Kartu kredit merupakan benda berbentuk persegi panjang dengan bahan plastik. Bentuknya mirip kartu ATM. Namun memiliki fungsi yang berbeda. Kartu plastik ini merupakan media dalam transaksi pembayaran pengganti sementara uang. Pasalnya, uang yang terambil dari dalam kartu tersebut nantinya harus anda bayarkan. Sedangkan kartu ATM berfungsi sebagai kunci untuk mengambil uang yang terdapat dalam ATM.

Dalam penggunaan kartu kredit, kadang akan mengalami yang namanya hutang berantai dengan kartu tersebut. Untuk itu, anda perlu memerhatikan hal berikut ini, antara lain:

  1. Cukup gunakan dua kartu sebagai alat pembayaran. Jangan sampai anda menggunakan lebih dari dua kartu, karena akan membuat anda harus membayarnya lebih banyak lagi,
  2. Pikirkan prioritas anda jika akan membeli suatu barang,
  3. Carilah kartu belanja dengan bunga di bawah 15 persen agar anda tak begitu sulit membayar tagihan kartu,
  4. Lunasi tepat waktu tagihan kartu anda, karena jika terlambat melunasi tagihan akan ditambah dengan denda yang banyak,
  5. Jangan sering membawa kartu untuk berbelanja karena akan membuat anda tergoda untuk menggunakannya,
  6. Aturlah keuangan anda agar pengeluaran setiap bulan dapat teratur,
  7. Jangan tarik tunai dengan menggunakan kartu, karena bunga yang harus anda bayar tidak sedikit.

Sebaiknya anda menerapkan hal di atas untuk memperbaiki gaya hidup anda. Namun, jika anda masih terjebak dengan hutang kartu angsuran ini, sebaiknya anda menerapkan hal berikut ini:

  • Kurangi penggunaan kartu dan pilih satu kartu dengan bunga yang paling kecil, kalau perlu potong kartu kredit anda,
  • Bayarlah tagihan hutang anda dengan teratur,
  • Selalu cek terus-menerus pengeluaran anda melalui telepon atau online,
  • Kurangi membeli barang-barang yang kurang berguna.

Biasanya dengan membuat daftar belanjaan terlebih dahulu dalam rentang waktu satu bulan akan membuat anda semakin jarang menggunakan kartu kredit. Kartu ini memang terlihat mempermudah pembayaran saat berbelanja, namun dibalik itu semua, kartu kotak berbahan plastik tersebut mengharuskan kita untuk membayar tagihan yang banyak. Belum lagi dengan bunga yang diharuskan untuk dibayarkan pula.