Di wilayah tropis dengan suhu udara yang cenderung panas, seperti Indonesia, Anda membutuhkan AC atau Air Conditioner yang berfungsi menyejukkan ruangan. Selain itu, AC bisa digunakan untuk mencegah gangguan pernapasan, mengatasi gangguan tidur dan mencegah mengatasi heatstroke.

Jenis AC Split merupakan jenis AC yang sangat digemari di Indonesia. Selain harganya murah, jenis AC ini punya banyak keunggulan, diantaranya:

  • Bentuknya lebih simpel dan tidak memakan banyak tempat.
  • Bisa menggunakan remote untuk kendali jarak jauh
  • Lebih hemat listrik ketimbang jenis AC lainnya
  • Lebih cepat dalam mendinginkan ruangan

Selain itu, AC Split bisa digunakan sebagai pemanis ruangan. bentuknya yang elegan bisa menghiasi dinding Anda dan mewarnainya agar tidak terlihat kaku.

Ruangan Yang Bisa Didinginkan AC 2 PK

Untuk bisa mendinginkan ruangan dengan lebih efektif, Anda wajib menghitung luas ruangan dengan kekuatan atau kapasitas dari produk AC yang Anda pilih. Kebutuhan dari luas ruangan tersebut menggunakan hitungan baku BTU atau British Thermal Unit.

Standar baku hitungan bisa menggunakan 500 BTU dikalikan luas ruangan. Misalnya untuk luas ruangan 3×3 meter, Anda bisa mendapat hitungan 9 meter persegi dikali 500 BTU. Hasilnya, 4500 BTU. Kebutuhan ini masih bisa dicover oleh jenis AC ½ PK.

Sementara untuk kebutuhan ruangan yang lebih besar, sebagai acuan awal Anda bisa menggunakan hasil perhitungan berikut ini.

  • AC ½ PK: 5000 BTU
  • AC ¾ PK: bisa menggunakan 5000-7000 BTU
  • AC 1 PK: 7000-10.000 BTU, dan kelipatannya.

Dengan kata lain, AC ½ PK lebih cocok digunakan untuk kamar atau ruangan yang tidak terlalu besar. Sedangkan untuk ruangan tamu atau ruang keluarga ukuran standar, Anda bisa memilih AC 1 PK.

Sementara untuk AC 2 PK, produk ini bisa diandalkan untuk mendinginkan suhu di ruangan yang cukup besar, misalnya ruang tamu, ruangan keluarga, ruang rapat atau ruangan lainnya yang memiliki ukuran lebih dari 6×6 meter atau semisalnya.

Selain luas ruangan, Anda wajib mempertimbangkan beberapa faktor lainnya yang berpengaruh kepada proses pendinginan ruangan, misalnya furniture dan perangkat yang digunakan di ruangan tersebut, tingkat aktivitas, dan faktor lainnya.

Pilih Produk AC 2PK dari HISENSE

Untuk mendinginkan ruangan yang cukup besar, Anda sangat disarankan untuk menggunakan produk AV dari HISENSE. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh produk AC HISENSE, diantaranya penggunaan refrigerant freon R32 yang lebih ramah lingkungan dan tidak merusak ozon.

Kelebihan lainnya, produk AC HISENSE dibekali dengan garansi hingga 2 tahun untuk semua komponen-komponen penting, dan garansi hingga 5 tahun untuk kompresor.

Selain itu, produk tersebut menawarkan berbagai fitur modern, seperti Smart Mode, LED Display dan Self Cleaning, Self-Diagnosis & Automatic Protection, Quiet Mode, Golden Fin (Indoor & Outdoor), Evaporator Self-clean, Gas Leakage Detection, dan 100% Copper Pipe.

Ada beberapa produk AC HISENSE yang bisa Anda pilih, diantaranya AC SPLIT 2PK – AN18CDG, AC SPLIT 1,5PK – AN12CDG, AC SPLIT 1PK – AN09CDG, AC SPLIT 0,5PK – AN05CDG, dan AC SPLIT 0,5PK – AN05CEG, dan lainnya.

Produk-produk tersebut bisa didapat di Electronic City dan toko elektronik terdekat Anda, atau membelinya di toko e-commerce seperti JD.ID, Akulaku, Shoppee, dan lainnya.