Headlamp merupakan aksesoris mobil yang memiliki peranan penting yang wajib dimiliki bagi sebuah kendaraan mobil untuk memberikan penerangan khususnya saat berkendara di malam hari. Pasalnya dengan memiliki penerangan yang baik maka akan memudahkan kita saat berkendara dan juga untuk pengendara lain di malam hari. Saat ini hampir setiap kendaraan mobil sudah dibekali lampu head lamp, mulai dari mobil bekas hingga mobil yang baru.

Terdapat beberapa jenis lampu yang bisa dijumpai di pasaran mulai dari jenis headlamp halogen, HID, dan juga jenis LED. Selain sebagai komponen penting, tidak sedikit para pemilik mobil yang memodifikasi kendaraan dengan mengganti lampu utamanya agar menjadikan mobilnya terlihat lebih keren secara estetika sehingga sebagai pemiliknya akan dibikin percaya diri untuk membawanya.

Nah, bagi para pecinta otomotif yang ingin mengganti headlamp untuk menyempurnakan kendaraan pribadinya, Anda bisa menggunakan jenis lampu yang memiliki kualitas penerangan yang bagus agar saat berkendara di malam hari bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah. Terdapat banyak pilihan yang bisa didapatkan dengan mencarinya di toko sparepart yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun sebelum membelinya, para penggemar otomotif perlu mengetahui jenis dari lampu yang akan digunakan. Perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari lampu yang akan digunakan. Nah berikut dibawah ini ada 3 jenis Headlamp di Rumah Modifikasi Yang bisa Anda pilih.

  1. Headlamp LED

Headlamp LED atau Light Emitting Diodes merupakan jenis lampu keluaran terbaru yang memiliki teknologi canggih karena memiliki pencahayaan yang lebih terang dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Selain hemat daya, jenis Headlamp ini juga mudah dalam segi perawatannya. Saat ini hampir semua mobil keluaran terbaru sudah terintegrasi menggunakan jenis Headlamp Led ini untuk dipasangkan dimobil tersebut.

  1. Headlamp HID

Jenis headlamp selanjutnya adalah HID atau  High Intensity Discharge  yang merupakan jenis lampu yang banyak digunakan oleh pemilik kendaraan. Jenis lampu memiliki tingkat pencahayaan yang fokus dan berwarna putih. Umumnya  jenis lampu ini banyak digunakan pemilik mobil karena masa pakai lampu Hid ini tergolong cukup panjang yaitu sekitar 10.000 jam dan memiliki daya rata-rata sekitar 34 watt. Oleh karenanya tidak heran bila jenis lampu ini banyak digunakan oleh pemilik mobil.

  1. Headlamp Halogen

Jenis lampu Halogen ini merupakan jenis lampu pijar yang memiliki desain pencahayaan yang cukup baik dan memiliki tingkat fokus yang tinggi. Selain itu jenis lampu Halogen ini mudah dalam perawatan dan juga mudah dalam pemasangannya. Saat Berkendara di waktu malam hari ini akan memudahkan pengendaranya karena jenis lampu ini mampu menembus kabut walau medan dalam keadaan berkabut, dengan begitu saat berkendara di malam hari akan berjalan lancar tanpa adanya kendala. Walaupun harga yang cukup terjangkau, jenis lampu Halogen ini memiliki masa pakai yang tidak terlalu panjang dibandingkan dengan jenis headlamp LED.

Jadi itulah 3 jenis lampu yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. Dari ketiga jenis lampu diatas tentu memiliki kekurangan dan kelebihan tinggal disesuaikan dengan kebutuhan para pemilik mobil. Namun yang memiliki keunggulan lebih yakni terdapat pada jenis Headlamp LED yang bisa dijadikan pilihan. Selain masa pakai yang cukup panjang di antara lampu jenis yang lain,Headlamp LED juga hemat daya dan juga mudah dalam pemasangannya.

Terimakasih sudah membaca sampai selesai, dan semoga ulasan diatas bisa bermanfaat serta memberikan solusi bagi para penggemar modifikasi yang sedang ingin mencari headlamp mobil.