Lebah tinggal di sarang lebah. Anda dapat menemukan sekitar 20.000 spesies lebah berbeda di dunia. Mereka tinggal dalam koloni dan ada tiga jenis lebah di setiap koloni. Ada ratu lebah, lebah pekerja, dan drone. Hanya ratu lebah yang dapat bereproduksi dan baik ratu maupun lebah pekerja adalah betina sedangkan semua drone adalah jantan.

Satu-satunya tugas ratu adalah bertelur dan tugas drone adalah kawin dengan ratu. Lebah pekerja membersihkan sarang, mengumpulkan serbuk sari dan nektar untuk memberi makan koloni dan mereka juga merawat keturunannya.

Lebah menyimpan racun dalam kantong yang menempel pada sengatnya dan hanya betina yang bisa menyengat. Itu karena alat penyengat merupakan bagian dari sistem reproduksi lebah betina. Seekor ratu lebah menggunakan sengatnya untuk bertelur dan juga menyengat.

Sarang lebah terdiri dari ruang bola dengan hanya satu pintu keluar. Sang ratu membentuk gundukan kecil pasta serbuk sari di tengah sarang. Setelah membuat gundukan, dia meletakkan beberapa telur di dalamnya dan menyetelnya dengan kubah kecil dari lilin.

Dia kemudian membangun cangkir lilin setengah bola, yang disebut pot madu di lantai jalan masuk dan mengisinya dengan nektar. Sang ratu mengisinya dengan nektar sehingga dia bisa memakan nektar ini sambil mengerami telurnya. Kemudian larva yang baru menetas memakan sebagian pasta di dalam selnya. Selama periode waktu, ratu memberi makan larva melalui lubang kecil di dinding sel.

Setelah larva tumbuh sepenuhnya, mereka memutar kepompong tempat mereka bermetamorfosis. Akhirnya mereka muncul sebagai pekerja pertama di koloni baru. Selanjutnya, larva dipelihara oleh para pekerja baru ini dalam sel individu.

Sarang lebah tidak diatur menjadi sisir vertikal datar seperti yang dimiliki lebah madu. Sarangnya tumbuh menjadi gundukan kapsul seperti sel. Pada akhir musim panas, lebah ratu mulai bertelur yang tidak dibuahi dan berkembang menjadi drone.

Sedangkan keturunan betina yang dihasilkan saat ini menjadi ratu baru dan perkawinan terjadi segera setelahnya. Setelah beberapa waktu, drone dan pekerja mati dan ratu kawin baru terbang mencari tempat yang aman untuk membangun sarang lebah baru dan hibernasi.