Lakukan 4 Langkah Mudah Ini Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh Anak

Minggu kemarin sulung kami mulai mengikuti tes kesiapan masuk Sekolah Dasar, santai saja karena cuma tes tentang kemandirian dan calistung sederhana, yang membuat saya sempat panik justru karena tiga hari sebelum ujian sekolah itu si kakak malah demam tinggi mencapai 39,5 derajat disusul batuk dan pilek yang cukup berat.

Memang sih beberapa hari belakangan ini aktivitasnya lumayan padat, selain sekolah dan berenang masih ditambah beberapa kali latihan menyanyi untuk pentas bersama komunitas Omah Parenting di event Jogja Fashion Week. Sepertinya kakak kelelahan dan berakibat merosotnya sistem imun di tubuhnya.
Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh adalah kemampuan tubuh membentuk perlindungan dari serangan virus, bakteri, dan parasit merugikan lainnya yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh. Tubuh bisa mudah terjangkit infeksi atau penyakit saat kekebalan tubuhnya menurun. Sistem imun sendiri bisa menurun karena beberapa faktor seperti: perubahan cuaca, asupan gizi tidak seimbang, kurang istirahat, dan kelelahan. Namun ada juga yang disebabkan kelainan genetika atau sedang terserang penyakit parah seperti HIV, TBC, Pneumonia, dan sebagainya.
Pada anak-anak, sistem imun mereka belumlah sesempurna orang dewasa, makanya nggak heran kalau balita kita lebih sering deman, batuk, pilek, atau penyakit-penyakit langganan lainnya yang membuat kita ibunya ikut panas dingin πŸ˜€
Nggak sedikit orang yang bilang “aah anak-anak sakit sih biasa, nanti makin besar juga makin kuat.”
Eh, jangan pernah anggap remeh sakit seringan apapun pada anak-anak lho, karena saat mereka merasa nggak enak badan biasanya akan malas makan juga, asupan gizi berkurang deh, belum lagi tubuhnya yang lemas membuat anak-anak malas beraktifitas dan bermain, padahal bermain adalah cara mereka mempelajari hal baru, hilang lah kesempatan si kecil belajar hari ini πŸ™‚
Walau begitu bukan berarti lantas kita harus selalu memproteksi mereka, nggak boleh main di luar, nggak boleh ketemu sembarang orang, jangan begini, jangan begitu πŸ˜€
Ada kok cara menjaga kesehatan tubuh sekaligus meningkatkan sistem imun si kecil dengan cara mudah. Misalnya saja seperti yang biasa saya terapkan ke anak-anak saya ini:

1. Sayur dan Buah Setiap Hari

Sudah banyak sekali penelitian dan artikel yang menyebutkan bahwa buah dan sayuran bukan cuma kaya nutrisi dan serat, tapi juga memiliki kandungan zat antioksidan dan fitonutrient yang terbukti mampu mengoptimalkan kekebalan tubuh si kecil. Karena itu usahakan memasukkan porsi besar buah dan sayur pada menu harian anak-anak sejak awal MPASI.

2. Kurangi Asupan Gula

Asupan gula melebihi batas angka normal dapat menurunkan kekebalan tubuh lho moms, paling nggak selama beberapa jam setelah gula selesai dicerna. Jadi mulai sekarang latih si kecil mengurangi makanan dengan kadar gula tinggi seperti permen, coklat, biskuit, es teh, dan soft drink. Saat memilih produk susu untuk mereka juga jangan lupa cek prosentase kadar gulanya yaa πŸ™‚

3. Cukup Gerak dan Cukup Istirahat

Bukan hanya orang dewasa yang butuh olahraga, anak-anak juga perlu rutin berolahraga supaya dia tetap sehat. Karena gerakan-gerakan saat berolahraga akan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan memicu hormon oksitoksin yang mampu meningkatkan sistem imun.
Lakukan olahraga ringan di luar rumah seperti naik sepeda keliling kompleks atau bermain bola di depan rumah. Cuaca sedang nggak bersahabat dan selalu hujan? Putar saja lagu gembira di rumah dan ajak anak-anak menari bersama kita, selain badan sehat, bonding dengan anak juga akan semakin kuat.

Selain berolahraga, perhatikan juga kualitas dan kuantitas tidur si kecil, karena kurang istirahat bisa dengan cepat menurunkan kekebalan tubuh. Porsi tidur yang baik untuk anak berusia 3-12 tahun adalah 10 jam perhari.

4. Konsumsi Suplemen Tinggi Antioksidan

Sudah Melakukan ketiga hal diatas tapi anak kita tetap mudah terserang sakit? Berarti sudah waktunya memberi mereka suplemen alami yang mampu membantu tubuh membangun sistem imun.
Kembali ke si sulung yang sempat demam kemarin, saya sempat tergoda memberi dia sirup obat batuk dan pilek, karena kami berpikir dia harus cepat sembuh agar bisa mengikuti ujian masuk SD. Untung sebelum saya jadi membeli sirup obat batuk tante saya menyarankan Stimuno Sirup yang katanya bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Langsung deh meluncur bertanya ke om google apa itu Stimuno dan menemukan penjelasan lengkapnya di link ini http://www.serbaherba.com/daya-tahan

Stimuno Syrup memiliki dua varian rasa: tutty fruity dan anggur yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak diatas umur 1 tahun hingga orang dewasa. Cocok nih buat sekeluarga, jadi nggak boros beli macam-macam suplemen πŸ˜€

Stimuno Syrup ini tersedia dalam kemasan 60 ml dan 100 ml dengan dosis pemakaian 1 sendok takar (5 ml), 1-3 kali sehari tergantung usia.

Setiap 1 sendok takar (5 ml) sirup STIMUNO mengandung 25 mg ekstrak Phyllanthus niruri yang telah teruji klinis dan aman digunakan secara rutin dalam jangka panjang jika dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan.
Phyllanthus niruri atau bahasa awamnya adalah Meniran. Tumbuhan yang akar dan daunnya kaya akan senyawa flavonoid, antara lain phyllanthin, hypophyllanthin, qeurcetrin, isoquercetin, astragalin, dan rutin. Minyak bijinya mengandung beberapa asam lemak seperti asam ricinoleat, asam linoleat, dan asam linolenat.

Ekstrak daun Meniran mempunyai efek antibakteri paling tinggi terhadap bakteri Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Escherichia colli, dan Pseudomonas aeruginosa. Meniran juga dikenal bersifat immunomodulator sehingga bisa digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai bakteri, virus, dan mikroba penyebab penyakit.

Nah, karena kandungan aktifnya adalah bahan alami jadi saya nggak ragu-ragu menyuruh keluarga saya minum Stimuno setiap hari demi resolusi tetap #Sehat365Hari

 

Ada yang sudah rutin mengkonsumsi Stimuno juga seperti keluarga kami? Yuk berbagi pengalaman di sini.
Semoga kita dan keluarga selalu diberkahi kesehatan ya Moms πŸ™‚

(Visited 86 times, 1 visits today)

4 thoughts on “Lakukan 4 Langkah Mudah Ini Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh Anak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *