengalami penurunan kinerja akibat faktor usia. Kecurigaan harus ditingkatkan jika AC tersebut sudah bolak-balik masuk tempat service.

  • Suara Aneh Dari AC

Pernah mengalami situasi ketika sedang bersantai, tiba-tiba terdengar suara aneh dari arah AC, seperti suara berisik berupa getaran hebat, atau suara aneh lainnya. Jangan pernah diabaikan, mungkin saja ini merupakan tanda adanya kerusakan komponen pada AC Anda.

Masalah ini bisa ditimbulkan oleh banyak faktor, mulai dari sumbatan kotoran di bagian filter, body AC yang longgar, atau masalah lainnya. Jika masalah ini terjadi berulang, sebaiknya segera hubungi teknisi untuk memastikan penyebabnya.

  • Udara dari AC berbau

Terkadang AC mengeluarkan aroma tidak sedap. Kondisi ini disebabkan karena tumpukan jamur dan kotoran yang berada di saluran pembuangan air. Jika terus dibiarkan, masalah ini bisa berdampak serius, bahkan bisa mengancam kesehatan Anda.

Untuk Anda yang ingin segera mengganti AC, sebaiknya pilih produk AC SPLIT 2PK – AN18CDG dari HISENSE. Produk ini dilengkapi dengan banyak fitur unggulan, termasuk R32 Refrigerant yang lebih ramah lingkungan dan lebih cepat dalam mendinginkan ruangan.

Selain itu, produk ini dilengkapi juga dengan fitur Evaporator Self-clean yang berfungsi membersihkan AC secara otomatis, tanpa harus dibersihkan secara manual.

Bagian kondensor outdoor dan evaporator indoor produk ini dilapisi dengan Golden Fin yang membuatnya lebih tahan korosi, menggunakan 100% Copper pipe, dengan tingkat kebisingan yang sangat rendah, hanya 22 dB (Super Quite).

Produk istimewa ini bisa Anda dapatkan di toko elektronik terdekat dan di Electronic City. Untuk Anda yang kesulitan mengakses produk ini di toko elektronik terdekat, AC SPLIT 2PK – AN18CDG dari HISENSE bisa Anda dapatkan di Shopee, JD.ID, akulaku dan situs e-commerce lainnya.