Seiring berjalannya waktu, orang tua yang kita miliki akan semakin bertambah usianya. Kondisi fisiknya pun juga akan mengalami beberapa perubahan. Tak jarang di usianya yang sudah lanjut usia, orang tua juga mengalami sakit-sakitan.

Sebagai anak yang berbakti, sudah menjadi tanggung jawab kita untuk merawat orang tua sakit dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana seperti saat mereka merawat kita semasa kecil. Merawat orang tua yang sakit terkadang memberi tantangan tersendiri, terlebih bagi yang memiliki kesibukan lain, seperti bekerja, mengurus anak di rumah, atau kegiatan rumah tangga lainnya. Namun pastinya tidak akan sulit jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.

Merawat orang tua yang sakit memang perlu ekstra kesabaran. Karena dengan kondisi fisik dan kesehatan orang tua yang menurun, mereka akan lebih mudah untuk mengalami depresi. Selain itu tak jarang beberapa orang tua juga menunjukkan tingkah laku yang seperti anak kecil, sehingga Anda harus pandai-pandai menjaga perasaan mereka.

Di usianya yang bertambah dan sering sakit-sakitan, hal bijak yang perlu Anda lakukan adalah dengan memberikan mereka perhatian lebih. Anda harus membuat hati mereka senantiasa senang dan bahagia, dengan tidak lupa mencukupi kebutuhannya yang lain, seperti makan minum, berobat, dan membantu dalam beraktivitas mengingat ruang geraknya menjadi semakin terbatas.

Agar bisa merawat orang tua yang sakit dengan sebaik-baiknya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Diantaranya yaitu:

1. Berikan motivasi.

Saat mengalami sakit, orang tua akan lebih mudah mengalami depresi karena menganggap diri mereka merepotkan dan tidak berguna lagi. Sebagai anak, Anda harus memberikan dorongan motivasi kepada orang tua yang sakit agar tetap semangat untuk sembuh dan menjalani hidup dengan bahagia. Anda bisa mengajak berkomunikasi setiap hari agar orang tua tidak merasa jenuh dan depresi.

2. Memperhatikan makanan dan obat yang dikonsumsi.

Biasanya bagi mereka yang sedang sakit memiliki beberapa pantangan dari dokter, salah satunya yang berhubungan dengan makanan. Anda harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh orang tua harus sesuai dengan anjuran dokter. Pastikan juga memberikan makanan yang terbaik sesuai kebutuhan untuk kesehatan dan kesembuhannya. Tak lupa, perhatikan juga jenis obat apa saja yang harus dikonsumsi sesuai dengan waktunya. Pastikan Anda memberikan obat kepada orang tua dengan dosis yang sesuai dari petunjuk dokter.

3. Perhatikan kebugaran tubuhnya.

Meskipun orang tua dalam keadaan melas dan sakit, ajak untuk melakukan gerakan ringan agar tubuh mereka lebih bugar dan sehat. Anda bisa mengajarkan gerakan olahraga ringan, seperti mengangkat tangan, menggerakkan kaki, dlsb. Ajak sekali-kali untuk berjalan-jalan untuk menghirup udara segar agar tidak bosan.

4. Pastikan kebersihannya.

Yang tak kalah penting dalam merawat orang tua sakit adalah kebersihannya, terutama untuk kebersihan badannya. Badan yang bersih tentunya akan terhindar dari kuman penyebab penyakit dan lebih sehat. Bagi orang tua yang memiliki keterbatasan gerak, Anda bisa membantu untuk memandikannya. Jika orang tua Anda menggunakan popok dewasa, pastikan untuk menggantinya secara rutin agar kebersihan dan kenyamanannya terjaga.

Selain kebersihan badan, pastikan juga pakaian, tempat tidur, dan lingkungan di sekitarnya bersih. Sehingga orang tua akan tetap nyaman. Untuk lantai, pastikan agar tidak terlalu licin agar ketika digunakan berjalan oleh orang tua Anda tidak menyebabkan terpeleset. Sehingga tidak membahayakan keselamatan jiwanya.