Cara Mudah Mengolah Bakso Bersama Bonanza

Bakso Sapi Bonanza

Bakso. Kuliner khas tanah ini  mudah sekali ditemukan di hampir semua kota di Indonesia, mulai dari penjual bakso kaki lima, di restoran besar., hingga di freexer kulkas rumah saya :))

Hampir semua orang menyukai bakso, dan memang rasanya saya belum pernha bertemu orang yang tidak menyukai makanan satu ini. Tapi tahu nggak sih kalau Bakso  berakar dari kuliner Tionghoa. Istilah bakso sendiri  berasal dari kata Bak-So, yang dalam Bahasa Hokkien berarti ‘daging giling’.

Banyaknya penjual Bakso di kota Jogja membuat kami sekeluarga sering jajan bakso. Padahal terlalu sering menyantap bakso juga nggak baik yaa, MSG dan pengawet makanan yang terkandung dalam semangkuk bakso itu bisa sangat luar biasa lho. Bayangkan, butir bakso biasanya diberi pengawet agar tahan lama di suhu ruang, lalu pakai penyedap rasa. Kuah kaldunya juga ditaburi penyedap saat proses memasak, dan waktu akan disajikan masih ditambah bubuk penyedap rasa juga oleh penjualnya, triple combo judulnya :)))

Saya bukan termasuk orang yang anti terhadap MSG, tapi kalau sebanyak itu dalam sekali makan ya jelas nggliyer sesudahnya, kadang sakit kepala setelah selesai jajan bakso atau mie ayam.

Untuk meminimalisir pemakaian MSG, solusinya bikin bakso sendiri saja. Eh, bukan baksonya yang bikin, butir baksonya sih tetap beli, di rumah tinggal memasak kuah kaldunya saja

Dari teman di Jakarta saya tahu kalau sekarang ada bakso sapi premium tanpa pengawet dengan sedikit MSG, produksi Bonanza. Beruntung nggak lama setelah saya info itu, saya malah emndapat undangan menghadiri Event Bakso Bonanza bersama MomBlogger Community (MBC) di Solo Square Jl. Slamet Riyadi Surakarta pada hari Jumat, 19 April 2019.

Di kesempatan itu, selain memperkenalkan Bakso Bonanza di Solo dan Jawaa Tengah, diadakan juga event Demo Memasak Aneka Olahan Bakso bersama Chef Brian Wicaksono, sang juara 2 kompetisi Master Chef Indonesia session 3. Waah bisa sekalian dapat ilmu mengolah bakso untuk di praktekkan di rumah.

Bakso Sapi Bonanza

Acara yang dimulai pukul 10.30 ini dibuka oleh Mbak Carolina sebagai perwakilan dari Bakso Bonanza untuk menjelaskan kelebihan produknya. Bonanza adalah merk yang menghasilkan bakso premium dan susu sapi segar. Sapinya berasal  dari peternakan milik Bonanza sendiri yang terletak di dengah perkebunan nanas, di Lampung.

Peternakan di tengah kebun nanas bukannya tanpa sebab. Sapi penghasil daging diberi pakan bernutrisi tinggi dengan campuran buah nanas. Selama ini nanas dikenal sebagai bahan pengempuk daging sebelum di masak. Nah, kalau sapinya yang diberi makan nanas sudah pasti tekstur daging yang dihasilkan akan empuk. Proses penyembelihannya pun melalui perlakuan khusus agar dagingnya lebih empuk dan halal.
Komposisi Bakso Bonanza terbuat dari 84% daging sapi tanpa tambahan bahan pengawet,jadi untuk penyimpanannya wajib di freezer supaya bisa tahan sampai 6 bulan.
Selain menghasilkan Bakso, Bonanza juga membuat susu sapi segar yang saat ini baru tersedia di Jabodetabek saja. Tapi kalau produk bakso-nya sudah tersedia di hypermart atau Superindo di seluruh pulau jawa. Tersedia dalam dua kemasan. Kemasan 180 gram berisi 12 butir dengan harga Rp.35.000, dan kemasan 500 gram berisi 33 butir dengan harga Rp. 80.000.
Setelah Mbak Carolina selesai memberikan penjelasan tentang Bakso Bonanza, giliran Chef Brian Wicaksono tampil dengan kreasi aneka olahan bakso. Ada 3 kreasi resep bakso yang dimasak oleh Chef Brian kemarin.

Bakso Sapi Bonanza

Kreasi pertama adalahResep Bakso Bakar BBQ. Dimasak menggunakan saos barbeque instant dengan tambahan bawang bombay iris, bawang putih cincang, dan jinten halus sangrai supaya menonjolkan cita rasa khas mediteranian.
Kreasi resep kedua adalah Resep Bakso kari. Demi kepraktisan Chef Brian menggunakan bumbu kari intan yang ditambah bunga lawang dan tepung terigu sebagai pengental kuahnya. Kelihatannya super ampang dan sedap sih, bisa dipraktekkan di rumah.
Kreasi resep bakso yang ketiga adalah Resep Bakso Kuah. Kuah kaldunya direbus menggunakan iga atau skengkel supaya lezat tanpa menggunakan banyak MSG, lalu ditambah bawang bombay dan bawang putih kating yang hanya digeprek saja.

Bakso Sapi Bonanza

Ketiga resep itu sangat mudah dipraktekan kembali di rumah. Tapi untuk saya, Bakso Bonanza suah sangat enak hanya dengan direbus saja, lalu dimakan pakai cocolan kecap dan saus sambal :))
Bagi teman-teman yang mau mencoba Bakso Bonanza, langsung saja cari di Hypermart atau Superindo, masih ada promo diskon 20% untuk pembelian Bakso Bonanza ini lho. Yuk mbakso..
(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *