Rambut merupakan mahkota wanita yang perlu dijaga. Dalam merawat rambut mulai dengan membiasakan diri untuk mencuci rambut 2 kali dalam seminggu dan juga menambahkan vitamin rambut untuk rambut yang berkilau dan bervolume. 

Perawatan rambut dapat dimulai dengan melakukan hair mask di rumah sendiri atau dapat menghindari beberapa hal yang dapat merusak rambut.

Berikut adalah tips merawat rambut diantaranya:

  • Perlu keramas 2 hingga 3 kali seminggu supaya tetap membuat rambut bagus dan jika tidak keramas dapat membuat rambut menjadi lepek, jika rambut sudah diwarnai maka cukup 2 kali seminggu supaya cat tidak luntur.
  • Hindari menggunakan air panas saat keramas, hal ini akan membuat rambut menjadi kering dan kusut, gunakan sampo bagian kulit kepala bukan pada bagian ujung rambut karena sampo akan turun dengan sendirinya ketika dibilas.
  • Keringkan rambut secara perlahan dan berikan kondisioner untuk memberikan kelembapan pada rambut, supaya kondisioner meresap dengan baik maka setelah keramas gunakan handuk supaya kondisioner menyerap hingga lapisan rambut terdalam dan jangan lupa menggunakan kondisioner pada bagian ujung rambut.
  • Sisir rambut dua kali sehari dari bawah ke atas, supaya tidak ada rambut yang kusut dan menyebabkan rambut menjadi lebih mudah rontok, dan dari atas ke bawah membuat rambut tidak mudah tertarik.

Selain itu, sisir rambut yang basah dengan sisir bergigi jarang, rambut yang basah biasanya sangat rapuh, jika menggunakan sisir biasa akan membuat rambut menjadi tersangkut dan patah. Kondisi ini akan membuat rambut menjadi tipis. 

Beberapa cara ini tentu akan membuat rambut menjadi lebih terawat dan bagus. Saat menggunakan hair dryer maupun catok rambut sebaiknya menggunakan vitamin spray rambut untuk membuat rambut tidak mudah rusak karena panas.

Berikut adalah beberapa masker rambut alami untuk rambut rontok diantaranya:

  • Susu dan madu, dengan mencampurkan 1 sendok madu dan 100 gram susu, oleskan pada bagian rambut mulai dari ujung rambut hingga ke bagian akar, pijat dan biarkan 15 menit lalu gunakan sampo rambut dan bilas.
  • Telur, mencampurkan 1 kuning telur dengan 1 gelas susu, 2 sendok minyak, aduk rata dan oleskan pada rambut, biarkan 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.
  • Yoghurt, siapkan 1 butir telur dan 6 sendok yoghurt, kocok putih telur hingga berbusa, campur bahan dan oleskan pada rambut, biarkan 15 menit dan bersihkan dengan sampo lalu bilas.

Selain itu, dapat menggunakan perawatan rambut dengan santan yang dioleskan pada kulit kepala dan bagian rambut, bungkus rambut dan diamkan 1 jam lalu bilas dengan air hangat. 

Alpukat dengan memblender alpukat dan dioleskan di kepala, biarkan 20 menit, bilas dengan air bersih dan bersihkan dengan sampo hingga bersih. Dapat juga menggunakan madu dan minyak zaitun, pisang dan minyak urang-aring.