Anak-anak memang berbeda dari orang tua, apalagi masalah daya tahan tubuh, usia-usia dini memudahkan seorang bayi mudah sekali terserang berbagai penyakit, apalagi yang berhubungan dengan musim, perpindahan cuaca akan membuat mereka mengalami berbagai gangguan seperti misalnya demam, flu dan juga masalah pencernaan. 

Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan lingkungan tempatnya berada, tak kalah penting adalah dari segi makanan, perlengkapan makan bayi dan jenis makanannya harus benar-benar bersih.

Sering kali orang tua tak sadar bahwa alat yang mereka gunakan jauh dari kata bersih, apalagi melihat dari usianya sendiri terkadang bayi masih cukup rewel dalam hal konsumsi makanan. 

Hal ini menyebabkan mereka juga tak terlalu berpikir tentang sterilitas benda yang tengah digunakan, padahal dengan daya tahan tubuh yang rentan justru potensi untuk terkena berbagai macam penyakit berbahaya jauh lebih besar dibandingkan orang dewasa.

Jenis-jenis perlengkapan makan bayi sendiri bervariasi, dimulai dari alat makan seperti mangkuk, sendok dan juga botol susu, karena pada dasarnya mereka tak membutuhkan terlalu banyak anal tersebut untuk menunjang konsumsi makanan, lebih banyak hanyalah asupan nutrisi dari ASI, nah berikut ini ada beberapa cara dalam menjaga sterilitas alat-alat tersebut, yaitu:

  • Lakukan pencucian menggunakan air dingin, mencuci menggunakan air dingin memang sudah menjadi hal biasa, namun kebersihan benar-benar harus dijaga disini, caranya adalah dengan menggunakan detergen atau sabun yang secara khusus dipakai untuk cuci alat makan bayi, kadar detergennya sedikit dan umumnya bisa menghilangkan hingga bagian lemak susu yang terkadang tak bisa hilang dengan deterjen biasa.
  • Dengan cara steam, cara yang satu ini menggunakan alat pemanas khusus, alat-alat yang sudah dibersihkan dengan air bersih nantinya dimasukkan dan dilakukan steam untuk menjaga kebersihannya.
  • Direbus, untuk jenis yang satu ini juga harus mempertimbangkan bahan alat tersebut karena tak semuanya bisa terkena panas, caranya adalah mencuci secara bersih terlebih dahulu dan merebuskan di dalam air hingga beberapa menit sehingga semua kuman yang ada di dalamnya mati.
  • Menggunakan microwave, ternyata alat yang biasanya digunakan untuk memanggang kue ini juga berfungsi sebagai sterilisasi, namun juga tak semua jenis, hanya beberapa yang memiliki fiture penyimpanan khusus, disana nantinya panas akan dialirkan untuk membunuh kuman-kuman yang menempel pada alat makan atau minim anak Anda.

Menjaga kebersihan perlengkapan makan bayi sama juga dengan menjaga kesehatan anak Anda, jadi sebagai orang tua kamu tak perlu khawatir lagi dengan serangan penyakit nantinya. Konsep bersih ini juga berlaku pada perlengkapan yang lainnya, karena bayi harus senantiasa berada di tempat yang bersih agar tak mudah terserang penyakit.