Sebagai pengguna sepeda, salah satu komponen sepeda yang penting adalah ban. Ban perlu diperhatikan dari segi ukuran dan tekstur ban karena akan mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Jika salah dalam memilih ban dapat menyebabkan slip hingga membuat terjatuh dan sangat berbahaya.

Ban berfungsi sebagai pengendali arah kendaraan, penanggung berat beban kendaraan termasuk penumpangnya, penerus tenaga dari mesin dan sebagai sistem peredam atau suspensi dari sepeda motor. Sepeda juga membutuhkan ban untuk bergesekan dengan permukaan jalan. Salah satu ban yang digunakan adalah ban sepeda maxxis yang digunakan untuk ban sepeda gunung.

Berikut adalah tips memilih sepeda gunung diantaranya:

  • Sesuaikan dengan situasi, berdasarkan medan yang akan dilalui, jika bersantai di medan dengan permukaan tanah lembut dapat memilih ban dengan 2 inchi atau dibawahnya tetapi jika ingin di permukaan keras dan berbatu dapat memilih ban dengan lebar 2,2 inchi.
  • Perhatikan alur ban, semakin banyak alur akan semakin bagus dan untuk bersepeda ban semi basah cocok digunakan untuk bersepeda di perbukitan dekat kota karena mampu mendapatkan traksi yang lebih baik dan mengurangi backsliding ketika berbelok tajam.
  • Cek kondisi tonjolan ban, gunakan ban dengan banyak alur menonjol. Dengan pilihan tonjolan kecil jika bersepeda di trek dan tonjolan tinggi jika bersepeda di trek dengan rintangan alami. Ban lebar dengan tonjolan lebar berguna pada trek lembut dan tonjolan yang berjarak cukup lebar untuk permukaan keras.

Selain itu juga, sesuaikan dengan berat badan. Jika pengendara gemuk dapat menggunakan ban dalam dan jika tubuh pengendara ringan gunakan ban tubeless. Ban ini cocok untuk bersepeda santai karena dapat digunakan dengan baik meski tekanan udara sedikit. Ban tubeless akan menghasilkan traksi yang lebih baik pada permukaan yang tidak rata dan stabil saat berada diatas permukaan rata.

Berikut adalah rekomendasi ban maxxis diantaranya:

  • Maxxis Larsen TT, dibuat dengan karet pada bagian sisinya dari kawat baja dan kevlar. Ban ini nyaman digunakan di medan aspal karena cengkramannya kuat dan cukup ringan. Cock untuk perjalanan sudut kota dan tidak disarankan digunakan pada area berlumpur.
  • Maxxis Xenith, menggunakan bahan kevlar dan tebal serta foldable dilengkapi dengan kembang yang slick. Dapat digunakan pada cornering medan yang basah maupun cuaca yang halus.

Selain itu, ada juga ban sepeda maxxis Ardent didesain dengan knob yang kuat, memiliki ukuran high volume pada sisi samping. Hal ini membuat penampilannya bagus dan lengkap dengan fitur side waal untuk mengatasi ancaman dari robek bagian samping ban. 

Ban ini juga menyediakan berbagai varian ukuran dan digunakan untuk all around sehingga cocok untuk digunakan trek basah, kering hingga jalan berlumpur ringan.