Ada banyak karakteristik yang harus diperhatikan saat memilih gitar listrik. Pertimbangan pertama adalah jenis suara yang Anda cari dan jenis musik yang Anda sukai. Ada gitar yang dirancang khusus untuk sebagian besar jenis musik.

Hard rocker menginginkan suara tertentu dan jenis tindakan tertentu (bagaimana senar terasa dan beroperasi di papan fret). Seorang gitaris Jazz mungkin menginginkan aksi yang berbeda dan suara yang lebih natural atau jernih. Pemutar musik country mungkin ingin menggunakan instrumen yang memiliki lebih banyak dentingan. Seorang pemain country mungkin juga ingin mencoba gitar baja listrik.

Tersedia juga gitar akustik elektrik untuk menghasilkan volume yang lebih tinggi dan tetap mempertahankan suara gitar akustik. Gitar ini juga bisa dimainkan tanpa amplifikasi.

Berapa Banyak Yang Harus Dibelanjakan

Setelah Anda memutuskan apa yang Anda butuhkan untuk jenis musik yang ingin Anda mainkan, langkah selanjutnya adalah memutuskan seberapa banyak anggaran Anda akan memungkinkan. Semua jenis gitar termasuk model elektrik ditawarkan di pasar dengan berbagai kisaran harga.

Dimungkinkan untuk membeli gitar yang terdengar dan dimainkan dengan cukup bagus dengan harga di bawah seratus lima puluh dolar. Ibanez membuat banyak gitar listrik tingkat pemula berkualitas dengan harga yang sangat murah. Jika Anda membeli bekas harganya bisa di bawah seratus dolar.

Jika Anda baru mulai belajar bermain, mungkin masuk akal untuk memulai dengan model yang lebih murah dan meningkatkan kualitas dan harga saat permainan Anda meningkat.

Gitar untuk pemain berpengalaman atau profesional bisa berharga ribuan. Sekali lagi merek Ibanez menawarkan gitar yang dibangun berkualitas baik dalam gitar listrik akustik dan elektrik dengan kisaran harga dari di bawah dua ratus dolar hingga lebih dari dua ribu dolar.

Lihat Dulu Berapa Biaya Yang Diperlukan Untuk Sebuah Gitar Elektrik 

model utama dalam merek Gibson bisa jauh lebih mahal dan gitar elektrik individual yang langka dan khas bisa berharga ratusan ribu dolar dan lebih.

Misalnya Fender Broadcaster 1949, prototipe yang dibuat oleh Fender dihargai $ 375.000.

Gold Leaf Stratocaster milik Eric Clapton naik di kisaran $ 455.500.

Sebuah Beatles 1964 Gibson SG ditawarkan dilelang seharga $ 570.000.

Mungkin gitar listrik termahal yang pernah dijual adalah Fender Stratocaster yang ditandatangani oleh banyak bintang musik rock paling terkenal di dunia saat ini. Gitar ini dijual untuk membantu para korban tsunami Asia dengan harga $ 2,7 juta dolar.

Menguji dan Memainkan Banyak Gitar

Saat Anda siap membeli gitar elektrik dan tidak memiliki banyak pengalaman, ada baiknya untuk pergi ke toko gitar terdekat dan benar-benar menyelidiki kemungkinannya. Bicaralah dengan staf penjualan yang berpengetahuan luas. Uji beberapa gitar untuk merasakan apa yang Anda sukai. Pilih toko dengan stok besar merek gitar, sehingga Anda dapat menguji berbagai gaya dan jenis.

Jika Anda tahu jenis musik yang benar-benar ingin Anda mainkan, itu akan membantu mempersempit pencarian Anda untuk gitar yang tepat.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, lihat Ibanez untuk kualitasnya dengan harga terjangkau. Jika Anda memiliki jumlah uang yang lebih besar untuk dibelanjakan, Anda dapat mempertimbangkan gitar berkualitas lebih tinggi yang dapat Anda mainkan tanpa batas, tidak peduli seberapa bagus Anda menjadi pemain gitar.