5 Langkah Menemukan Potensi Prestasi Anak Sejak Dini

Orang tua mana sih yang nggak ingin punya anak cerdas kreatif, tumbuh tinggi kuat, mandiri, supel, dan percaya diri? Kelima hal itu sebenarnya adalah potensi prestasi yang dimiliki setiap anak, dan tugas kita sebagai orang tua lah membantu anak menemukan dan memaksimalkan pertumbuhan potensi prestasi itu.

Tidak ada anak yang bodoh, beda anak beda pintarnya, karena setiap anak adalah pribadi yang unik, yuk kita bantu mereka menemukan potensi terbaiknya.

1. Berikan Stimulasi yang Tepat Sesuai Usia Anak

Stimulasi yang tepat sesuai usia dan dilakukan secara konsisten dapat merangsang pertumbuhan dan konektivitas sel-sel otak, dengan begitu potensi cerdas kratif anak akan berkembang optimal.

2. Kenali gaya belajar anak

Setiap anak memiliki gaya belajarnya sendiri, semakin cepat kita mengenali gaya belajar yang sesuai dengan kepribadian anak, semakin cepat juga kita menumbuhkan potensi cerdas kreatifnya.

– Tipe Visual: Anak cenderung belajar dari apa yang dilihatnya. Kita bisa membantunya dengan menyediakan gambar-gambar menarik untuk dipelajari dan papan tulis yang bisa dipakai saat menjelaskna sesuatu

– Tipe Auditori: Anak lebih sering menggunakan pendengaran untuk menyerap informasi. Bantu dia berkembang dengan membacakannya banyak buku, mendongeng, dan bermain musik.

– Tipe Kinestetik: Anak cenderung banyak bergerak dan menyentuh saat belajar. Sediakan berbagai alat peraga untuk membantunya belajar atau saat memberinya penjelasan, lalu minta anak mengulang apa yang sudah kita ajarkan dengan menyentuh alat bantu tersebut.

3. Kenalkan Nilai-nilai Positif Sejak Dini

Ada baiknya mengenalkan nilai kebaikan pada anak sejak dini melalui hal kecil sehari-hari, meski kita sadar anak belum benar-benar memahaminya, karena nilai-nilai itu akan tertanam di dalam alam bawah sadarnya sampai ia tumbuh dewasa nanti dan akan mempengaruhi perkembangan potensinya.

Contoh sederhana adalah kenalkan anak dengan 3 kalimat ajaib: tolong, terima kasih dan maaf, sejak Ia bayi. Kata-kata ini akan berguna saat anak mulai belajar berinteraksi dengan orang lain. Ingat ya, anak sopan akan lebih disukai orang lain dan ini akan bermanfaat mendongkrak potensi supel anak.

View this post on Instagram

Mau meningkatkan potensi prestasi percaya diri, supel, dan mandiri pada anak? Sering ajak jalan-jalan deh. . Anak yang punya banyak pengalaman melihat tempat-tempat baru akan berpikiran luas, memandang sesuatu dengan lebih positif, termasuk memandang ke dalam dirinya sendiri dengan rasa puas dan percaya diri. . Jika anak memiliki kepercayaan diri yang baik dia akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat, berani, lebih mudah bersosialisasi dan bisa menjaga diri dari bullying. . Sayangnya, masih banyak ortu yg belum mau mengajak anaknya berpergian dg alasan, nanti kecapekan, rewel, ribet. Please laah, jadikan saja tujuan perjalanan kita sebagai proses untuk mengasah karakter anak, ngga usah mikir tujuannya, apalagi itinerarynya, nikmati setiap momen, nikmati bondingnya. Mereka cepat banget besar lhoo.. terus tau2 udah minta ijin buat travelling sama teman2nya. . Jadi, mulai sekarang, banyakin piknik bareng anak-anak yuuk, nanti setelah mereka besar kita bisa punya me-time lagi kok, dan kita ngga akan kehilangan moment seru mendukung anak-anak tumbuh menjadi #GenerasiMaju yang cerdas kreatif, percaya diri, dan mandiri 😊 . #MombassadorSGMEksplor #SGMEksplor

A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

4. Jadilah Temannya

Dukung anak dengan menjadi teman curhatnya, buat anak percaya untuk menceritakan semua keinginan dan cita-citanya. Anak yang bisa menceritakan semua hal pada orang tuanya akan tumbuh jadi pribadi yang hangat, penuh percaya diri, dan selalu menghargai orang lain, itu karena sejak kecil Ia selalu merasa dihargai.

5. Beri Nutrisi Terbaik

Jangan lupakan asupan nutrisi dalam menu hariannya ya moms, saat anak sehat dan tumbuh tinggi kuat, otomatis percaya dirinya meningkat, anak tidak akan minder jika memiliki ukuran tubuh yang sama atau lebih inggi dari teman sebayanya.

Selain memperhatikan menu hariannya, lengkapi juga kebutuhan nutrisi anak dengan memberinya 2 gelas susu SGM Eksplor yang mengandung Asam Linoleat Omega 6, Protein, Vitamin B1, B2, B3, B6, D3, A, dan C, juga kalsium, zat besi, dan zinc. Jika anak mendapat nutrisi terbaik maka seluruh potensi cerdas kreatif, tumbuh tinggi kuat, mandiri, supel, dan percaya dirinya akan berkembang maksimal.

View this post on Instagram

sudah hampir satu tahun sejak Raya mulai sekolah, Alhamdulillah dia selalu berangkat sekolah dengan semangat dan pulang pun tetap ceria, kayak ngga habis-habis baterainya 😅 Semoga selalu seperti ini ya Dek, jadi anak yang cerdas kreatif dan tumbuh tinggi kuat. . Demi memastikan Raya memiliki banyak energi dan tetap semangat di sekolah, saya berusaha memenuhi asupan nutrisinya dengan maksimal. . Selain mengatur menu hariannya sesuai pedoman gizi seimbang, saya berikan dia 2 gelas SGM Eksplor 3 Plus dengan formula Complinutri yang mengandung minyak ikan, omega 3 dan 6, kalsium, zinc, zat besi, dan aneka vitamin untuk dukung Raya jadi siap dan semangat di sekolah. . Yuk Bunda, dukung anak-anak kita menjadi #GenerasiMaju yang cerdas dan mandiri. Jangan lupa beri mereka #SGMEksplor 3 plus agar lebih siap dan #SemangatSekolah yaa.. . Oh ya, Bunda juga bisa mendapatkan banyak info seputar nutrisi dan stimulasi anak dengan follow @akuanaksgm atau like FB Aku Anak SGM 😊 . Kalau Bunda @siti_hairul @yeni_setiyawati @penaliswanti punya cerita apa tentang semangat sekolah si kecil? . #BundafluencerSGMEksplor #MombassadorSGMEksplor . #schooliscool #schoolisfun #dailyparenting #motherhoodiscolorful #motherhoodraising

A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

#GenerasiMaju #SGMEksplor #MombassadorSGMEksplor

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *