3 Langkah Mengoptimalkan Potensi Tumbuh Tinggi dan Kuat Anak

Di zaman kemudahan mendapatkan kemudahan informasi seperti sekarang, kita pasti sudah sering sekali mendengar istilah stunting ya kan?

Stunting adalah sebuah kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun.

Tapi walaupun kebutuhan gizi seorang anak sudah tercukupi dengan baik, bisa jadi potensi tumbuh tinggi dan kuatnya belum maksimal, karena ternyata selain nutrisi, ada faktor-faktor lain yang mampu mengoptimalkan potensi tumbuh tinggi dan kuat pada anak loh.

Karena selama anak masih dalam masa pertumbuhan, selama itu juga ia masih bisa bertambah tinggi. Di masa pertumbuhan tersebut, lempeng pertumbuhan tulang belum menutup hingga memungkinkan tulangnya terus bertumbuh.

Untuk itu  kita wajib memberi stimulasi dan nutrisi yang optimal sejak 1000 hari pertama kehidupan seorang anak agar pertumbuhan tinggi badannya dapat dioptimalkan. Jadi meski orang tuanya tidak terlalu pendek, anaknya bisa kok tumbuh tinggi menjulang.

1. Olahraga teratur

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan anak adalah dengan rutin mengajaknya berolah raga di luar ruangan. Berenang, basket, bersepeda, atau berkuda adalah jenis olahraga menyenangkan yang dapat menstimulasi tulang dan otot anak agar tumbuh tinggi dan kuat.

View this post on Instagram

💦🏊🏻💦

A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

Berolahraga di luar ruangan membuat si kecil terkena paparan sinar matahari dan mendapatkan kadar vitamin D cukup. Vitamin D  berfungsi membantu penyerapan kalsium, memperkuat sistem imun, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan menjaga kesehatan jantung.

Paparan sinar matahari yang paling baik adalah pada pagi hari maksimal sampai jam 9-10 pagi, dan sore hari jam 3 sore hingga matahari terbenam.

2. Istirahat cukup

Stimulasi yang diberikan pada anak harus diimbangi dengan tidur malam dan tidur siang yang cukup. Anak usia balita butuh sekitar 12-14 jam sehari untuk beristirahat. Karena saat anak tidur, tubuhnya akan melakukan proses perbaikan sel  dan melepaskan hormon yang dapat menstimulasi pertumbuhannya. Semakin lelap anak saat tidur semakin optimal pula kerja hormon ini.

Jadi pastikan anak mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat, pastikan kondisi kamar nyaman dan tidak bising agar anak bisa tidur nyenyak.

3. Berikan nutrisi terbaik

Pastikan anak mendapat makanan dan minuman yang penuh kalsium, besi, dan vitamin A dalam menu hariannya. Kalsium bisa didapat pada susu dan produk olahannya. Zat besi banyak ditemukan pada daging merah dan hati hewan, sedangkan vitamin A banyak terkandung di wortel, labu kuning, kentang dan brokoli.

Selain itu, berikan juga makanan yang tinggi protein untuk membantu pertumbuhan tulang anak. Kita bisa menyediakan ikan, daging, tempe dan tahu dalam makanan sehari-harinya. Jangan lupakan juga perna Zinc dalam tumbuh kembang anak, karena defisiensi zinc (seng) dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat.

Kalau saya selalu membiasakan anak-anak minum susu SGM Eksplor dan SGM Aktif dengan formula COMPLINUTRI yang dilengkapi zat gizi makro dan mikro seperti Asam Linoleat Omega, Protein,  Vitamin D3,  Vitamin A,  Vitamin C, Zinc, Zat Besi, dan tentu saja tinggi kalsium yang akan sangat bermafaat mendukung potensi tumbuh tinggi dan kuat pada anak-anak.

View this post on Instagram

Yeaay.. dapat kesempatan dari @HomeTesterClubID untuk mencoba produk barunya SGM AKTIF berupa susu cair siap minum yang praktis banget dibawa beraktivitas di luar rumah, kemasannya imut jadi muat dimasukkan ke dalam tas adek yang juga imut 😄 Tapi meski kemasannya cuma seukuran 110 ml, susu cair SGM Aktif ini mengadaptasi kebaikan susu bubuk SGM eksplor yang dilengkapi formula COMPLINUTRI, mengandung Omega 3 dan 6 juga nutrisi penting lainnya, jadi kebutuhan nutrisi anak tetap terjaga di manapun dan kapanpun. Ada dua varian rasa, coklat dan strawberry yang sama enaknya, tapi kemarin anak-anak bilang kurang, belum puas minum sudah habis 😆😆 Semoga @AkuAnakSGM segera memproduksi susu cair ini dalam kemasan yang lebih besar, misalnya 250 ml, yaa.. Terima kasih #HomeTesterClubID #HTCIDxSGM 😊😊

A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

Yuk moms, kita berikhtiar maksimal mendukung anak-anak menjadi #GenerasiMaju yang punya potensi prestasi cerdas kreatif, tumbuh tinggi kuat, percaya diri, supel, dan mandiri dengan memberinya berbagai stimulasi dan asupan gizi terbaik.

#SGMEksplor #MombassadorSGMEksplor

(Visited 22 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *