DIY: Human Organ System

Human Organ Felt

Setelah proyek membuat Busy Book selesai, saya semakin jatuh cinta dengan flanel, selain pilihan warna yang lengkap, kainnya enak sekali dibentuk jadi apapun, bebas kusut dan sobekan, gampang dicuci pula kalau kotor, intinya awet banget lah 😀

Dan sekarang di kepala saya sudah numpuk ide membuat aneka alat peraga dan permainan dari flanel. Sebelum ini saya juga sempat membuat puzzle peta dunia, sayangnya sampai saya bosan menjahit pun tetap saja belum semua negara bisa saya selesaikan  >_<

Jadi sementara ambisi menaklukkan dunia lewat selembar kain saya singkirkan dulu 😀 sekarang ganti dengan proyek yang lebih gampang.

Puzzle Organ Tubuh Manusia
Puzzle Organ Tubuh Manusia

Puzzle organ tubuh manusia dari kain flanel ini sebenarnya saya buat untuk si kakak yang mulai tertarik dengan sistem kerja organ tubuh manusia setelah membaca buku tentang human anatomy, tapi setelah selesai dibuat (horeee bisa selesaii..) nggak disangka justru malah si adek yang suka sekali memainkannya, bahkan dia mulai bisa menyebutkan beberapa organ dalam sekaligus fungsinya. 

Bisa dibongkar pasang
Bisa dibongkar pasang

Polanya saya gambar sendiri di kertas A4 dengan bantuan skala, meski belum rapih tapi lumayan berbentuk sih 😀 Yang mau mencoba menjahit sendiri seperti saya, bisa download pola organ tubuh manusia di sini yaa.. Setelah pola digunting sesuai bentuk kemudian saya tempel di flanel mengunakan jarum kecil seruni baru digunting mengikuti garis pola.

Saat mulai menjahit, isi bagian dalam organ dengan kain yang sudah digunting kecil-kecil, tujuannya supaya organ bisa kelihatan gendut mirip aslinya.

Terakhir, pasang kancing cetit (nggak tahu apa nama aslinya) dibagian belakang supaya organ-organ ini bisa dibongkar pasang seperti puzzle.

Kancing di bagian belakang
Ini dia si kancing cetit di bagian belakang

Menjahit organ dalam tubuh ini relatif lebih mudah dibanding saat menjahit peta negara 😀 Bagian yang paling sulit cuma usus, karena harus mirip seperti lipatan, tapi itu bisa diakali dengan mengisikan potongan kain-kain kecil di sela-sela garis jahitan.

Ini yang paling bikin mules waktu menjahitnya, hihiii..
Usus, bagian yang paling bikin mules waktu menjahitnya, hihiii..

Supaya lebih seru saat dimainkan, dasar tubuh tempat meletakkan puzzle ini bisa dibuat seperti baju atau rompi yang bisa dipakai anak-anak, soal ukurannya nggak usah khawatir karena pola yang saya berikan di atas sudah saya sesuaikan dengan ukuran tubuh anak usia 5-7 tahun, jadi tinggal print di kertas A4 saja, nggak perlu memperbesar atau memperkecil ukurannya lagi.

Yaaay selesaaaaiii..
Yaaay selesaaaaiii..

Selamat mencoba yaaa..

(Visited 321 times, 1 visits today)

39 thoughts on “DIY: Human Organ System”

  1. Ya Allah keren amat Mbak. Aku bisa rapi nggak ya kalau bikin sendiri. Tapi lhhadalah busy book punyaku aja belum kelar-kelar jahitnya >_<

  2. Mbaaak dijual ga ini? Aku mau belii haha. Kreatif bangeeet. Kalo begini anak jadi terbantu belajarnya. Kreatif, menyenangkan, sekaligus mencerdaskan. Aman pula. Kalo liat kain flanel, aku mikirnya masih stuck di bikin pembatas buku aja ternyata ya bisa macem-macem #yaiyalah

  3. MbaK dijual kah ini? Aku mau beli dong haha. Kreatif bangeeet. Kalo begini anak jadi terbantu belajarnya. Selain kreatif, menyenangkan, sekaligus mencerdaskan. Aman pula. Kalo liat kain flanel, aku mikirnya masih stuck bikin pembatas buku aja ternyata ya bisa macem-macem #yaiyalah

  4. Inginku karena sore sudah nggak ngajar les privat pengen juga bikin2 ginian, mbak. Dulu waktu masih single malah sempat buka usaha handmade kayak gini. Ah…tahun 2019 kudu bisa.

  5. Masyaallah Puzzle Organ Tubuh Manusia, ini kece bangettt mb. Bisa dijual ini, pelanggan OS bukuku banyak ibu ibu yang suka beli hal-hal yang berbau edukatif kayak gini. Aku pernah jualan buku dari flanel pun banyak beli

  6. Keren mbaa, butuh ketelatenan kerjakan semacam ini. Nggak tahu, aku sejak kecil memang enggak telaten kalau kerjaan tangan sejenis ini.
    Dulu pernah merajut, jadi sih ada ikat pinggang, dompet, topi, cua kesininya ogah-ogahan ahahha

  7. Mbak, keeereeenn bangeeeet. Kreatif banget siih Mbak, pengen juga deh bisa sekreatif dan sesabar Mbak dalam ngerjain prakarya kayak gini.
    Someday mau coba juga aahh. Thanks ya Mbak 😉

  8. Mbakkk kreatif banget, pas lihat hasil akhirnya sampai jadi rompi makin terpesona. Terakhir pegang flanrl dan bikin mainan buat Aqla itu dua tahun yang lalu. Habis itu angkat tangan hehe

  9. waaaa, telaten sekali mbakkk. Ga buka pre order sekalian mbak? Mauuu, wkwkw. Yg pinter jahit menjahit malah suamiku mbak, krn punya basic konveksi kerjanya dulu, sekarang juga usaha bikin2 tote bag, tp kl yg printilan kecil gini, ga telaten juga dia, haha

  10. Mba ya kreatif banget yah, duuh ini salah satu resolusi di 2019 yang kepengen banget saya wujudkan, bisa punya ketrampilan crafting atau handmade, eh tp blum bljr2 juga
    Mksh yah mba, tulisannya membuat saya terpacu, ah semoga saja sy brtmu dn puxa tmn yang bsa ngajarin saya dsni

  11. Mantap banget ini buat pengenalan tentang organ. Dulu zaman sekolah pakai patung yang kadang agak serem gitu. Kalau gini kan jadi kelihatan kece

  12. Mak Yoooo, ini yang dulu aku pernah nanya-nanya di IG kan ya? Plis plis aku pesen dooong.
    Anakku sekarang lagi suka banget baca buku tentang organ manusia. Pasti hepi berat deh kalau belajar pake ini. Aku mau bikin nggak bisyaa (padahal belum nyoba), wkwkwk.

    Ya ya yaaa bikinin yaaa *maksa XD.

  13. Yoaaan, aku kok merinding ya lihat puzzle yang organ tubuh itu, hihii.

    Keren deh dikau, sabar dan telaten bikin puzzle kayak gitu. Kalo aku dulu suka bikin origami bareng anak-anak. Origami binatang dan bunga, nanti trus dibuat kayak kebun binatang pakai alas kardus yang tebal itu. Gitu aja anak-anak udah seneng

  14. Mba this is incredible! Pinter bangeeet deh buatnya. Aku tuh seringkali pengeeen meluruskan niat buat aneka handycraft tapi ya selalu terkendala kesibukan dan waktu. This is incredible indeed!

  15. Wahh Mba Yoan ini kreatif sekali dan kok bisa kepikiran bikin diy dari bahan flanel buat dijadikan organ-organ tubuh hehehe. Tapi dengan cara ini, justru malah bikn anak-anak jadi antusias ya buat main sambil belajar anatomi tubuh. hehehe

  16. Mbaaa kok kereeeennn bangeeettt.. Bisa dijadiin usaha ini mah. Sini aq yg jualin hahaha dasar otak dagang. Kereenn pisan dan bermanfaat bgt Mba.. Sukses utk next project Mba aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *