Pemutihan gigi adalah praktik umum yang dilakukan banyak orang untuk mendapatkan senyum yang lebih cerah dan lebih putih. Ada beberapa metode untuk mendapatkan gigi yang lebih putih, beberapa di antaranya dapat dilakukan sendiri. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bahkan sebelum mempertimbangkan prosedur.

Pemutihan gigi Anda mungkin tidak berhasil untuk semua jenis email. Jika Anda memiliki veneer atau penutup atau peralatan gigi lainnya di mulut Anda, prosesnya juga tidak akan berhasil pada elemen tersebut. Pewarnaan dan perubahan warna akibat kebiasaan tertentu lebih sulit dibersihkan. Kebanyakan orang yang memutuskan untuk menjalani prosedur pemutihan gigi memiliki serangkaian pilihan untuk diperhatikan.

Pasta Gigi Pemutih

Beberapa produsen pasta gigi memiliki pasta gigi khusus yang diklaim dapat membuat gigi lebih putih dan bersinar lebih cerah. Mereka berkisar pada kedalaman yang dapat mempengaruhi gigi, dengan beberapa di antaranya berurusan dengan pemutihan permukaan dan yang lain menggali lebih dalam ke gigi saat membersihkan.

Anda harus berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum mulai menggunakan pasta gigi jenis ini karena mungkin mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi gigi Anda. Yang lain mengandalkan mikro-partikel abrasif, yang dapat mengikis enamel Anda dan membuatnya lebih rapuh dan lebih mudah pecah.

Kit Pemutih Gigi di Rumah Memutihkan

gigi tidak hanya terbatas pada pasta gigi saja. Banyak apotek menjual alat pemutih gigi rumahan yang mengandung bahan kimia yang dapat membantu menghilangkan noda dari email Anda. Aplikasinya juga berkisar dari strip hingga kuas hingga bilasan. Hampir semuanya mengandung peroksida dan membutuhkan waktu untuk bekerja pada gigi Anda. Dokter gigi dapat menyediakan baki yang dipasang khusus untuk membantu prosedur di rumah ini.

Pemutihan Gigi Profesional Dokter

gigi juga dapat memberikan layanan pemutihan gigi, tetapi bahan kimia yang digunakan jauh lebih kuat daripada pilihan di rumah. Bahan kimia ini juga mengandung sejumlah besar peroksida, tetapi pemberiannya dilakukan oleh seseorang yang terlatih untuk menggunakan bahan kimia ini. Kekuatan solusi ini biasanya dapat menawarkan pemutihan yang jauh lebih dalam dan signifikan daripada solusi non-profesional yang dijual bebas.

Versi di kantor membutuhkan waktu sekitar satu jam, hingga paling lama dua jam. Perlengkapan di rumah cenderung memerlukan aplikasi yang konsisten selama berminggu-minggu sebelum Anda melihat adanya perubahan pada putihnya gigi Anda. 

Prosedur ini, jika dilakukan oleh dokter gigi, juga membutuhkan waktu lebih lama untuk memudar dibandingkan larutan OTC atau pasta gigi. Biaya pemutih profesional jauh lebih mahal daripada peralatan rumahan atau produk kosmetik khusus, tetapi biasanya Anda mendapatkan apa yang Anda bayar.