Apa kabar semuanya semoga kalian selalu sehat dan bahagia, pada artikel yang akan aku buat kali ini aku ingin membahas mengenai penyakit yang sudah dikenal lama yaitu diare yang aku dapat dari situs Diarepedia. dan lebih tepatnya aku ingin membahas mengenai penyebab diare, jika kamu penasaran mengenai hal tersebut yuk lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai.

Sebelum membahas mengenai penyebabnya apakah kamu tahu apa itu diare ? Jika belum aku akan jelaskan sedikit, diare adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan pada manusia dan biasanya seseorang yang sedang mengalami diare memiliki tanda atau gejala seperti sering mulas dan buang air besar dengan bentuk atau tekstur yang lembek.

Walaupun diare ini tergolong bukan penyakit yang terlalu serius namun jika sudah mengalaminya ya pastinya akan sangat mengganggu karena harus bolak – balik ke kamar mandi, dan pastinya aktivitas sehari – hari yang akan dilakukan menjadi terganggu. oleh karena itulah ada baiknya kamu jangan sampai mudah terkena penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini.

Oleh karena itulah ada baiknya jika kamu tidak ingin mudah terkena penyakit diare ini kamu harus tahu penyebabnya terlebih dahulu, dan jika kamu ingin mengetahuinya berikut ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab diare ini mudah terjadi.

  • Sering mengkonsumsi makanan yang tidak higienis

Penyebab pertama dari penyakit diare adalah dari makanan yang tidak higienis atau bersih, dan dimana bahwa banyak kasus diare yang terjadi disebabkan oleh bakteri yang ada pada makanan yang tidak higienis tersebut jadi ada baiknya kamu harus memperhatikan kebersihan dari makanan yang akan kamu makan.

  • Mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan

Penyebab diare yang kedua adalah dari kebiasaan seseorang yang suka makan makanan pedas yang terlalu berlebihan, dan kenapa diare bisa terjadi jika sering mengkonsumsi makanan pedas tersebut karena dalam makanan yang pedas itu bisa membuat usus menjadi iritasi yang bisa menyebabkan kerja pada usus menjadi lebih cepat.

Dan biasanya jika mengkonsumsi makanan pedas tersebut perut juga akan terasa panas dan membuat tubuh mengirimkan lebih banyak air ke bagian yang panas tersebut dan itulah kenapa makanan pedas bisa membuat orang terkena penyakit diare ini.

  • Suka makan makanan berlemak

Nah siapa nih di antara kamu yang sangat suka makan makanan yang memiliki banyak lemak seperti gorengan, makanan bersantan dan fast food, tahukah kamu makanan yang memiliki kadar lemak yang banyak ini bisa menyebabkan diare karena makanan yang terlalu berlemak ini susah untuk dicerna dan kandungan nutrisi dari makanan ini juga sangat sedikit jadi tidak banyak yang bisa diambil dari makanan berlemak tersebut.

  • Jarang mencuci tangan saat ingin makan

Dan penyebab diare yang terakhir adalah dari kebiasaan buruk yang sering dilakukan seperti jarang mencuci tangan di saat ingin memakan sesuatu, di mana kita tahu bahwa diare ini bisa terjadi karena bakteri atau virus jahat yang tinggal di tempat yang kotor.

Dan kebiasaan buruk tidak mencuci tangan ini bisa jadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan seseorang mudah untuk terkena diare, untuk itu ada baiknya jika kamu tidak ingin mudah terkena diare sebelum makan ada baiknya cuci tangan terlebih dahulu ya.

Dan di atas merupakan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan seseorang mudah terkena diare yang ada pada Diarepedia, Jika kamu tidak ingin mudah terkena diare ada baiknya kamu harus menghindari dan melakukan hal yang tertulis di atas, dan sampai di sini saja artikel ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi pada artikel berikutnya.