Bijak dalam memilih komputer untuk design bisa membantu pekerjaan Anda dalam membuat desain memakai aplikasi berbasis digital. Dewasa ini kalangan desainer di berbagai lini memang cenderung memanfaatkan aplikasi digital untuk proses pembuatan desain awal sampai akhir. 

Pasalnya penggunaan aplikasi ini tentu semakin mempermudah proses realisasi ide desain di kepala untuk dikeluarkan menjadi hasil karya yang sesuai ekspektasi. Hanya saja untuk memakai aplikasi digital ini perlu didukung oleh perangkat dengan spesifikasi yang sesuai. 

Spesifikasi yang Dianjurkan untuk Komputer Desain 

Seringnya untuk keperluan desain nyaris semua orang menjadikan komputer khususnya jenis PC sebagai pilihan karena lebih bandel dan nyaman. Pemilihan komputer untuk keperluan ini pun musti teliti untuk mencegah error ketika mendesain, berikut adalah spesifikasi yang disarankan untuk pemilihan komputer desain: 

 

  • Setidaknya memakai CPU 4 core, 

 

Ketika mengoperasikan aplikasi desain maka sebenarnya CPU pada komputer dipaksa bekerja lebih keras, karena aplikasi ini punya ukuran yang tinggi. Maka tak jarang saat salah memilih komputer di tengah bekerja diserang crash, lag, ataupun delay. Mencegahnya dianjurkan memakai komputer yang memakai CPU minimal 4 core, semakin tinggi akan semakin baik. 

 

  • Ruang penyimpanan setidaknya 1TB, 

 

Mengingat aplikasi untuk kebutuhan desain grafis memang menyita banyak ruang penyimpanan maka serius memperhatikan sektor penyimpanan di komputer sangat penting. Setidaknya komputer tersebut menyediakan ruang penyimpanan internal sebesar 1TB, sehingga masuk spesifikasi kelas tinggi. Tak heran ketika terjun menjadi desainer modal yang digelontorkan lumayan karena butuh belasan juta sendiri untuk menyediakan komputer yang sesuai. Ketika ruang penyimpanan besar maka kinerja komputer pun akan meningkat, akhirnya stabil dipakai membuka aplikasi desain. 

 

  • Sistem operasi sudah 64 bit, 

 

Menjaga komputer tetap stabil ketika dipakai menjalankan aplikasi desain grafis tentu membutuhkan sistem operasi 64 bit, dan ini sudah paling minimal. Jadi setidaknya Anda sudah memakai komputer berbasis Windows yang berjalan di OS Windows 8 64 bit atau Windows 10 64 bit. Apabila pilihan ini dirasa terlalu mahal maka bisa diakali dengan beralih ke komputer yang memakai sistem operasi Linux namun pastikan hadir dengan OS versi 64 bit. 

 

  • RAM yang disediakan minimal 8GB, 

 

Aplikasi desain grafis memang memakan banyak memori di dalam komputer Anda maka selain memori internalnya harus besar juga wajib punya RAM lapang. RAM sendiri menjadi tempat berbagai aplikasi yang dijalankan di komputer untuk menaruh sampah atau cache. Ketika RAM komputer desain Anda sudah besar maka kinerjanya akan lebih cepat sehingga sangat mendukung pekerjaan desain grafis yang dilakoni. Supaya bisa menjadi desain grafis profesional siapkan modal lumayan dari sekarang karena spesifikasi dasar komputer untuk design saja sudah dipastikan mahal.