DIY: Washable Volcano Model

Sepertinya hampir semua ibu yang punya anak usia preschool atau kindergarten pernah membuat percobaan sains sederhana dengan cuka dan soda kue ya? Kebanyakan dibuat seperti letusan gunung berapi atau tiupan balon, dan hasilnya selalu seruuu, anak-anak biasanya akan minta lagi dan lagi sampai menghabiskan cuka berbotol-botol 😂

Baca:Β Blow Up The BalloonsΒ danΒ Eggploded

Padahal nggak cuma anak-anak yang senang, saya juga ketagihan melihat reaksi yang dihasilkan cuka dan soda kue ini heheee. Sayangnya, saya malas kalau harus sering-sering menyiapkan permainan seperti ini, disamping membuat gunung berapinya itu butuh waktu, setelah si gunung ini hancur lebur juga butuh usaha beres-beresnya 😂

Nah, kemarin pas lagi wisata ke Pinterest, saya lihat ada yang membuat volcano model menggunakan alufoil, waah keren nih, lebih kokoh dibandingkan kalau memakai playdoh, terus kepikiran aja mau buat volcano model yang bisa dicuci ulang alias washable, jadi anak-anak bisa tiap hari main (tombok di cuka doong πŸ˜€ )

Punya kami ini saya buat menggunakan semen biasa, harusnya sih akan lebih bagus kalau pakai semen putih tapi karena adanya di rumah cuma sisa semen biasa ya pakai itu saja. Langkah detailnya saya jelaskan dibawah yaa.

Yang Dibutuhkan:

1. Botol Plastik tebal ukuran sedang

2. Tangkai balon

3. Lem kuning aica aybon

4. Kertas bekas bungkus semen

5. Semen

6. Cat kayu atau besi (yang penting tahan air)

 

Step 1

Cuci bersih botol plastik Β (saya pakai botol susu bekas).

Step 1
Step 1

Step 2

Lubangi bagian bawah botol dengan obeng panas, masukkan ujung tangkai balon kira-kira sedalam 1 cm lalu tutup dengan lem aibon dan biarkan kering, supaya lebih kuat dan tidak mudah goyang, ganjal lagi dengan kertas semen. Fungsi tangkai balon ini nanti untuk menyuntikkan cuka saat bermain, jadi si kecil nggak perlu menuang cuka ke dalam mulut gunung yang biasanya malah bleber kemana-mana (apa ya bahasa bakunya bleber? πŸ˜€ )

Step 2
Step 2

Step 3

Bungkus botol menggunakan kertas semen sampai menyerupai bentuk gunung, sisakan mulut botol dan ujung tangkai balon tetap terbuka ya. Saya juga pakai karet gelang untuk menjaga kertasnya tidak gampang bergeser.

diy volcano model
step 3

Step 4

Tutupi gunung kertas dengan semen yang sudah dicampur pasir dan air secukupnya, pastikan semen rata dan cukup tebal menutup seluruh kertas, kalau semen terlalu tipis maka akan retak saat kering.

Setelah kertas tertutup semen sempurna bisa dijemur ditempat yang nggak terlalu terik, jangan sampai kelupaan diangkat kalau mulai hujan πŸ˜€

diy volcano
step 4

Step 5

Setelah 2 – 3 hari biasanya gunung semen ini sudah kering sempurna dan bisa mulai dicat, saya pakai cat kayu merk Express ukuran paling kecil seharga 5 ribu rupiah warna cokelat dan hijau. 2 kaleng cat itu cukup kok untuk mengecat 2 buah volcano model, masih ada sisa malah.

Kali ini angin-anginkan ditempat teduh selama 3 – 4 hari untuk memastikan cat benar-benar kering dan tidak berbau saat dipakai.

diy volcano
step 5

Selesaaai!!Β 

Cara membuat letusan gunung berapinya sudah saya pernah saya tulis diΒ Food Chain and The Volcano Eruption, hanya saja kali ini cukanya nggak dituang, tapi disuntikkan melalui sedotan kecil yang sudah terpasang dibawah itu. Alat suntiknya saya beli baru di toko Alkes, harganya bervariasi antara 2 ribu – 5 ribu tergantung besarnya, nanti langsung saja minta si penjual melepaskan jarum suntiknya supaya kita nggak perlu bawa-bawa pulang jarum suntik.

diy volcano

Selamat bersenang-senang yaaa πŸ™‚

 

(Visited 198 times, 1 visits today)

8 thoughts on “DIY: Washable Volcano Model”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *