4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memberi Makan Kucing Kesayangan

Source: Pixabay.com

Memelihara hewan memang memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan tersebut dapat dirasakan bagi Kamu yang memang pecinta hewan dan juga merasa butuh teman bermain dirumah. Saat ini banyak sekali binatang yang bisa dipelihara ada, namun yang masih menjadi favorit adalah anjing dan juga kucing. Keduanya sangat diminati karena tampilannya yang lucu dan juga menggemaskan. Kebanyakan perempuam lebih memilih memelihara kucing karena imut dan nggak butuh perawatan yang terlalu mahal, karena bulunya relatif pendek. Semakin kucing tersebut sehat dan aktif, maka akan semakin menggemaskan. Hal ini bisa dilihat dari aneka merk makanan kucing yang di konsumsinya setiap hari. Namun, saat memberikan makan, janganlah sembarangan,  ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan saat memilih makanan untuk si pus:

1. Tempat Makanan
Saar memelihara kucing, pastikan kita menyiapkan tempat makan untuknya agar lebih rapi dan juga teratur. Pilihlah tempat makan yang terbuat dari keramik atau stainless yang lebih mudah saat dibersihkan. Pilihlah juga tempat yang dengan kedalaman yang pas. Persiapkanlah jumlah mangkuk yang sesuai dengan jumlah kucing yang kita miliki untuk menghindari adanya rebutan makanan. Setelah digunakan, cucilah tempat tersebut dengan bersih dan meletakkannya kembali dengan berdekatan dengan tempat minumnya agar lebih memudahkan kucing untuk makan dan minum.

 

2. Jenis Makanan

Jenis makanan kucing juga harus diperhatikan. Pilihlah yang sesuai dengan usia kucing dan juga kondisinya. Selain itu, pilihlah makanan yang memiliki kandungan daging yang tinggi, mengingat kucing sangat menyukai daging. Berikanlah makanan yang bervariasi, kering dan juga basah agar kebutuhannya terpenuhi. Kita juga dapat memberikannya cemilan diluar jam makannya, namun dalam jumlah yang masih wajar dan tidak berlebihan karena hal ini bisa mengganggu nafsu makannya. Selain itu, jangan berikan makanan manusia karena hal ini tidak sehat dan juga tidak baik. Untuk makanan yang bergizi, Anda bisa membelinya melalui toko online atau melakukan belanja online di internet.

 

3. Waktu Makan
Waktu makan kucing Anda juga harus diperhatikan dan diusahakan untuk memberinya secara rutin dan dalam waktu yang sama. Berikanlah makan sehari empat kali untuk kucing yang sudah berusia diatas 4 minggu. Untuk kucing yang sudah dewasa, berikanlah makanan dua atau tiga kali sehari. Sesuaikan juga waktu makan dengan waktu tidurnya karena kucing biasanya tidur berkali-kali setiap harinya. Saat kucing tidur, kitabisa menyiapkan makanannya, jadi saat bangun, mereka bisa dimakan dengan langsung.

 

4. Porsi Makan
Porsi makan untuk seekor kucing juga harus diperhatikan. Untuk kucing yang sudah dewasa, sangat dianjurkan untuk memberinya sebanyak 240 kalori setiap harinya. Untuk mengetahui takaran yang pas, kita bisa mengeceknya pada kemasan makanan tersebut atau dengan memperhatikan berat badan kucing fan juga kebiasaan memakannya. Jika porsi yang diberikan tidak habis, kita bisa menguranginya, jika habis dan kucing kelihatan kenyang, maka porsi tersebut sudah tepat. Saat kucing sudah mengerti porsi makannya sendiri, berikanlah makanan sebanyak-banyaknya di mangkuk, dan mereka pun akan memakannya kapan saja sesuai dengan porsi yang bisa mereka makan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita hendak memberikan makanan pada kucing peliharaan yang menggemaskan dan menawan tersebut. Dengan memberikan makanan yang tepat, bergizi, juga tempat makanan yang membuat peliharaan itu nyaman, maka kucing pun akan akan tubuh dengan sehat dan juga pintar.

(Visited 73 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *