Tips Meningkatkan Potensi Prestasi Kemandirian Anak

Arka

Setiap anak sebenarnya memiliki 5 potensi prestasi yang akan membuat mereka tumbuh menjadi Generasi Maju. Dan kewajiban orang tua adalah menggali dan mengenali potensi-potensi yang dimiliki anaknya. Setelah kenal baru didukung dan diberikan stimulasi yang tepat.

5 potensi prestasi anak yang wajib distimulasi oleh orang tua adalah:

  1. Cerdas dan kreatif
  2. Tumbuh tinggi dan kuat
  3. Percaya diri
  4. Supel
  5. Mandiri

Sebelumnya saya sudah pernah cerita bagaimana usaha saya mengasah potensi cerdas kreatif anak-anak saya di Mengajari Balita Membaca, Yay Or Nay? dan potensi tumbuh tinggi kuat di Manfaat Berkuda Untuk Menstimulasi 5 Potensi Prestasi Anak

Sekarang, saya mau sharing sedikit cara saya meningkatkan kemandirian anak-anak sebagai salah satu aspek potensi prestasi anak. Karena seiring berjalan waktu dan makin bertambahnya usia anak, kita perlu melatih anak-anak menjadi mandiri.

Kemandirian adalah kemampuan anak untuk mau dan bisa mengandalkan dirinya sendiri dalam beraktivitas sehari-hari sesuai usia. Misalnya, mau makan dan minum sendiri, bisa mandi sendiri, menggunakan toilet dengan baik, dan bisa berpakaian sendiri. Agar anak bisa mandiri, orang tua yang harus menahan diri. Beri anak kesempatan untuk menyelesaikan masalahnya sesuai dengan usianya, untuk itu orang tua sebaiknya tidak selalu melayani semua kebutuhan anak.

Kemandirian membutuhkan proses panjang dan konsistensi, karena itu lebih baik jika kita biasakan sejak anak berusia dini. Kadang dengan alasan anak masih kecil, kita jadi nggak tega dan memilih membantunya dalam pekerjaan yang seharusnya bisa is selesaikan sendiri. Padahal Teganya kita bukan berarti nggak sayang, justru sebaliknya, rasa sayang itu kita ungkapkan dengan cara mendidik mereka menjadi pribadi yang kuat.

Berikut ini beberapa cara yang biasa saya lakukan saat melatih kemandirian Arka dan Raya:

  1. Beri petunjuk, bukan bantuan

Anak-anak paling malas kalau di suruh mencari barang, biasanya mereka akan langsung merengek minta dicarikan. Kalau sudah begitu saya cuma akan memberi petunjuk dimana kira-kira letak si barang dan biarkan mereka berusaha mencari sendiri.

Begitu juga saat mereka ingin minum susu, Karena mereka lebih suka susu dingin, saya cuma mengajari cara membuat susu dingin dan membiarkan mereka membuatnya sendiri, tentu saja sambil tetap saya awasi.

  1. Bersabar

Saat menemani anak-anak mengerjakan segala sesuatu sendiri, seringkali kita sebagai orang tua yang nggak sabar. Misalnya ketika anak mencoba menalikan sepatunya sepatunya sendiri, karena lama belum berhasil kita jadi gemas dan akhirnya mengambil alih, padahal kita cuma perlu bersabar sedikit dan kembali ke poin satu, beri petunjuk lebih jelas.

  1. Percaya kalau anak kita bisa

Selalu percaya kalau anak-anak kita itu bisa. karena saat melihat orang tuanya mantap, anak akan lebih percaya pada dirinya sendiri dan ikut merasa yakin kalau dia bisa.

  1. Beri semangat dan Pujian

Jika anak mengalami kesuitan dan kelihatan akan menyerah, jadilah pendukungnya. Misalnya soal mengikat tali sepatu tadi, kalau anak mulai sebal karena nggak berhasil, semangati dengan bilang “ayoo dek, tinggal dikit lagi kok..” Kita juga bisa mengikat tali sepatu kita disampingnya, dengan begitu dia akan mencontoh.

Setelah dia berhasil, bersorak lah bersama, rayakan kemenangan kecilnya dengan memberi pelukan dan ciuman, anak yang sering mendapat pelukan akan merasa dihargai, dengan begitu rasa percaya dirinya akan makin meningkat.

 

View this post on Instagram

Someday you’ll outgrow my lap, but never my heart. . Dikasih mawar pink plus ucapan selamat hari ibu dari anak mungkin sudah biasa buat sebagian ibu2, tapi nggak semua dikasihnya tepat di depan Istana Kepresidenan sambil dicium semesra ini, and I'm one of the lucky moms to ever feel it, thank u boys 😊 . Makasih juga @omahparenting mailaafff yg sudah memfasilitasi semuanya, kalian warbiyasaaak 😍😍 . . Selamat Hari Ibu untuk ibu, bunda, mama, mami, mommy, emak di seluruh Indonesia. Selamat bertumbuh bersama anak2 kita, bahagia terus yaa 😘 . . 📸 @ardibars . . #gedungagung #presidentialpalace #omahparenting #explorjogja #kidswhoexplore #littlewanderer #welltraveledkids #showthemtheworld #loveyourtimetogether #littleadventurer #familytraveller #selamathariibu #hariibu2018

A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

5. Ajarkan tanggung jawab dengan memberikan tugas 

Beri anak tugas harian sesuai usianya sebagai bentuk tanggung jawab. Misalnya mengecek kunci pintu setiap malam sebelum tidur, mengecek kran air sudah tertutup rapat atau belum setiap akan pergi, membantu menyiapkan piring dan sendok setiap akan makan malam, menyiram tanaman dan halaman,

6. Biarkan anak membantu pekerjaan rumah

Kalau anak ingin membantu membereskan rumah atau cucian, biarkan saja. Meski hasilnya nanti jauh dari kata rapih, disitulah mereka belajar mengerti sebuah tanggung jawab dalam lingkungan.

 7. Ajak anak ikut mengambil keputusan

Tanya pendapat anak saat menentukan tempat untuk berlibur, menu makan malam, juga memilih sepatu atau baju yang akan dibeli untuknya. Hal ini penting agar nanti dia berani mengambil sebuah keputusan yang akan dia pertanggungjawabkan.

Kemandirian sangat penting dibangun sejak usia dini lho moms, karena kemandirian akan membuat anak kita memiliki daya juang tinggi dalam menjalani hidup, nggak mudah mengeluh saat mengalami sesulitan dan nggak bergantung dengan orang lain.

Jadi moms, yuk selalu dampingi buah hati kita menjadi #GenerasiMaju yang cerdas, kreatif, mandiri, berkepribadian kuat, dengan pertumbuhan optimal. Jangan lupa juga memberikan asupan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang mereka yaa. Pastikan menu hariannya mengandung cukup protein, Asam Linoleat Omega, kalsium dan aneka vitamin seperti yang terkandung dalam susu #SGMEksplor 🙂

#MombassadorSGMEksplor

View this post on Instagram

Yeaay.. dapat kesempatan dari @HomeTesterClubID untuk mencoba produk barunya SGM AKTIF berupa susu cair siap minum yang praktis banget dibawa beraktivitas di luar rumah, kemasannya imut jadi muat dimasukkan ke dalam tas adek yang juga imut 😄 Tapi meski kemasannya cuma seukuran 110 ml, susu cair SGM Aktif ini mengadaptasi kebaikan susu bubuk SGM eksplor yang dilengkapi formula COMPLINUTRI, mengandung Omega 3 dan 6 juga nutrisi penting lainnya, jadi kebutuhan nutrisi anak tetap terjaga di manapun dan kapanpun. Ada dua varian rasa, coklat dan strawberry yang sama enaknya, tapi kemarin anak-anak bilang kurang, belum puas minum sudah habis 😆😆 Semoga @AkuAnakSGM segera memproduksi susu cair ini dalam kemasan yang lebih besar, misalnya 250 ml, yaa.. Terima kasih #HomeTesterClubID #HTCIDxSGM 😊😊

A post shared by Yoanna Fayza (@yoannafayza) on

 

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *