Tips Liburan Nyaman Meski Naik Kendaraan Umum Bersama Anak

Pasar Ndelik Kampung Flory Sleman

Hari minggu kemarin saya dan anak-anak berhasil pergi bertiga saja menjelajah kota semarang, seru sekali! Kami sempat berkeliling kota sebentar sebelum akhirnya memutuskan menghabiskan hari di Grand Maerakaca taman Mini Jawa Tengah.

Sebenarnya ini kali kedua kami mbolang bertiga saja setelah sebelumnya kami pernah ke Solo dengan kereta Prameks. Alhamdulillah anak-anak selalu kooperatif dan menikmati perjalanan meski harus berpindah-pindah kendaraan umum sambil membawa tas masing-masing berisi baju ganti dan perbekalan.

Grand Maerakaca

 Memangnya anak-anak nggak kecapekan ya di jalan?

Iya sih, capek, tapi jangan cuma lihat capeknya. Lihat juga pengalaman yang akan didapat anak-anak di perjalanan panjang itu. Selain bisa menikmati pemandangan berbeda dari setiap kota yang dilewati, mengajak anak naik transportasi umum akan membuat mereka belajar bekerja sama, menjaga diri, lebih berani, berpikir kreatif, punya kesempatan melihat berbagai karakter orang, bertemu macam-macam profesi, juga fokus memperhatikan informasi-informasi di sekitarnya seperti petunjuk di stasiun atau terminal. Seru kan?

Grand Maerakaca

Nah, agar perjalanan nanti benar-benar bermanfaat bagi anak, saya sudah mempersiapkan beberapa hal yang menurut saya sangat penting. Semua saya siapkan berdasarkan pengalaman saya setelah beberapa kali mengajak anak-anak berpergian dengan kendaraan umum.

1. Persiapkan Fisik Anak

Perjalanan panjang menggunakan moda transportasi apapun akan terasa berat jika anak rewel atau sakit. Sebaliknya, saat tubuhnya sehat, mereka akan lebih kooperatif dan tetap semangat meski lelah. Karena itu anak wajib berada dalam kondisi sangat sehat sebelum dan saat berpergian.Beberapa hari sebelum keberangkatan, beri makanan dan minuman yang tinggi vitamin dan protein. Ajak anak berolah tubuh dan perbanyak jam istirahatnya agar dia punya cukup tenaga menghadapi perjalanan jauh.

2. Briefing Anak Sebelum Berangkat

Ceritakan pada anak tentang kondisi perjalanan yang akan ditempuh, tapi bukan yang asyik-asyiknya saja agar anak nggak kecewa jika perjalanan tidak sesuai dengan bayangannya. Beri penjelasan lamanya waktu tempuh, kondisi kendaraan yang digunakan, ceritakan juga kemungkinan terburuk seperti macet panjang, atau kereta yang terlambat datang.

3. Ajari Anak Menjaga Diri

Selalu ingatkan anak agar tidak pergi terlalu jauh dari kita saat berada di keramaian. Ajari mereka supaya tidak mudah dekat dan menerima pemberian dari orang asing. Selipkan fotokopi kartu identitas dan nomor HP kita di saku baju anak.

Sebaiknya, ajari juga anak bersikap jika tiba-tiba terpisah dengan kita, jelaskan siapa saja yang bisa dia percaya dan dimintai bantuan. Anak usia 4 tahun sudah bisa diajari mengingat nama lengkap dan nomor HP orang tuanya lho.

  1. Ajak Anak Menyiapkan Tas Perbekalannya

Biarkan si kecil menyiapkan sendiri isi tasnya, beri tahu dia apa saja barang penting yang wajib dibawa seperti baju ganti, cemilan ringan, air putih, minyak kayu putih jika sewaktu-waktu dia merasa pusing di perjalanan.

Dengan menyiapkan sendiri berbagai kebutuhannya dia akan hapal dimana letaknya dan bisa bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

  1. Siapkan Cemilan Tinggi Kalori dan Mainan Favorit Anak

Daripada membawa nasi , mie, lauk pauk, dan makanan mudah basi seperti lemper atau arem-arem, saya memilih membawakan roti, crackers, oat bar, buah, coklat batangan, dan air putih untuk bekal anak-anak di perjalanan. Camilan sejenis ini lebih ringan dibawa tapi mampu memberi banyak energi ekstra dibanding nasi. Saya juga selalu membawakan mereka susu UHT seperti SGM Aktif agar lebih praktis, higienis, namun tetap padat nutrisi.

Saya biarkan anak-anak memilih sendiri mainan yang akan menemani mereka di perjalan, saya hanya memberi syarat kalau mainan itu harus yang mudah disimpan di tas dan nggak berat. Biasanya sih mereka memilih membawa robot bongkar pasang, buku sketsa kecil, dan pensil warna.

Seperti itu cara saya menyiapkan anak-anak saat akan berpergian dengan transportasi umum.

Yuk Bunda, dukung anak-anak kita menjadi #GenerasiMaju dengan mengajaknya menikmati dunia luar, tapi tetap jaga daya tahan tubuhnya agar selalu kuat dan tumbuh optimal yaa.

#MombassadorSGMEksplor #SGMEksplor

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *