Tips Memilih Sepatu Wedges Sesuai Bentuk Tubuh

tips memilih sepatu wedges
pic source: Blibli.com

Siapa sih yang nggak suka tampil menarik dengan alas kaki favoritnya? Apalagi bagi perempuan, alas kaki adalah faktor penting penunjang penampilan setelah pakaian. Sampai ada yang merasa perlu mencocokkan warna dan model sepatu dengan pakaian yang digunakan hari itu.

Banyaknya pilihan warna dan model sepatu perempuan jaman sekarang membuat kita bebas memilih, tapi meski bebas bukan berarti kita bisa seenaknya membeli tanpa memperhatikan kecocokan sepatu itu dengan postur tubuh kita. Dari sekian model dan bentuk alas kaki, yang paling disukai kaum perempuan adalah  alas kaki berhak tinggi karena bisa bikin kita terlihat lebih anggun. Nah, di sini ini pentingnya memilih model alas kaki yang sesuai bentuk tubuh. Selain berpengaruh pada keseimbangan tubuh, memilih bentuk sepatu yang tepat juga menunjang kenyamanan kita beraktivitas. 

Semasa kuliah, saya jago sekali berlari mengejar bus di Terminal Kampung Melayu sambil memakai high heels. Naik turun gerbong KRL pun bisa saya lakukan tanpa masalah dengan hak setinggi 7 cm. Tapi sekarang, saya malah sudah lupa kapan terakhir kali memakai alas kaki berhak. Pokoknya sejak menikah kemudian hamil, I live my life in flat shoes, LOL.

Kadang saya pingin lho bisa pakai alas kaki berhak tinggi lagi, apalagi sekarang anak-anak sudah besar, nggak perlu digendong lagi, nggak perlu dikejar-kejar lagi. Tapi sayangnya saya sudah lupa caranya menyerahkan keseimbangan tubuh hanya kepada dua buah hak lancip setinggi 5 cm. Pernah nyoba sekali dan langsung terkilir, lalu kapok 🙁

Untungnya bukan saya saja yang mengalami masalah begini, ada banyak teman-teman yang senasib dengan saya dan membuat produsen sepatu lebih kreatif menciptakan sepatu wedges dengan aneka desain dan detail.

Meski berhak tinggi, wedges lebih ramah di kaki kita karena solnya tebal dan menyatu dengan hak, membuat tumpuan tubuh merata pada telapak kaki.  Nggak heran kalau sekarang makin banyak yang lebih suka memakai sepatu wedges daripada high heels, termasuk saya.

Tapi ternyata nggak semua sepatu wedges cocok untuk saya, ada hal-hal lain yang harus saya perhatikan juga sebelum memutuskan membeli sepatu wedges terbaru, misalnya warna, bahan, dan desain sepatu. Lebih jelasnya saya lanjutkan di bawah ya 🙂

cara memilih sepatu wedges
pic source: Blibli.com

Tips Memilih Sepatu Wedges

  1. Pilih bahan berkualitas baik.

Katanya, bahan terbaik untuk sepatu wedges adalah bahan kulit atau  suede. Tapi, saat musim hujan seperti ini, memakai sepatu berbahan kulit atau suede bukan pilihan bagus yaa. Kita bisa pilih bahan sintetis  dengan kualitas baik, pastikan bahannya dan lentur dan lembut sehingga nggak membuat kaki lecet.

2. Pilih warna sepatu yang sesuai tone kulit dan pakaian.

Warna juga jadi pertimbangan yang nggak kalah penting saat memilih sepatu wedges.  Kalau butuh sepatu yang bisa difungsikan untuk banyak acara, lebih baik pilih warna-warna konservatif seperti hitam dan coklat. Kedua warna itu akan cocok disandingkan dengan aneka warna baju.

3. Pilih model dan desain yang sesuai bentuk tubuh.

Meski sepatu wedges berfungsi agar kita tampil lebih anggun dan seksi, ternyata kita nggak bisa sembarangan memilih desainnya. Misalnya untuk pemilik kaki tinggi dan kurus, sebaiknya memilih sepatu wedges bertali dengan tinggi hak sedang supaya terlihat lebih seksi. Sementara pemiliki kaki berisi sebaiknya menggunakan sepatu wedges yang memiliki tinggi tumit sekitar 5-7 cm. Perhatikan juga berat si sepatu, baiknya sih pilih sepatu wedges yang ringan agar saat melangkah kita nggak terlihat keberatan seperti sedang memakai ulekan di kaki, LOL.

4. Periksa detail sepatu sebelum melakukan pembayaran

Jangan karena kita sudah terlanjur jatuh hati pada bentuk dan warnanya lalu kita lupa memperhatikan kualitas bahan dan jahitan sepatu. Apalagi kalau beli secara online. jangan langsung percaya pada ukuran yang dicantumkan pada deskripssi, minta penjual menyebutkan ukuran insol sepatu juga.

Selalu baca kolom komentar dan testimonial dari pembeli-pembeli sebelumnya, jika banyak komentar yang berisi ketidak puasan, cek lagi alasannya, apakah karena pengiriman yang lama atau karena kualitas sepatu tidak sama dengan foto dan deskripsi. Kalau asalannya karena kualitas yang buruk, lebih baik langsung tinggalkan saja dan cek toko sebelah :))

Itu sebabnya penting sekali memilih toko online atau e-commerce berkualitas yang sudah terbukti bisa dipercaya. Selamat berbelanja ya 🙂

 

(Visited 5 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *