DIY: Washable Volcano Model

Sepertinya hampir semua ibu yang punya anak usia preschool atau kindergarten pernah membuat percobaan sains sederhana dengan cuka dan soda kue ya? Kebanyakan dibuat seperti letusan gunung berapi atau tiupan balon, dan hasilnya selalu seruuu, anak-anak biasanya akan minta lagi dan lagi sampai menghabiskan cuka berbotol-botol 😂

Baca:Β Blow Up The BalloonsΒ danΒ Eggploded

Padahal nggak cuma anak-anak yang senang, saya juga ketagihan melihat reaksi yang dihasilkan cuka dan soda kue ini heheee. Sayangnya, saya malas kalau harus sering-sering menyiapkan permainan seperti ini, disamping membuat gunung berapinya itu butuh waktu, setelah si gunung ini hancur lebur juga butuh usaha beres-beresnya 😂

Nah, kemarin pas lagi wisata ke Pinterest, saya lihat ada yang membuat volcano model menggunakan alufoil, waah keren nih, lebih kokoh dibandingkan kalau memakai playdoh, terus kepikiran aja mau buat volcano model yang bisa dicuci ulang alias washable, jadi anak-anak bisa tiap hari main (tombok di cuka doong πŸ˜€ )

Punya kami ini saya buat menggunakan semen biasa, harusnya sih akan lebih bagus kalau pakai semen putih tapi karena adanya di rumah cuma sisa semen biasa ya pakai itu saja. Langkah detailnya saya jelaskan dibawah yaa.

Continue reading “DIY: Washable Volcano Model”

DIY: Membuat Solar System Model

image

Waktu pertama kali posting foto planet-planet ini banyak yang mengira planetnya aku bentuk sendiri sampai jadi bulat begitu.. Hahahaa kalau iya beneran aku yang buat bisa setahun baru kelar, itu juga bentuknya bakal lebih mirip pecahan asteroid ketimbang planet, wong gambar lingkaran aja nggak pernah bisa benar-benar bulat -__-

Styrofoamnya memang sudah bulat dari pabriknya, aku beli di Progo lantai 3, tapi di Toko Jolie Jahit Jl. Diponegoro juga ada, harganya antara 1200 – 3500 rupiah perbuah. Murah dan praktis, kita tinggal ngecat saja.

Untuk proses pengecatan sebenarnya akan lebih bagus kalau pakai cat acrylic, tapi karena nggak punya dan harganya juga lumayan, aku cari bahan-bahan yang sudah ada di rumah saja, kan memang tujuan proyek-proyek DIY kami untuk melatih anak-anak agar lebih luwes memanfaatkan apapun yang ada di sekitarnya, tapi bukan manfaatin teman di bangku sebelah ya kak..

Akhirnya aku cuma pakai lem putih PVaC yang diwarnai dengan cat air, pilih cat air dengan kualitas baik.. kasih sedikit cat putih setiap akan mencampur warna supaya hasil akhirnya lebih soft, karena lem PVaC akan berubah bening setelah kering, kalau nggak dikasih cat putih nanti akan lebih mirip bola bekel.
Lalu untuk planet yang punya banyak warna, nggak perlu menunggu kering kalau mau menambahkan warna berikutnya, langsung tumpuk dan hasilnya akan terlihat lebih natural.

image
berjemur dulu yaa..

Continue reading “DIY: Membuat Solar System Model”

Simple Science: Iceberg Volcano

Sebenarnya eksperimen ini sudah lama banget jadi pe-er kami, dua percobaan sebelumnya selalu gatot alias gagal total padahal bahannya gampang banget, cuma satu botol air mineral seharga seribu sekian perak, tapi prosesnya yang tricky itu yang membuat aku penasaran sekaligus bolak balik gagal, hahaaa..

Jadi si botol air mineral tadi dilepaskan dulu dari segelnya dan di simpan di freezer selama kurang lebih 2,5 jam (pengatur suhu freezer kami ada di angka 3) dengan posisi tidur.
Setelah 2,5 jam, angkat botol tetap dalam posisi miring dan buka tutupnya, usahakan jangan ada hentakan berlebihan pada isi botol.
Pelan-pelan tuang air ke atas mangkok yang sudah diisi penuh es batu, kalau sukses (kalau sukses lho yaaa wkwkwkk..) nanti tetes air itu akan berubah menjadi es saat jatuh di atas es batu dan lama-lama menumpuk seperti gunung, keren kan?

Yuuk dicoba..

image

image

image

image

Maafkan foto-fotonya yang burem yaa.. Cuma screenshot dari video soalnya. Kalau mau lihat versi geraknya bisa di sini πŸ™‚

Simple Science: EGGPLODED!!

Semenjak tinggal di Jogja, longweekend adalah saatnya kami bermanis-manis di rumah, lha wong cuma mau ke mall aja geregetan duluan di jalan πŸ˜€

Tapi karena di rumah saja, malah jadi punya banyak kesempatan buat nyobain macam-macam simple science yang selama ini cuma tersimpan di boards Pinterest, misalnya aja kemarin, kami mencoba dua eksperimen sekaligus yang temanya telur.

FLOATING EGG

Untuk pemanasan, kita bikin percobaan yang agak serius dulu πŸ™‚

Inget jaman SD, sering banget sok-sokan bikin percobaan kaya gini, rasanya udah keren banget πŸ˜€
Dan sekarang lihat responnya kakak waktu telurnya berhasil ngapung jadi ngakak sendiri, hahahaa aku pun selebay itu dulu..

Cara membuatnya:

Gelas ke 1 gak pakai garam
Gelas ke 2 pakai garam 5 sdm
Gelas ke 3 pakai garam 12 sdm
Aduk rata sampai garamnya larut lalu cemplungin telur-telurnya.. ngapung deh πŸ™‚

Oiya, kegiatan ini juga bagus buat melatih motorik halus dan kognitif anak-anak, biar saja mereka yang menuang dan mengaduk sambil menghitung jumlah sendok garamnya.

image

image

image

image

Nah, terakhir, pertanyaannya kakak:
“Kalau di laut, garamnya berapa sendok?”
Jahahahaa.. πŸ˜€ πŸ˜€

EGGPLODED!

Sekarang waktunya main, iyaa daripada disebut percobaan, aku bilang ini lebih pantas disebut main-main.. karena seperti biasa begitu lihat aku keluarin cuka dan baking soda anak-anak langsung heboh “horeee bikin ledakan lagiii..!!”

Trio baking soda, cuka, dan pewarna makanan memang gak pernah membosankan buat Arka dan Raya, asal stok ketiganya lengkap di dapur, selamat lah hari-hari libur kami hahaa..

Oiya, sebelumnya kami sudah pernah membuat Balon Gas dan Letusan Gunung Berapi dari baking soda dan vinegar. Nah, hari ini bikin yang lebih gampang lagi.
Telur Meletus!
Aku bayangin nanti semburan berwarna warni akan keluar berbarengan dari masing-masing telur, lalu warnanya akan bercampur di dalam tray, pasti seruuu..

Begini caranya:
1. Untuk wadahnya aku pakai kulit telur yang cuma dipecahkan sedikit atasnya, taruh diatas tutup botol air mineral supaya bisa berdiri tegak.
2. Campur baking soda, deterjen, dan sedikit air, aduk rata, lalu masukkan ke dalam kulit telur dengan bantuan corong.
3. Teteskan pewarna ke masing-masing kulit telur.

