Budaya meme sangat populer. Semua orang mencoba membuat meme,  tetapi hanya sedikit yang menjadi viral . Anda mungkin tidak memikirkannya, tetapi menggunakan meme dalam strategi pemasaran Anda adalah ide yang bagus. Tidak hanya unik, tetapi Anda dapat membuat meme yang layak dibagikan berikutnya, dan meroketkan bisnis Anda ke bintang-bintang!

Kata “Meme” diciptakan pada tahun 1976 oleh penulis Richard Dawkins. Jauh lebih tua dari yang kita duga! “Meme” adalah singkatan dari “mimesis”, yang berarti “sesuatu yang ditiru” dalam bahasa Yunani.

Bagaimana Cara Bisa Menggunakan Meme?

Meme biasanya lucu, menarik, atau menghibur. Meme sangat mudah dibagikan sehingga masuk akal untuk dimasukkan ke dalam strategi pemasaran Anda.

Pelanggan menyukai konten yang lucu, menghibur, dan menarik. Ini sebenarnya adalah konten terbaik untuk membuat  Millenials dan Gen-Z terlibat dan membicarakan perusahaan Anda .

Jika Anda ingin meme Anda dibagikan dan melibatkan audiens Anda, pastikan untuk menambahkan humor dan sentuhan unik Anda sendiri pada tren terkini dalam budaya meme.

Meme juga membantu pelanggan mengingat lebih banyak informasi tentang iklan Anda. Pemasaran dan konten berbasis teks hanya menjamin retensi 10% informasi untuk pembaca. Teks dengan gambar visual yang mencolok memungkinkan pengunjung untuk menyimpan informasi kira-kira 6 kali lebih baik.

Hampir semua platform media sosial memiliki budaya meme. Bergantung pada platform pilihan audiens target Anda, Anda akan memposting kreasi lucu Anda di sana.

Pastikan meme Anda berukuran tepat untuk platform media sosial Anda. Anda dapat menggunakan situs web seperti Canva untuk membuat meme berukuran sempurna untuk media sosial Anda.

Cara Memasarkan Menggunakan Meme

Ada beberapa cara memanfaatkan meme untuk tujuan pemasaran.

Jika Anda mulai membuat meme untuk pertama kalinya, cobalah “pembajakan meme”. Kami yakin Anda telah melihat foto yang dibuat oleh pembuatnya sendiri tentang apa yang disampaikan gambar tersebut. Ambil meme Drake. Anda mungkin pernah melihat banyak versi foto ini dengan kata-kata yang berbeda. Lihat apakah Anda dapat mengambil meme yang sudah ada dan menuliskan kata-kata Anda sendiri agar sesuai dengan perusahaan Anda.

Setelah Anda terbiasa membuat meme, cobalah membuat meme Anda sendiri. Ambil foto lucu dan menarik Anda sendiri untuk konten meme Anda. Anda memiliki hewan peliharaan? Gunakan mereka! Lihat tanda lucu saat ngelaju? Ambil foto! Pastikan gambarnya jelas, terlihat profesional, dan menarik secara visual.

Seperti yang Anda lihat, membuat meme tidak hanya menjadi jalan memutar yang menyenangkan dalam rutinitas pembuatan konten Anda, tetapi juga dapat membuat bisnis Anda lebih mudah diperhatikan. Biarkan pelawak dan artis batin Anda bersinar dengan konten pemasaran luar biasa Anda berikutnya!