Bermain dengan mainan adalah bagian penting dan terpenting dari masa kanak-kanak. Setiap orang tua memberi anak-anak mereka banyak mainan, baik yang murah maupun yang mahal.

Karena ada banyak penjual di pasar yang membuat dan memasarkan mainan, menjadi sangat sulit bagi konsumen untuk membedakan antara mainan yang aman dan tidak aman. Sangat penting untuk memeriksa kualitas mainan yang Anda beli untuk memastikan anak-anak Anda aman saat bermain dengannya.

Sejarah Singkat

Di masa lalu, anak-anak tampaknya bermain dengan apa pun yang dapat mereka temukan di luar ruangan seperti pohon cemara, tongkat, dan batu. Beberapa literatur kuno menunjukkan bahwa anak-anak memang bermain dengan mainan dan permainan dan buktinya terletak pada sisa-sisa yang ditemukan di berbagai situs.

Miniatur gerobak dan peluit yang berbentuk seperti burung dan binatang mainan digali dari Peradaban Lembah Indus. Selama abad ke-17, permainan seperti meniup gelembung, teka-teki jigsaw, dan kuda goyang ditemukan.

Ini adalah saat yang sama ketika mainan seperti simpai, roda pemintal, boneka, layang-layang, dan gerobak mainan menjadi sangat terkenal. Permainan papan yang dikembangkan kemudian menjadi sangat populer di kalangan anak-anak dan orang dewasa karena menawarkan waktu keluarga yang berkualitas. Saat ini, mainan yang dirancang untuk anak-anak menawarkan nilai pendidikan dan hiburan.

Tips Membeli

Mainan dikategorikan berdasarkan kelompok umur. Mainan warna-warni memiliki efek stimulasi dalam pikiran anak saat mereka tumbuh dewasa. Ada beberapa mainan di pasaran yang berpotensi berbahaya bagi anak-anak pada usia tertentu. Mainan dengan bagian yang dapat dilepas tidak boleh dibeli untuk balita karena ada kemungkinan besar mereka akan menelan bagian tersebut.

Cat timbal pada mainan juga bisa berbahaya bagi anak-anak karena mereka memiliki kebiasaan memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya. Cari produsen mainan terkenal yang telah memperhitungkan faktor-faktor ini dan telah berkecimpung dalam bisnis ini sejak lama.

Faktor Lain untuk Dipertimbangkan

Jika Anda harus membeli mainan dengan tali pengikat, pastikan panjang talinya tidak terlalu panjang karena berisiko membuat anak-anak terjerat di dalamnya. Mainan harus dibuat dengan baik dengan bahan tidak beracun.

Untuk memastikan bahwa Anda tidak membeli produk yang ditarik dari toko karena beberapa masalah, lebih baik Anda memeriksa daftar penarikan pemerintah. Saat Anda membeli mainan untuk anak-anak Anda, selalu pastikan untuk membeli mainan yang sesuai dengan usianya.