Bagi Anda yang masih baru pertama kali menggunakan sepeda untuk alat transportasi atau untuk menyalurkan hobi, mungkin pengetahuan memilih rangka sepeda ini belum banyak diketahui.

Bagi yang belum mengetahui apa yang disebut rangka atau yang biasa dikenal dengan frame sepeda, maka rangka ini yang membentuk sepeda. Yaitu terdiri dari dudukan menyambung ke roda depan sampai ke bagian pedal bawah. Adapun rangka ini sendiri terdiri dari beberapa macam. Bisa dilihat dari bahan ataupun dari ukuran.

Pertama, kita bahas dulu mengenai bahan rangka. Ada beberapa macam, antara lain yaitu:

  • Titanium. Bisa dikatakan bahan ini merupakan bahan rangka yang paling mahal. Karena kuat tetapi ringan serta tahan dari karat. Sayangnya, banyak yang mengatakan sepeda dengan bahan ini seperti kurang lentur karena sangat kaku, dan agak sulit untuk diperbaiki.
  • Besi. Mungkin bahan ini adalah bahan rangka yang paling sering ditemui. Rangka ini berat serta mudah berkarat. Namun demikian rangka ini lebih lentur dan tentunya kuat.
  • Krom. Bahan ini sebenarnya merupakan campuran antara besi dengan alumunium. Sehingga secara kekuatan, tidak diragukan lagi. Tapi tetap lebih ringan dibandingkan dengan besi, dan lebih lentur. Biasa digunakan untuk sepeda BMX atau sepeda gunung untuk kepentingan free style.
  • Serat karbon atau fiber carbon. Bahan ini paling banyak digunakan untuk sepeda gunung. Karena memiliki perpaduan yang sempurna. Ringan, lunak, lentur dan mudah dikendalikan. Serta yang paling menarik adalah bisa membuat sepeda terlihat lebih eksotis dan keren.

Setelah mengerti beberapa bahan rangka diatas, tentu Anda tak lagi bingung menentukan pilihan bukan? memang masing-masing bahan memiliki harga yang berbeda. Sehingga sebelum memilih frame sepeda yang tepat memang yang harus dipikirkan adalah berapa anggaran yang Anda miliki dan fungsi apa yang Anda inginkan dari sepeda tersebut. Apakah hanya untuk bersenang-senang sesekali atau untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Setelah menentukan bahan dan anggaran yang dimiliki, selanjutnya adalah memilih ukuran rangka sepeda yang sesuai dengan tubuh Anda. Adapun yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Ukuran frame ini mewakili panjang dari rangka itu sendiri. Yaitu mulai dari stang depan sampai posisi pedal.
  2. Dalam memilih frame yang perlu diperhatikan adalah tinggi badan dan inseam Anda.
  3. Inseam adalah jarak antara pangkal paha dengan jejak kaki Anda di tanah.
  4. Masing-masing ukuran frame sudah dibuat secara presisi dengan ukuran lebar atau jarak antara sadel dan pedal.

Biasanya, rangka sepeda ini menggunakan ukuran inch ataupun cm. Rata-rata dimulai dari 13 inch sampai 22 inch. Namun tak jarang, produsen sepeda menggunakan ukuran seperti halnya baju untuk menyebut produk mereka. Yaitu mulai XXS sampai dengan XXL. Untuk menentukan frame sepeda yang sesuai ini sendiri, caranya adalah dengan membandingkan ukuran inseam dan tinggi badan.