Bagaimana kabarnya hari ini? semoga kamu dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan ya pada kesempatan yang ada sekarang ini saya ingin sedikit memberikan tips mengenai bagaimana cara untuk membuat oralit jika kamu tertarik ingin mengetahuinya lebih banyak teruskan membaca sampai dengan selesai.

Tapi sebelum mengetahui cara membuat oralit ini sebaiknya kamu harus tahu dulu oralit itu apa dan kegunaan dari oralit ini juga untuk apa, dan untuk itu akan saya jelaskan disini mengenai kegunaan dan juga apa itu oralit.

Oralit adalah sebuah larutan yang terbuat dari berbagai campuran seperti Natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat dan juga natrium bikarbonat. dan khasiat dari campuran tersebut biasanya untuk mencegah dehidrasi.

Dan oralit ini sangat tepat digunakan di saat sedang mengalami diare, dimana kita tahu bersama bahwa di saat sedang mengalami diare intensitas buang air besar sering terjadi dan juga encer.

Itulah yang membuat penderita yang sedang mengalami diare menjadi dehidrasi atau kekurangan cairan oleh karena itulah oralit sangat bagus untuk digunakan jika sedang mengalami diare, dan bisa kita simpulkan bersama bahwa oralit ini adalah salah satu obat yang bisa membantu untuk menyembuhkan penyakit diare.

Dan bagaimana apakah penjelasan mengenai apa itu oralit dan juga kegunaanya sudah cukup jelas, jika sudah mari kita ke pembahasan selanjutnya tentang bagaimana cara untuk membuat oralit. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat oralit sendiri.

  • Bahan dan peralatan membuat oralit

Yang pertama – tama harus dilakukan jika ingin membuat oralit adalah menyiapkan bahan dan juga peralatan yang dibutuhkan untuk bahan yang dibutuhkan membuat oralit antara lain garam dapur, gula, air putih matang. Dan untuk peralatannya sendiri tidaklah rumit antara lain wadah bersih misalnya teko dan juga sendok teh.

  • Cara membuat oralit

Dan jika peralatan dan bahan yang ada di atas sudah kamu siapkan cara yang bisa dilakukan selanjutnya adalah seperti berikut :

  1. masukan ½ sendok teh garam dan 8 sendok teh gula kedalam wadah bersih yang sudah disiapkan tadi dan jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu memasukan bahan-bahan tersebut.
  2. tambahkan kurang lebih 1 liter air putih matang ke dalam wadah tersebut.
  3. aduk bahan-bahan tersebut sampai rata kurang lebihnya sekitar 1 menit.
  4. dan oralit buatan sendiri untuk mengobati diare selesai dibuat.

Itulah tips atau cara yang bisa saya berikan untuk membuat oralit sendiri untuk membantu menyembuhkan penyakit diare. Dan kalau untuk saya pribadi di saat sedang mengalami diare dengan membuat oralit yang sudah saya tulis di atas sangat membantu untuk mengatasi masalah diare yang saya derita.

Tapi jika kamu sudah membuat oralit sendiri di rumah dan diare yang kamu derita tidak kunjung sembuh ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih intensif lagi.

Dan terima kasih sudah membaca artikel yang saya buat ini sampai selesai semoga informasi yang saya tulis diatas bermanfaat, dan jika kamu merasa informasi mengenai cara membuat oralit yang ada pada artikel ini masih kurang lengkap saya sarankan kamu untuk berkunjung ke website diarepedia yang mengengulas lebih banyak mengenai cara membuat oralit atau tips lain terkait dengan penyakit diare, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.