Liburan ke Jogja Bersama Anak? Ini 5 Tempat Wisata Edukatif di Jogja yang Bisa Kita Datangi

Sering kali teman dari luar kota bertanya kalau ke Jogja bawa anak enaknya main ke mana? Terus terang saya bingung kalau dapat pertanyaan begitu. Karena minat anak kan nggak selalu sama, ada anak yang nggak suka pepanas dan cuma nyaman tawaf keliling Mall, ada anak yang suka sekali main air tapi nggak suka dengan hewan karena takut.

Jadi sebelum menyarankan tempat wisata anak di Jogja, saya selalu tanya dulu usia dan minat anak teman saya. Karena syarat utama memilih dan menentukan tempat wisata anak haruslah yang sesuai dengan usia, minat dan tahap tumbuh kembang anak.

Saran saya, pilih tempat liburan anak yang pengalamannya nggak kita dapatkan di kota asal kita. Misal, sehari-hari kita berkutat dengan kemacetan dan kehidupan kota yang penuh polusi, ajak anak berlibur sambil mengenal keindahan alam dan mendatangi agrowisata atau wisata alam ramah anak lainnya.

Di Jogja banyak kok tempat wisata alam ramah anak yang asyik buat berlibur seluruh anggota keluarga. Yang akan saya sebutkan di bawah ini tempatnya nggak terlalu jauh dari pusat kota, jadi anak nggak akan kelelahan di perjalanan.

Agrowisata Bhumi Merapi

Dari namanya sudah terbayang kalau tempat wisata ini bertema peternakan, pertanian, ramah alam, dan terletak nggak jauh dari Merapi. Lokasinya memang di lereng Merapi, tepatnya di dusun Sawungan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, atau di Jalan Kaliurang KM 20, nggak susah sama sekali kok menemukan tempat ini, asal sudah sampai di Jalan Kaliurang, urut saja terus sampai di KM.20, nanti ada plang penunjuk jalan ke arah gerbang masuk Bhumi Merapi di belakang balai desa Hargobinangun.

Pemandangan saat memasuki gerbang sangat menarik, hijau segar berlatar Gunung Merapi, ada barisan kuda poni di depan pintu masuk menunggu pengunjung yang ingin menyewa mereka.

Bhumi Merapi bukan hanya menyediakan tempat wisata, tapi juga tempat outbond lengkap dengan perkemahannya. Disediakan pula pelatihan ternak kelinci, kambing, dan hidroponik. Peserta akan dibimbing sampai bisa dan Bhumi Merapi bersedia menerima hasil dari pelatihan budidaya itu.

Mini Zoo Jogja Exotarium

Jogja Exotarium berada di Kabupaten Sleman, tepatnya di Jl. Magelang Km. 8 Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati. Tempat wisata ini memiliki konsep kebun binatang mini seperti Bhumi Merapi dan spesies flora yang jumlahnya terus bertambah.

Manfaat berkuda

Anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan kura kura, kelinci, burung, ikan, kuda, hewan-hewan nocturnal, dan hewan melata semacam ular phyton, koleksi binatang yang ada di minizoo ini lumayan banyak.

Untuk pengunjung yang ingin memberi makanan ke binatang (kecuali ular dan musang) bisa membeli kangkung atau kacang panjang di area yang sudah disediakan, harganya sekitar Rp 2.000

Kawasan wisata Jogja Exotarium ini berada dalam area lahan yang luas dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti area outbond, tubing, dan gazebo untuk bersantai yang ditempatkan di pinggir sungai dan tempat strategis lainnya. Ada juga kolam  tangkap ikan yang memiliki kedalaman 30cm, berisi ikan-ikan kecil yang boleh ditangkap anak-anak dan dibawa pulang.

Kampung Flory Jogja

Kampung Flory adalah desa agrowisata yang  terletak di dusun jugang, desa pangukan, kecamatan Tridadi, Sleman. Lokasinya nggak terlalu jauh dari Jogja Exotarium.

Pasar Ndelik Kampung Flory Sleman

Desa wisata ini mengandalkan sektor perikanan, pertanian dan perkebunan sebagai daya tariknya. Di sini kita akan menjumpai rumah makan dengan berbagai menu masakan nusantara, sungai alami, kolam terapi ikan, embung dengan wisata sepeda bebek, berbagai macam tanaman hias dan buah.

Pasar Ndelik Kampung Flory Sleman

Anak-anak bisa bebas bermain di Pasar Ndelik dan Embung Mesem yang terletak di bagian belakang Kampung Flory. Selain menyuguhkan kuliner khas jawa, Pasar Ndelik juga mneyediakan permainan tradisional seperti Egrang.

Pasar Ndelik Kampung Flory Sleman

The World Landmarks – Merapi Park 

Sambil berharap bisa mengajak anak keliling dunia menjumpai aneka landmarks seperti La Tour Eiffel, Leaning Tower Of Pisa, Statue of Liberty, London Bigben, atau Windmill di Amsterdam, kita bisa terlebih dulu mengajak anak melihat miniatur bangunan tersebut di The World Landmarks Merapi Park.

Terletak di Jalan Kaliurang Km 25, Kelurahan Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.  Lokasi persisnya sebelum Museum Gunung Merapi, di kawasan Kaliurang yang sejuk. The World Landmarks Merapi Park menyuguhkan wisata berupa taman asri berisi aneka miniatur landmark dunia.

Biarpun cuma miniatur landmark, pengelola tetap mengusahakan The World Landmarks Merapi Park  dibuat semirip mungkin dengan suasana negara asalnya. Misalnya dengan menaruh kuris duduk berdesain romantis di sekitar Menara Eiffel, dan menanami bunga tulip rimbun di bawah kincir angin Belanda.

Selain miniatur landmark sebagai daya tarik utama. Merapi Park juga dilengkapi beberapa gazebo sebagai tempat beristirahat, toilet, juga café yang menyediakan aneka makanan dan minuman.

Taman Pintar Yogyakarta

Nah, kalau yang satu ini sih sudah terkenal banget yaa, hampir semua wisatawan yang punya anak kecil pasti pernah masuk ke Taman Pintar.

Biasanya ke mana saja saat di Taman Pintar? Selain Museum Sains dan Planetarium, Taman Pintar juga punya zona seni dan kreativitas di sebelah barat lho. Tempatnya teduh dan sejuk, cocok sebagai tempat beristirahat sambil menemani anak yang belum puas bermain. Di sini anak-anak bisa belajar membatik, melukis kaos, dan membuat gerabah.

Agar anak-anak bisa benar-benar menikmati liburannya,sebaiknya kita menghemat tenaga saat di perjalanan pergi ke dan pulang dari Jogja. Pilihan paling praktis adalah naik pesawat. Sekarang kan sudah banyak tersedia tiket pesawat ke Jogja di situs booking online.
Salah satu situs booking online yang bisa jadi pilihan berburu promo tiket pesawat adalah Pegipegi. Kalau sedang beruntung, kita bisa dapat tiket pesawat murah dari maskapai langganan.
 Jika teman-teman belum pernah menggunakan Pegipegi, silahkan unduh aplikasinya di Playstore atau Appstore, kemudian daftar dengan klik tombol register dan masukkan alamat surel aktif, nama sesuai KTP dan kata sandi. Setelah itu tunggu konfirmasi pendaftarannya masuk ke alamat surel kita.

6B39B272-864E-4076-A677-03DCEE37267E

Kalau sudah berhasil mengaktifkan akun, kita bisa memilih layanan yang dibutuhkan. Misalnya saja kita butuh tiket pesawat ke Jogja, maka kita pilih logo pesawat, masukkan kota asal dan kota tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang, lalu klik tombol Cari Tiket, nanti akan muncul daftar maskapai yang tersedia berikut harganya. Tinggal pilih saja yang sesuai budget dan jadwal kita.
Kalau kita sudah mantap dengan pilihan maskapainya,  pilih dengan mengklik nama maskapainya. Isi formulir untuk melengkapi data pemesanan, konfirmasi pemesanan, dan terakhir pembayaran. Mudah banget yaa..

03E5F7EB-90A7-4D64-944A-362176B94F58

Jadi kapan mau ke Jogja? Kabari saya yaa, siapa tau kita bisa playdate 🙂

(Visited 222 times, 1 visits today)

29 thoughts on “Liburan ke Jogja Bersama Anak? Ini 5 Tempat Wisata Edukatif di Jogja yang Bisa Kita Datangi”

  1. Wah Mbak Yoan.. aku jadi kangen pengen ke Jogja lagi ngajakin anak-anak eksplor banyak tempat nih. Seru banget sepertinya. Sayang kemarin pas ke Jogja, Taman Pintarnya sudah tutup, huhuhu. Coba buka sampai malam ya.

  2. Jogja selalu menyenangkan untuk dikunjungi ya mbak. Banyak tempat wisata yang mengedukasi sekaligus menjadi tujuan rekreasi keluarga yang memuaskan. TFS mbak.

  3. wow, ternyata yogya punya banyak tempat wisata edukatif. aku tertarik dengan taman pintar, mbak… selain anaknya, kita juga bisa ikut membatik? hehe, selalu penasaran dengan canting

  4. Tempat wisata yang juga dikhususkan untuk anak sangat menggoda setiap keluarga yang ingin berwisata ke sana sambil bawa anak. Saya juga pengen, he he.
    Referensi yang Mbak paparkan detail gini dan bikin saya tertarik untuk ajak anak dan suami ke sana suatu saat kelak, meski tak tahu kapan, namun aminkan saja semoga terkabul.
    Saya tertarik dengan knsep bumi perkemahan, soalnya itu pas banget bagi keluarga yang melancong dengan cara backpacker, tak perlu ribet cari hotel, di satu tempat sudah ada tempat untuk menginap. Cuma harus perhatikan cuaca karena kalau musim huan tak asyik berkemah gitu.
    Miniatur bangunan dunia justru mengenalkan anak pada kehidupan di belahan dunia lain, membuat mereka tertarik mempelajari geografi dan budayanya.

  5. Kedua anakku suka adventure tapi salah satu agak takut sama hewan-hewan, bener mbak harus dilihat dulu minat anak ada di mana sebelum menentukan tempat wisata. Maunya kan semua happy saat wisata keluarga ya. Aku pingin ajak anak-anak ke Taman Pintar ah nanti kalau ke Jogja, waktu itu aku ragu-ragu takut anak2 kurag nyaman ternyat amereka nemuin sendiri di Internet infonya.

  6. Mini zoo nya lucu ya, pernah baca di blog temen juga mengenai itu.
    Kayaknya wajib banget dikunjungi kalau ke Jogja.
    JAdi auto intip pegipegi deh saya buat liat tiket pesawat ke Jogja.
    Mau banget dong liburan ke Jogja lagi hehehe

  7. Belum pernah injak Jogja. Tapi dari dulu pengen banget bisa berkunjung ke sana. Ditambah lagi postingan mbak ini. Duh mupeng saya, berasa pengen bawa anak juga liburan ke wisata edukasi yang mbak sebutkan di atas.

  8. Wah udah sering ke Jogja, tapi baru Taman Pintar aja yang aku tahu. Tapi yang bikin aku tertarik pengen segera dolan itu Kampung Flory Jogja. Nggak hanya bisa menikmati kuliner lokal, tapi juga bisa mainan tradisional

  9. pas banget nih, pengen ajak anak liburan ke jogja tapi pengen dateng ke tempat wisata yang cocok sama anak2 ^^ di antara list di atas, baru nyobain taman pintar aja, yang lain belum pernah xD makasih ya referensinya ~~

  10. 2Tahun lalu kejogja maksudhati mau ke The World Landmarks – Merapi Park eh lamah sampai ke benteng katil itu lho. hahaha. next harus nginer tiket murah lg biar bisa sampai ke merapi park yg bener

  11. Waah banyak banget ya temlat wisata edukatif untuk anak di Jogja, jadi kalau ke sana sama anak-anak udah punya bayangan tempat-tempat yang mau dituju, pengen banget deh ke Taman Pintar Yogyakarta, pas ke Jogja belum sempat ke sana

  12. Dari semua tempat wisata yang disebutkan tadi, kok baru pernah ke Taman Pintar aja ya hehehe… Padahal destinasi wisata lainnya juga tak kalah menarik nih.
    Ntar di kesempatan berikutnya piknik ke Jogja mau banget lah ajak anakku ke tempat-tempat tadi.

  13. Pernah ke Jogya bawa anakku saat usianya dua tahun.. dan sekarang sudah ada anak dua.. ingin rasanya mengajak mereka mengunjungi jogjakarta juga.. tempat-tempat wisata edukatif di jogya sekarang semakin banyak ya.. aku tahunya baru taman pintar aja.. duk kudet banget saya hihi thanks for sharing mba

  14. Aku penasaran sama exotarium jadinya nih mba. Kebetilan anakku suka banget sama kebun binatang gitu. Palingan yang deket di semarang aja kalo aku. Tpai ini lagi ngerengek minta jalan jalan ke jogja katanya biar kaya temennya

  15. lokasinya dekat-dekat Merapi semua ya Mbak.. tapi itu aman kan ya? semacam takut jika tiba-tiba Merapi batuk, hihihih
    noted dulu aaah, semoga suatu hari ada rejeki dan umur panjang ke Jogja bareng anak-anak, makasiih yaaa Mbak 🙂
    kalau saya sendiri dulu pernah mampir Taman Pintar tapi itu juga cuma bentaran doang, cari buku bareng teman 😀

  16. aku yang udah gede aja suka ke taman pintar mba ahaha apalagi kalo mau cari buku yang di area situ 🙂 btw makasi ulasannya mba, kebetulan aku juga mau ke jogja lagii beberapa bulan ke depan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *