Ayam telah dijinakkan untuk sebagian besar sejarah manusia, dan tetap menjadi andalan banyak wisma, peternakan, dan bahkan rumah keluarga perkotaan di seluruh dunia. Mereka secara alami cocok dengan orang lain. Anda dapat memelihara ayam untuk telurnya (dan terkadang untuk daging), tetapi mereka juga merupakan hewan peliharaan dan sahabat yang luar biasa.

Ayam adalah hewan peliharaan praktis yang sangat masuk akal untuk dimiliki. Terlepas dari semua hal baik dan sejarah yang dimiliki ayam dengan manusia, mereka membutuhkan perawatan yang ekstensif.

Meskipun hal ini seharusnya tidak membuat orang baru merasa kewalahan, Anda harus memahami bahwa ayam itu membutuhkan. Jika kebutuhan mereka tidak terpenuhi, kesehatan dan kesejahteraan ayam gagal secara drastis dan mereka tidak lagi menjadi tambahan yang luar biasa bagi sebuah keluarga … dan bukan karena kesalahan mereka sendiri.

Inilah dasar-dasar perawatan ayam yang perlu diketahui dan dipahami oleh setiap memelihara ayam baru sebelum mereka terjun ke pemeliharaan ayam.

Kandang

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah bagaimana Anda akan melindungi ayam Anda. Ayam harus hidup di lingkungan aman yang dirancang dan dibangun khusus untuk mereka. Kandang ayam perlu memiliki beberapa fungsi.

Mereka harus bisa menjaga ayam terlindung dari cuaca buruk karena hujan dan dingin adalah dua musuh besar ayam, serta panas di beberapa daerah. Kandang ayam harus mampu menampung ayam dengan cara yang sehat dan bersih, dengan ventilasi yang baik. Ditambah lagi, kandang ayam juga perlu menjaga agar ayam aman dari predator.

Kandang ayam perlu menjaga ayam tetap kering dan tidak terkena angin. Ini berarti mereka harus dibangun dengan kokoh. Perlu atap yang tidak bocor dan dinding yang tidak membiarkan angin bertiup masuk. Penerangan di dalam kandang terkadang bisa memberikan kenyamanan bagi ayam, terutama bagi anak ayam.

Memanaskan kandang ayam umumnya tidak perlu dan justru dapat merusak kesehatan ayam serta menimbulkan bahaya kebakaran yang besar. Kandang ayam perlu memiliki dasar-dasar di dalamnya untuk kehidupan ayam yang nyaman, seperti tempat bertengger, kotak sarang, dan tempat akses makanan dan air.

Lantai kandang dapat dibuat dari berbagai bahan dan dapat dibuat menggunakan banyak jenis litter (banyak jenis litter yang digunakan oleh pemelihara ayam, seperti serutan kayu, pasir, jerami atau jerami dll), tetapi lantai harus selalu segar dan kering setiap saat tidak peduli sampah apa yang digunakan. Permukaan dalam kandang dapat mengumpulkan banyak kotoran, jadi konstruksi kandang yang mencegah area “kotoran” selain lantai sangat ideal.

Sebagai contoh, kotak sarang harus dibuat lebih rendah dari palang atau tempat bertengger (ayam suka bertengger di tempat setinggi mungkin) dan mereka harus memiliki atap miring yang licin untuk mencegah ayam tidak hanya buang air besar di sarang tetapi juga juga dari kotoran di seluruh bagian atas kotak.

Ventilasi adalah salah satu masalah yang sulit dipecahkan – dan banyak orang bingung keluar dari angin untuk mendapatkan ventilasi yang baik. Ventilasi yang baik berarti bahwa udara panas basah yang dihasilkan secara alami di dalam kandang oleh burung dan kotorannya dapat dengan mudah keluar dari kandang.

Hal ini biasanya dilakukan dengan semacam pipa atau ventilasi di sepanjang bagian atas kandang sehingga udara hangat secara alami keluar masuk pipa, dan udara segar dapat bersirkulasi dari pintu atau jendela kandang secara alami dan pasif tanpa menimbulkan angin di kandang. Ini dapat membantu ayam Anda terhindar dari masalah kualitas udara yang dapat membuatnya sakit, dan masalah radang dingin pada suhu dingin di musim dingin.

