Memanah adalah kegiatan yang dilakukan dalam olahraga panahan yang merupakan cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade dan ajang olahraga lainnya. Sama seperti olahraga lainnya, panahan ini mempunyai beberapa peralatan yang harus digunakan oleh atletnya. 

Selain mengetahui dengan teknik yang akan digunakan untuk berlatih, hal pertama yang harus diketahui adalah mengenai apa saja peralatan yang digunakan dalam olahraga panahan. Dimana beberapa peralatan utama dalam olahraga panahan yang digunakan adalah sebagai berikut:

Busur atau bow

Jenis peralatan utama yang digunakan dalam panahan adalah busur atau bow. Jenis ini merupakan komponen wajib yang akan digunakan untuk melesatkan anak panah pada targetnya. Jenis bow sendiri mempunyai banyak pilihan yang ada dan bisa dipilih dari beberapa pertimbangan sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya saja beberapa jenis busur atau bow yang ada adalah sebagai berikut ini:

  • Recurve bow merupakan jenis busur pertama yang bisa dibongkar pasang dan merupakan jenis yang digunakan untuk pertandingan tingkat nasional hingga internasional.
  • Horse bow merupakan jenis yang digunakan dengan menunggang kuda sehingga mempunyai busur yang tidak bisa dibongkar pasang.

String atau tali busur

Peralatan penting lainnya yang digunakan adalah string atau tali yang dipasang pada busur. Tali busur ini merupakan paket busur yang akan sudah ada di dalamnya ketika membeli busur panah. Untuk memilih tali busur yang tepat biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kekuatan busur yang diinginkan. Karena ada banyak tali busur yang ada di pasaran seperti dari bahan nylon atau polyurethane. Ketika membeli tali busur tersebut juga bisa untuk memilihnya dari pertimbangan seperti panjang busur dan kekuatan draw weight.

Anak panah

Peralatan olahraga panahan ketiga yang penting adalah anak panahan yang mempunyai banyak bahan yang bisa dipilih. Seperti misalnya anak panah dari bahan kayu, bambu, alumunium, dan juga fiber. Ketika memilih anak panah yang akan digunakan biasanya juga ditentukan oleh kebutuhan olahraga panahan yang akan dilakukan. Misalnya ketika digunakan untuk latihan tradisional biasanya menggunakan anak panah kayu atau bambu. Rata-rata anak panah sendiri mempunyai ukuran 75 hingga 80 cm dan diameter 6, 7, dan 8 mm. Memilih anak panah juga bisa dari draw weight dan draw length sehingga bisa mempunyai hasil panahan yang maksimal.

Bantalan target

Dan peralatan penting terakhir yang digunakan dalam memanah adalah bantalan target. Jenis peralatan ini merupakan titik sasaran yang digunakan untuk lesatan anak panah yang dihempaskan menggunakan busur panah. Bantalan target tersebut mempunyai bahan dari spon eva atau hati dan mempunyai 10 lingkaran yang akan menentukan hasil yang didapatkan oleh pemanah. Dimana semakin keluar dari garis maka akan menghasilkan skor lebih kecil sedangkan skor terbesar apabila terkena bullseye.