Membeli tanah dapat dilihat sebagai sarana investasi yang dapat memberikan keuntungan yang layak dalam jangka panjang. Tetapi seseorang harus ekstra hati-hati sebelum menghabiskan banyak uang di tanah menguntungkan yang menarik perhatian.

Sudah banyak kasus penipuan terkait pembelian tanah dan pembeli harus menghadapi banyak kerugian. Namun, sebuah tanah, jika dibeli dengan cara yang benar bisa bermanfaat dalam banyak hal. Semua hal yang harus Anda ingat sebelum membeli tanah diberikan di bawah ini.

  • Persyaratan- Sebelum membeli tanah apa pun, kenali apa saja kebutuhan Anda dan apa yang Anda cari. Anda dapat memulai dengan beberapa pertanyaan penting seperti tujuan Anda membeli tanah, bagaimana Anda akan menggunakannya dan apa rencana Anda, berapa anggaran Anda dan melakukan semua biaya Anda termasuk biaya tanah, seluruh prosedur pembangunan, legal proses dll berada di bawah anggaran Anda, dan apakah Anda berencana untuk menjual kembali proyek tersebut.
  • Petak Kanan- Biasanya ada dua jenis tanah, satu di mana setiap bangunan permanen pernah dibangun atau masih ada yang menjadi berbahaya dan yang dapat dibangun kembali. Dan jenis tanah lain yang sama sekali tidak tersentuh dan belum dikembangkan seperti hutan, tanah di pedesaan dll. Anda harus memilih jenis yang akan Anda pilih berdasarkan rencana dan kebutuhan Anda.
  • Cara Membeli- Pilihan pertama adalah mencari agen perumahan tetapi Anda juga dapat melakukan penelitian sendiri tentang apakah ada tanah yang terbuka untuk dijual. Selain agen, Anda juga bisa mengetahui lahan yang cocok untuk lelang. Namun, lelang dilakukan dengan sangat cepat sehingga tidak ada waktu tersisa untuk melakukan penelitian di lahan tersebut. Seringkali perusahaan yang menyediakan utilitas seperti listrik, air, gas memberikan lahan ekstra untuk dijual. Anda juga dapat mencari tanah di otoritas lokal karena terkadang mereka memiliki tanah yang ingin mereka jual.
  • Hal-hal yang perlu diketahui sebelum melakukan pembelian- Agar lebih aman, kumpulkan informasi yang benar mengenai hal-hal berikut: Apakah semua hak milik resmi telah dibersihkan dari properti; jika tanah cadangan dijual atas nama tanah ‘dijual’; sejarah agen; dokumen yang Anda perlukan untuk melanjutkan pembelian.

Dengan mengingat informasi di atas, Anda dapat mengambil langkah untuk membeli tanah impian Anda. Namun, kuncinya adalah melakukan banyak penelitian sebelum melakukan investasi besar apa pun.