Selesai.. Serahin ke anak-anak biar mereka yang menuang vinegar ke tiap-tiap telur, dijamin langsung berisik.. hahaaa πŸ˜€

image

image

image

Simple Science: Blow Up The Balloons

image

Tadi malam sebelum tidur ngobrol sama A tentang planet2 gas (jupiter, saturn, uranus & neptune), seperti biasa, ujung-ujungnya malah jadi penasaran apa itu gas?
Gak cukup dijelasin kalau gas itu semacam udara yg tidak berbentuk, tidak bisa dipegang tapi kadang berwarna dan berbau, A baru berhenti tanya setelah dijanjikan besok kita akan bikin gas sendiri..

Langsung kepikiran bikin eksperimen balon dan gas yang ini, caranya gampang banget..

image

Alat
1. 4 buah botol air mineral
2. 4 buah balon warna merah, biru, hijau, dan kuning
3. Air kran bersih (masing-masing botol diisi setinggi 1/4 botol)
3. 1/4 cup air cuka (untuk masing-masing botol)
4. 1/4 cup baking soda atau soda kue (untuk masing-masing botol)
5. Pewarna makanan (merah, biru, kuning, hijau)

Cara Membuat
1. Masukkan air bersih, cuka,dan pewarna ke masing-masing botol, aduk rata.
2. Masukkan baking soda ke dalam balon dengan bantuan corong.
3. Pelan-pelan pasang ujung balon ke mulut botol, pastikan balon terpasang rapat di botol.
4. Berdirikan balon sampai semua baking soda masuk ke botol (lihat videonya).
5. Daaan.. Wuuus balonnya mengembang..

Jelasnya bisa lihat videonya di https://youtu.be/H-QHN_LX0UU

Sayangnya reaksi kimia antara baking soda & cuka menghasilkan gas karbondioksida yg lebih berat dari helium, jadi si balon cuma bisa mengembang tanpa bisa naik terbang, tapi A lumayan puas dan mengerti apa itu gas πŸ™‚

Dari eksperimen ini jadi punya ide mengenalkan state of matters, mungkin bisa dimulai dari es batu (benda padat) yang kemudian meleleh jadi air (benda cair), lalu dipanaskan sampai jadi uap (anggap aja gas :D), tinggal nunggu malasnya si emak pergi aja nih..

Simple Science: Food Chain and The Volcano Eruption

image

Minggu pagi tadi seru sekali.. Kita belajar tentang aliran air dari mata air di atas gunung sampai ke sungai, lalu belajar tentang habitat hewan sungai dan rantai makanannya.

Terakhir dan yg paling ditungguin AR: volcano explotions!! Kakak jadi bisa membayangkan letusan gunung merapi dan mengerti kalau aliran lahar gak selalu bisa diprediksi, apa2 yang dilewatin juga langsung rusak (kebetulan gunung playdohnya memang meleleh)

Gunungnya kakak sendiri yang membentuk pakai playdoh, jadi ceria warna warni gitu.. dia bilang karena di atas gunung ada macam2 tanaman dan bunga.. bunda cuma buatin rangkanya saja dari koran.

image

Cara membuat letusan gunung berapinya mudah banget kok.. Cuma butuh air hangat, pewarna makanan, 1 bungkus baking soda, dan 1 botol cuka dapur.

1. Untuk isi gunungnya aku pakai botol bekas air mineral yang paling kecil, tutup seluruh bidang botol dengan koran sampai menyerupai bentuk gunung, tapi sisakan mulut botol tetap terbuka yaa, lalu tutup dengan playdoh sambil ditekan-tekan.
2. Isi 1/3 bagian botol dengan air hangat, 6-8 tetes sabun cair pencuci piring, dan 2-4 tetes pewarna makanan warna merah atau orange, aduk rata dengan sumpit.
3. Masukkan 2 sdm baking soda, aduk rata.
4. Sambil bersiap, tuangkan 1/4 cup air cuka dengan cepat, wuuuss dalam hitungan detik saja si gunung sudah bererupsi πŸ™‚

Video serunya bisa lihat di https://youtu.be/qNgvM7TpGbk