Manfaat Berkuda Untuk Menstimulasi 5 Potensi Prestasi Anak

Manfaat berkuda

“Untuk mendorong anak memiliki memiliki 5 potensi prestasi anak, orang tua harus menggali lima aspek tumbuh kembang yang saling berkaitan agar anak dapat tumbuh optimal. Kelima aspek tersebut adalah aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa, dan sosial. Orang tua dan lingkungan sekitar anak diharapkan dapat secara bertahap dan terus menerus menstimulasi lima aspek tumbuh kembang ini sejak dini.”

Penjelasan itu saya dapatkan dari seorang psikolog anak dan keluarga, Mbak Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., saat saya mengikuti Talkshow Festival Sahabat Generasi Maju beberapa waktu lalu.

Benar banget, nggak ada tumbuh kembang yang instan, mangga karbitan saja tetap butuh diperam dulu, apalagi mengasuh anak. Kalau kita ingin punya anak dengan pertumbuhan optimal, sudah kewajiban kita menggali dan mengenali potensi-potensi yang dimiliki anak. Setelah kenal kemudian diberikan stimulasi yang tepat.

5 potensi prestasi anak yang wajib distimulasi oleh orang tua adalah: Cerdas dan kreatif, Tumbuh tinggi dan kuat, Percaya diri, Supel, dan Mandiri. Cara stimulasinya sendiri bisa bermacam-macam tergantung minat anak.

Baca juga 5 Cara Membuat Anak Betah Mewarnai dan Menggambar

Salah satu cara menstimulasi 5 potensi prestasi yang menyenangkan adalah dengan mengajak anak-anak berkuda. Karena berkuda punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan, tumbuh kembang fisik serta psikis anak.

Saya termasuk terlambat mengenalkan serunya berkuda pada anak sulung saya karena saya sendiri takut banget dengan kuda, jadi setiap anak-anak minta berkuda saya pasti kasih alesan ini lah, itu lah, huhuhuuu.. Memang benar ya, sebelum jadi orang tua dan bisa total mendidik anak, kita sudah harus selesai dengan diri sendiri dulu, termasuk selesai dengan semua trauma dan ketakutan-ketakutan di masa lalu. Apaan deh malah curhat..

Balik ke manfaat berkuda untuk anak-anak, menurut penelitian, ternyata bisa sangat membantu melatih rasa percaya diri, keberanian, ketangkasan, kekuatan otot tubuh, dan mengasah kemampuan kognitif anak. Nah, sudah berapa aspek potensi prestasi anak yang bisa distimulasi dengan satu kali aktivitas berkuda?

Manfaat berkuda

Aspek Kognitif (Cerdas dan Kreatif)

Berdasarkan penelitian dari Tokyo University of Agriculture, getaran yang dirasakan anak saat berkuda dapat mengaktifkan sistem saraf simpatik otaknya, dan meningkatkan kemampuan kognitif yang mengarah pada ingatan, kemampuan berfokus, meningkatkan persepsi visual ruang, proses pembelajaran, dan problem solving.

Aspek Fisik (Tumbuh Kuat)

Belajar mengendalikan tali kekang kuda akan melatih kekuatan motorik, percepatan refleks, dan keseimbangan tubuh anak. Selain itu berkuda dengan kecepatan sedang dapat  melatih keseimbangan otot pinggul, menguatkan tulang belakang, memperbaiki postur tubuh, juga meningkatkan denyut jantung dan nafas, sehingga bisa meningkatkan kebugaran dan pertumbuhan anak.

Aspek Emosi (Percaya diri dan Keberanian)

Saat anak berhasil menguasai kendali kuda dan nyaman di atas kuda, rasa percaya diri dan keberaniannya akan tumbuh semakin kuat. Dia akan merasa bisa mengalahkan semua ketakutan, kecemasan, dan kekhawatiran atas usahanya sendiri.

Aspek Sosial (Kerja Sama)

Kenyamanan saat menunggang kuda akan didapatkan saat anak sudah merasakan bonding yang baik dengan si kuda. Untuk itu dia harus belajar menyayangi, menghargai, dan bekerja sama dengan kuda tunggangannya. Berkuda juga memungkinkan anak berkoneksi langsung dengan alam, membuatnya lebih tenang dan relaks.

Manfaat berkuda

Banyak sekali cara untuk mendampingi anak kita menjadi Generasi Maju yang cerdas, kreatif, dengan pertumbuhan optimal. Jangan lupa juga memberikan asupan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang anak kita. Pastikan menu hariannya mengandung cukup protein, Asam Linoleat Omega, kalsium dan aneka vitamin.

Selamat bersenang-senang saat mendampingi anak-anak kita yaa 🙂

 

#GenerasiMaju #SGMEksplor #MombassadorSGMEksplor

(Visited 93 times, 1 visits today)

24 thoughts on “Manfaat Berkuda Untuk Menstimulasi 5 Potensi Prestasi Anak”

  1. Aku malah baru tau sekarang mbak setelah baca postingan ini kalau berkuta itu bermanfaat buat anak. DUh bisa dikejar mungkin ya keterlambatanya, di perumahaan tetangga tiap sore & hari libur ada tuh sewa kuda, mau ah nyobain apalagi anakku yg kecil agak2 takut dia kayanya

  2. Pas masih di bandung, di deket rumah malah ads penyewaan kuda, tapi jarang sih naiknya, tapi pernahlah si sulung ngerasain naik kuda, cuma si kecil belum kesampaian naik kuda, dan keburu pindah rumah

  3. Hiks saya kok terharu ya baca tulisan ini. Semua yang Rasul sunnahkan itu manfaatnya ternyata buanyaakk bangett. Cuma kadang kita suka abai karena belum ngeh efek positif secara ilmiah. Kudu dibuktiin dulu gitu pakai penelitian akademis baru percaya. Melatih fokus dan konsntrasi tinggi selain berkuda, yakni memanah. Dan melatih daya tahan tubuh, kelenturan, lewat berenang. Olah raga lain juga bagus, cuma 3 sunnah ini yang patut diutamakan ke anak sejak kecil supaya terbangun jiwa, fisik, dan pikiran yang sehat segar bugar. 😀 jadi semangat habis baca postingan ini pagi-pagi hehe. Makasih sharingnya mbak

  4. Wuih, keren deh pada suka berkuda. Anak-anakku rada takut naik kuda. Palingan sukanya naik delman aja. Padahal bener, berkuda banyak banget manfaatnya buat kita. Terlebih buat anak ya. Ayo terus naik kuda, siapa tahu jadi atlet kuda. Masih jarang kayaknya ya atlet berkuda kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *