Butuh Layanan Transportasi Online? Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Lebih Baik Pilih UBER.

Sudah baca tulisan saya tentang Solusi Liburan Di Jogja Bebas Macet dan Tetap Irit?, Loh belum? dibaca dulu kalau gitu yaa 😀

Disitu saya menceritakan pengalaman saya menggunakan UBERMotor, sebuah transportasi yang bisa dipesan secara online menggunakan aplikasi di smartphone dan menyebabkan saya ketagihan ngUBER menjelajah Jogja. Tapi walau ketagihan, ada beberapa hal yang masih membuat saya penasaran terutama soal keamanannya.

Beruntung kegalauan saya itu cepat terjawab setelah pihak UBER mengadakan gathering untuk blogger dan instagramer di Agenda Resto Jogja – Greenhost Hotel Jogja, pada hari Kamis, 26 Januari 2017.


SEJARAH UBER

Di sini saya baru tahu kalau penyedia jasa layanan transportasi online ini berasal dari San Fransisco, Amerika. Dicetuskan oleh Travis Kalanick dan Garrett Camp yang awalnya kesulitan mencari transprotasi saat berada di Paris, mereka memimpikan sebuah transportasi yang bisa langsung dipanggil dengan smartphone. Dari situ mereka membuat UBERCab, sebuah aplikasi transportasi online yang masih sangat sederhana.

Selanjutnya, melalui twitter Travis dan Garrett merekrut developer dan driver “Travis: looking 4 entrepreneurial product a location based service.. pre-lauch, BIG equity, big peeps”. Diluar sangkaan, banyak pemilik mobil yang tertarik ingin bergabung menjadi driver UBER karena ingin mendapat pemasukan tambahan.

Setelah San Fransisco, UBER meluaskan jaringan ke New York, London, Sidney, dan Bangkok. Hingga tahun 2013 sudah 6.977.450 orang di seluruh dunia yang bergabung menjadi driver UBER.

Di Indonesia sendiri UBER mulai beroperasi sejak tahun 2014. Diawali dari Jakarta, lalu merambah ke Bali, Bandung, Surabaya, dan Malang, tahun 2016 kemarin UBER resmi beroperasi di Yogyakarta. Jika di kota-kota lain UBER juga menawarkan jasa Mobil, maka di Yogya UBER lebih mendahulukan jasa pengantaran dengan motor atau UBERmotor, konon menyesuaikan dengan kultur masyarakat Jogja yang lebih suka motoran 😀 Padahal, kami sebenarnya sudah lelah kepanasan dan kehujanan lho mas, mbak, pingin juga ngerasain di antar pakai mobil yang tinggal pesan saja heheee..


Lalu, Apa Saja Keistimewaan UBER?
1. Identitas Driver Jelas

Saat seorang driver mendaftarkan diri di UBER mereka juga wajib mendaftarkan jenis kendaraan yang akan dipakai beroperasi berikut nomor polisinya, dan UBER tidak mengijinkan mereka bertukar atau berganti kendaraan.

Nah, saat kita melakukan order via aplikasi UBER, kita akan mendapat data-data informasi driver yang akan mengantar kita itu, waktu si driver datang, pastikan kalau jenis kendaraan dan nomor polisinya sesuai dengan data driver di aplikasi ya, kalau tidak sesuai langsung batalkan saja dan tulis alasan pembatalannya karena data tidak sesuai.

2. Bagikan Lokasimu Saat Bersama UBER Kepada Teman dan Keluarga

Saat berkendara dengan UBER posisi kita akan terus terlihat di aplikasi, informasi lokasi ini bisa dibagikan kepada teman dan keluarga kita, jadi mereka nggak perlu deg-degan menunggu kedatangan kita. Kalau kita belum sampai sesuai estimasi waktu, keluarga bisa langsung menanyakannya pada ke kantor cabang UBER terdekat melalui telepon atau datang datang langsung.

3. Perjalananmu Ditanggung Asuransi lho..

Iya, perjalanan kita bersama UBER ditanggung oleh asuransi, berikut penjelasannya:

– Berlaku sejak perjalanan dimulai hingga perjalanan selesai
– Santunan hingga Rp. 100.000.000 diberikan untuk kematian atau cacat tetap akibat kecelakaan
– Santunan hingga Rp. 10.000.000 untuk penggantian biaya perawatan medis akibat kecelakaan

4. Kemudahan Pembayaran dengan Akses Global

Seperti yang saya sebutkan di atas, UBER sudah beroperasi di beberapa kota besar Indonesia dan dunia, jadi nggak ada lagi cerita panik saat piknik di kota-kota itu yaa. Apalagi kalau kita punya saldo UBERKredit, perjalanan kita di kota lain dalam satu negara bisa menggunakan saldo kredit itu. Sedangkan di luar negeri, kita bisa pilih metode pembayaran dengan kartu kredit, nanti nilai mata uangnya tinggal dikonversi saja. Jadi nggak perlu bawa uang cash dalam jumlah banyak cuma buat bayar transportasi.

5. Nggak Perlu Nunggu Driver Sampai Lumutan

Beberapa waktu lalu UBER merilis data kecepatan waktu tiba driver motor/mobil begitu order diterima:
London: 2.3 menit
Sydney: 2.8 menit
New York City: 2.9 menit
San Francisco: 3.5 menit
Bandung dan Surabaya: 4 menit
Bali: 5.2 menit
Jakarta: 6 menit
Bangkok: 6 menit

Woow keren ya, bahkan di New York dan Jakarta yang konon langganan macet driver bisa tiba dalam waktu 2-6 menit saja. Kalau di Jogja sendiri, dari pengalaman saya rata-rata driver datang dalam waktu 2-4 menit, tergantung lokasi penjemputan saya saat itu. Itu bisa terjadi karena UBER memiliki driver dalam jumlah banyak dan tersebar merata di sudut kota, berarti ada banyak masyarakat yang terbantu mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi bagian dari UBER, woow lagi 🙂
Jadi gimana? Sudah nggak ragu-ragu lagi kan memilih UBER sebagai penunjang mobilitas kita? Selain 5 poin tadi, UBER juga sering memanjakan penggunanya dengan promo dan diskon tarif, kamu tinggal download aplikasinya saja_ nanti informasi-informasi tentang promo akan selalu dishare disitu. Cara downloadnya? Makanya baca artikel saya di atas tadi doong 😀

Selamat menikmati kemudahan berkendara bersama UBER ya..

(Visited 31 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *