Jaga Sistem Kekebalan Tubuh Anak Dengan 6 Langkah Ini

Susahnya menghadapi cuaca akhir-akhir ini, pas lagi asik-asik naik motor di tengah perjalanan diguyur hujan gueedee banget sampai basah kuyup. Eh, begitu sudah dekat dengan rumah malah panas luar biasa, bikin malu aja.. jangan-jangan tetangga yang lihat mikir kalau saya baru kecemplung dimana gitu..hehee…

Selain hujan dan panas yang bikin galau, anak-anak jadi mudah terserang batuk dan pilek yang kemudian merambat kemana-mana, biasanya diikuti demam juga, dan biasanya si virus pingpong aja di lingkungan rumah, habis si kakak sembuh pileknya, gantian adek batuk, dua anak sembuh giliran emak bapaknya yang ambruk, gitu aja terus sampai negara api kehujanan.

Apalagi akivitas anak-anak belakangan ini lumayan padat, selain sekolah sampai siang dan mengaji di sore hari, masih ditambah dengan berenang dan melukis di sanggar. Sepertinya anak-anak kelelahan hingga sistem imun tubuhnya merosot 🙁

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh adalah kemampuan tubuh membentuk perlindungan dari serangan virus, bakteri, dan parasit merugikan lainnya yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh. Tubuh bisa mudah terjangkit infeksi atau penyakit saat kekebalan tubuhnya menurun. Padahal sistem imun yang sempurna pada anak-anak sangat dibutuhkan untuk mendukung  5 potensi prestasi anak agar mereka tumbuh optimal.

Sistem imun sendiri bisa menurun karena beberapa faktor seperti: perubahan cuaca, asupan gizi tidak seimbang, kurang istirahat, dan kelelahan. Namun ada juga yang disebabkan kelainan genetika atau sedang terserang penyakit parah seperti HIV, TBC, Pneumonia, dan sebagainya.

Pada anak-anak, sistem imun mereka belumlah sesempurna orang dewasa, makanya nggak heran kalau balita dan anak-anak lebih sering mengalami demam, batuk, pilek, atau penyakit-penyakit langganan lainnya yang membuat kita, ibunya, ikut panas dingin 😀

Meski begitu, masih ada orang yang bilang “aah anak-anak sakit sih biasa, nanti makin besar juga makin kuat.”
Eh, jangan pernah anggap remeh sakit pada anak-anak lho, seringan apapun. Karena saat mereka merasa nggak enak badan biasanya akan malas makan juga, asupan gizi berkurang deh, belum lagi tubuhnya yang lemas membuat anak-anak malas beraktifitas dan bermain, padahal bermain adalah cara mereka mempelajari hal baru, hilang lah kesempatan si kecil belajar hari ini 🙂

Tapi bukan berarti kita harus selalu memproteksi mereka, nggak boleh main di luar, nggak boleh ketemu sembarang orang, jangan begini, jangan begitu. Ada kok cara menjaga kesehatan tubuh sekaligus meningkatkan sistem imun si kecil dengan mudah. Misalnya saja seperti yang biasa saya terapkan ke anak-anak saya ini:

1. Masukkan Sayur dan Buah Dalam Menu Harian

Sudah banyak sekali penelitian dan artikel yang menyebutkan bahwa buah dan sayuran bukan cuma kaya nutrisi dan serat, tapi juga memiliki kandungan zat antioksidan dan fitonutrient yang terbukti mampu mengoptimalkan kekebalan tubuh si kecil. Karena itu usahakan memasukkan porsi besar buah dan sayur pada menu harian anak-anak sejak awal MPASI.

Baca juga Ayo Melek Gizi Bersama Sari Husada di Karnaval Gizi

2. Kurangi Asupan Gula

Asupan gula melebihi batas angka normal dapat menurunkan kekebalan tubuh lho, paling nggak selama beberapa jam setelah gula selesai dicerna. Penelitian terbaru mengungkap bahwa segala jenis gula bisa menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh hingga 75 persen dalam empat atau enam jam. Jadi mulai sekarang latih si kecil mengurangi makanan dengan kadar gula tinggi seperti permen, coklat, biskuit, es teh, dan soft drink.

3. Rutin Berolah Tubuh

Bukan hanya orang dewasa yang butuh olahraga, anak-anak juga sangat perlu berolahraga supaya tetap sehat. Karena gerakan-gerakan saat berolahraga akan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan memicu hormon oksitoksin yang mampu meningkatkan sistem imun.

Lakukan olahraga ringan di luar rumah seperti naik sepeda keliling kompleks atau bermain bola di depan rumah. Cuaca sedang nggak bersahabat dan selalu hujan? Putar saja lagu gembira di rumah dan ajak anak-anak menari bersama kita, selain badan sehat, bonding dengan anak juga akan semakin kuat.

Baca juga Manfaat Berkuda Untuk Menstimulasi 5 Potensi Prestasi Anak

4. Cukup Istirahat dan Tidur

Selain berolahraga, perhatikan juga kualitas dan kuantitas tidur si kecil, karena kurang istirahat bisa dengan cepat menurunkan kekebalan tubuh. Porsi tidur yang baik untuk anak berusia 3-12 tahun adalah 10 jam perhari.

5. Ajari Untuk Selalu Menjaga Kebersihan

Biasakan anak mandi 2 kali sehari, ajari mereka cara yang benar menyabuni tubuh, keramas, dan menyikat gigi. Ajari juga cara tepat mencuci tangan dengan sabun sesudah bermain, beraktivitas di luar rumah, sebelum dan sesudah makan.

6. Beri Makanan dan Minuman yang Bisa Meningkatkan Imunitas

Selain buah dan sayur yang sudah saya sebutkan di atas, masukkan juga beberapa makanan ini dalam menu harian anak agar daya tahan tubuhnya selalu terjaga.

  • Telur dan Ikan, mengandung protein serta zinc yang mampu membantu perkembangan tubuh, memperkuat imunitas dan menambah kecerdasan.
  • Madu, sumber protein penting yang dapat meningkatkan imunitas dan menjaga ketahanan tubuh.
  • Probiotik, mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang secara natural ada di dalam usus bertugas membantu menyeimbangkan flora di usus, menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem imun. Makanan yang merupakan sumber probiotik yang baik antara lain adalah produk suusu fermentasi seperti yogurt, kefir, kimchi, miso, tempe, susu kedelai.

Selain makanan yang saya sebutkan di atas, smua zat nutrisi penting itu juga bisa kita temukan pada susu #SGMEksplor yang mengandung Asam Linoleat Omega 6, Protein, Vitamin B1, B2, B3, B6, D3, A, dan C, juga kalsium, zat besi, dan zinc yang mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Yuk Bunda, dukung anak-anak kita menjadi #GenerasiMaju dengan menjaga daya tahan tubuhnya tetap kuatdan tumbuh optimal.

#MombassadorSGMEksplor

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *