Begitu banyak yang terjadi pada mobil dalam masa hidupnya. Akan ada kejadian di mana komponen terbaik menjadi aus atau kotor karena bertahun-tahun mengemudi. Mungkin ada kasus di mana oli menjadi kotor dan baru dibersihkan atau dibersihkan beberapa minggu kemudian. Aki mobil Anda dapat dibersihkan di bengkel atau di rumah Anda sendiri.

Sebelum memulai pekerjaan, hal yang jelas perlu dinyatakan – pastikan bahwa mobil dimatikan kecuali Anda adalah penggemar terbakar dengan listrik yang sangat panas. Anda juga dapat menyebabkan korsleting yang dapat merusak elektronik mobil Anda.

Anda perlu menentukan konfigurasi terminal karena ada tipe yang berbeda. Menentukan konfigurasi akan membantu Anda memilih kunci pas yang tepat untuk melonggarkan mur yang menahan kabel di tempatnya.

Sekarang, Anda perlu melepaskan kabel (negatif dan positif masing-masing) dari tiangnya. Memutar mungkin diperlukan untuk melepaskan kabel karena mungkin telah dipasang dengan cukup erat.

Sebelum melanjutkan proses, pemeriksaan kebocoran dan keretakan adalah suatu keharusan. Aki mobil kehilangan asam dan dapat menimbulkan korosi pada komponen mesin lainnya. Jika Anda melihat ada keretakan atau kebocoran, baterai harus diganti.

Kabel dan klem juga bisa retak di sepanjang kabel. Mereka dapat dengan mudah diganti dengan suku cadang baru.

Ini adalah bagian di mana kebutuhan dasar rumah tangga untuk membersihkan baterai: soda kue. Perbandingan campuran soda kue dan air panas dalam wadah kecil adalah 1:17. Ini biasanya satu sendok makan soda kue dan secangkir air panas.

Kemudian saatnya menggosok dan membersihkan. Sikat gigi akan ideal untuk proses ini sehingga tangan Anda tidak bersentuhan dengan baterai.

Celupkan sikat gigi ke dalam campuran soda kue dan air panas, dan gosok sisa korosinya. Biasanya klem dan tiang kabel paling banyak menumpuk dan perlu dibersihkan secara maksimal.

Setelah semua korosi hilang, sangat penting untuk membilas soda kue dan menghilangkan korosi dengan air dingin.

Baterai harus benar-benar kering sebelum mengganti kabel dan klem untuk menghindari korsleting pada sistem.

Pastikan seluruh mobil bekerja dengan sempurna sebelum melakukan perjalanan jauh. Ini termasuk komponen kelistrikan seperti baterai dan komponen mekanis seperti roda, ban , dan suku cadang mesin.