Dan akhirnya kandang perlu bukti predator. Ada berbagai jenis predator yang ingin memakan ayam – dari rakun hingga elang. Ular suka makan telur dan anak ayam. Bahkan anjing tetangga bisa menjadi ancaman yang serius. Kandang harus dibangun dengan baik dengan kunci dan pagar yang bagus yang tidak dapat dirobek atau dimanipulasi / dianiaya oleh predator.

Retakan dan lubang harus ditutup jika memungkinkan. Petarangan ayam yang dipagari dengan baik adalah awal yang baik untuk mencegah sebagian besar pemangsa dan lari tertutup serta terlindungi membuat ayam aman dari burung pemangsa udara.

Aturan umum tentang ruang per ayam adalah sebagai berikut: Untuk kandang Anda membutuhkan 4 kaki persegi untuk setiap burung ukuran standar dan 2 kaki persegi untuk setiap bantam. Dalam pelarian Anda membutuhkan 8 kaki persegi per ayam berukuran standar dan 6 per bantam. Dan tentu saja, semakin banyak ruang yang bisa Anda sediakan di tempat tinggal mereka, semakin baik.

Makanan

Untungnya, memberi makan ayam dan memenuhi kebutuhan nutrisinya lebih sederhana daripada membuat kandang. Tersedia banyak sekali pakan ayam formulasi yang terbukti secara ilmiah dapat memenuhi segala kebutuhan pokok kebutuhan gizi ayam.

Anda dapat menemukan feed ini di toko feed mana pun. Melengkapi diet ini tidak perlu tetapi ayam menyukainya. Anda dapat memberi makan ayam Anda apa saja yang Anda makan sendiri – pada kenyataannya banyak memelihara ayam menggunakan ayamnya untuk mendaur ulang dan menggunakan sisa-sisa dapur yang tidak mereka inginkan agar makanan tidak terbuang percuma.

Sisa-sisa dapur sampah berubah menjadi telur yang enak? Ya silahkan! Suplemen lain seperti biji-bijian atau jagung pecah-pecah juga merupakan tambahan lain untuk pelet atau adonan tumbuk biasa yang bisa Anda beli. Beberapa bahkan menanam sebagian dari kebun mereka hanya untuk ayam mereka!

Anda mungkin mendapati diri Anda mencicipi berbagai pakan ayam untuk menemukan yang paling disukai kawanan Anda. Anak ayam membutuhkan makanan khusus, dan ayam petelur membutuhkan jenis lain. Syukurlah info tentang apa yang harus diberi makan dan kapan selalu tercetak tepat di tas sehingga Anda tahu apa yang Anda makan.

Pengumpan yang dirancang untuk ayam sudah tersedia. Apa pun cara untuk menawarkan pakan kepada kawanan Anda terserah Anda, tetapi aturan yang sama berlaku untuk makanan – makanan harus dijaga agar tidak ada kotoran di dalamnya, dan harus tetap kering dan segar. Dan, itu harus tersedia untuk kawanan petelur setiap saat.

Air juga merupakan sesuatu yang ayam perlu akses terus-menerus dan harus bersih dan segar serta selalu tersedia. Air ayam mudah ditemukan. Beberapa harus dipanaskan agar air tidak membeku di musim dingin. Ada banyak sistem penyiraman DIY yang tersedia untuk dilihat di internet, karena memelihara ayam tidak pernah puas dengan sistem penyiraman. Tapi, ember dasar dibersihkan dan diisi pekerjaan sehari-hari untuk sebagian besar orang.

Penyakit dan Kesehatan Keseluruhan

Sayangnya, ayam rentan terhadap banyak parasit dan penyakit, seperti halnya manusia dan hewan peliharaan lainnya. Ayam juga melakukan hal-hal seperti memakan telurnya sendiri, atau bahkan mengkanibal. Ayam harus tetap bertunangan dan sehat secara mental juga.

Lingkungan hidup yang bersih dengan ventilasi yang baik dan banyak air bersih serta makanan yang baik adalah awal yang baik untuk membantu menjauhkan penyakit. Memiliki ruang yang besar untuk merumput dan mematuk diperlukan – mengingat persyaratan umum untuk kebutuhan ruang minimum juga akan membantu burung tetap bahagia dan sehat.

Dan, sementara ayam membutuhkan, seperti hewan peliharaan lainnya, begitu kebutuhan mereka terpenuhi, mereka membuat tambahan yang bagus untuk keluarga. Mereka secara alami cocok dengan hampir semua kehidupan manusia. Ayam adalah hewan halaman belakang yang indah!