DIY Puzzle Bricks: Mengasah Kecerdasan Majemuk Si Kecil Bersama Morinaga Chil-Go!

Siapa yang anaknya tahun depan akan masuk Sekolah Dasar seperti sulung saya?
Kalau yang memiliki anak kelahiran antara Januari sampai Juni sih mungkin agak tenang, impian masuk SD Negeri favorit bukan sesuatu yang mustahil tercapai, tapi untuk orang tua yang anaknya termasuk anggota ‘genk umur tanggung’ seperti anak saya bisa jadi mulai sekarang sudah berburu informasi sekolah swasta yang sesuai dengan visi misi, nilai keluarga dan tentu saja kemampuan finansial. Iya nggak sih? Atau jangan-jangan cuma saya aja yang terlalu bersemangat? 😀
Iya lah, selama 6 tahun anak kita akan bersekolah disitu, maka menyamakan visi misi antara orang tua dan pendidik adalah hal yang penting, tapi selain visi dan misi pikirkan juga kemampuan kita mencukupi biaya pendidikan si kecil selama 6 tahun itu sekaligus berinvestasi untuk pendidikan selanjutnya, jangan sampai karena kita merasa mampu membayar uang pangkal dan SPP setiap bulannya lalu dengan pede kita sekolahkan anak kita di sekolah A yang keren abiisss sekaligus muahaal abis-abisan. Elhadalaah ternyata uang bulanan kita memang cuma cukup untuk bayar SPP saja, nggak ada lagi yang tersisa untuk tabungan pendidikan tahap selanjutnya, padahal, tahu sendiri kan kalau inflasi biaya pendidikan bisa mencapai 20% per tahun? tertinggi diantara biaya kebutuhan lainnya!
Ditengah kegalauan saya atas biaya pendidikan ini, beruntung saya mendapat ajakan dari Sarwendah (iyaa, yang istrinya Ruben Onsu itu 😀 ) untuk mengikuti program Bekal Masa Depan (BMD) yang diadakan oleh Morinaga Chil-Go! sebuah produk susu pertumbuhan anak yang dikemas dalam bentuk cair yang sangat praktis.

Screenshot_2016-07-30-21-04-38
Challenge dari Sarwendah niih..

Dalam setiap program yang diadakannya Morinaga Chil-Go! sebagai salah satu brand unggulan PT. Kalbe Nutritionals memang selalu berusaha menjadi sahabat terbaik orang tua dalam memberikan stimulasi bagi kecerdasan Si Kecil dan mencetak generasi platinum di masa depan.

Seperti juga tujuan utama program Bekal Masa Depan Morinaga Chil-Go! kali ini, yaitu mendukung para orang tua mempersiapkan tabungan pendidikan Si Kecil melalui hadiah berupa dana asuransi pendidikan senilai total 3 miliar rupiah (perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun) dan beragam hadiah lainnya untuk 3.000 pemenang yang juga sangat bermanfaat bagi proses stimulasi dan pendidikan anak-anak kita.

Kalau menang lumayan kan? Saat anak kita membutuhkan biaya yang sangat besar untuk kuliahnya, ada dana asuransi pendidikan dari Morinaga Chil-Go! yang sudah siap cair.

Dibanding program berhadiah lainnya, program Bekal Masa Depan Morinaga Chil-Go! ini punya mekanisme yang seru loh, karena kita mesti menciptakan ide kreatif dalam memberikan stimulasi kecerdasan majemuk untuk Si Kecil. Memang apa sih kecerdasan majemuk itu?

 

Kecerdasan Majemuk atau kerennya Multiple Intelegency (MI) yang pertama kali ditemukan oleh seorang Profesor dari Harvard University bernama Howard Gardner.

Menurut Gardner, kecerdasan manusia tidak cuma dilihat dari tinggi rendahnya IQ tapi juga dari kemampuan untuk mencari solusi, menyelesaikan masalah, dan menciptakan sesuatu.

Kemudian Gardner mengelompokkan kecerdasan manusia menjadi delapan kecerdasan yang biasa disebut Kecerdasan Majemuk atau Multiple Intellegence (MI), yaitu:

– Kecerdasan linguistik

– Kecerdasan logika-matematika

– Kecerdasan visual-spasial

– Kecerdasan gerak tubuh

– Kecerdasan musikal

– Kecerdasan interpersonal

– Kcerdasan intrapersonal

– Kecerdasan naturalis

Teori MI berhasil membentuk sebuah pemahaman baru bahwa tidak ada anak yang bodoh sekaligus membantu orang tua dan pengajar agar lebih memahami kekuatan dan kekurangan anak. Dengan mengenal hal-hal tersebut lebih awal, diharapkan orang tua dapat mengambil peran penting dalam memberikan stimulasi yang tepat sesuai kekuatan dan kekurangan anak mereka.

Misalnya saja, Arka anak sulung saya yang sangat tergila-gila dengan lego, balok kayu, puzzle, dan peta!

Dengan peta, dia sepertinya bukan cuma suka tapi terobsesi, peta apa saja, mulai dari peta dunia hingga peta undangan pernikahan, setiap ke supermarket dia akan bawa pulang brosur-brosur apapun yang mencantumkan peta lokasi warung atau dealer di dalamnya 😀
Saat belajar pun dia akan lebih mudah mencerna informasi yang saya berikan jika saya menjelaskannya dalam bentuk gambar dibanding hanya berupa suara.

Dari situ saya menyadari kalau dia memiliki kekuatan yang lebih baik dalam kecerdasan visual spasial, salah satu dari delapan tipe kecerdasan majemuk yang membuat si pemilik kecerdasan sanggup berpikir tiga dimensi dan mencipta ulang dunia visual.
Jadi saat saya menerima tantangan dari Mbak Sarwendah dan BMD Morinaga Chil-Go! untuk menciptakan permainan kreatif, saya langsung terpikir membuat permainan sederhana yang mampu mengasah kemampuan spasial si kakak.
Ada yang tertarik mengikuti program ini juga? Yuk simak pengalaman saya saat mendaftar hingga selesai memposting ide permainan saya.

 

Mekanisme Pendaftaran Bekal Masa Depan Morinaga Chil-Go!
Sebelum mulai membuat permainannya, kita wajib membeli susu morinaga Chil-Go! minimal 6 botol dalam 1 struk transaksi pembelian ditoko-toko retail yang yang tercantum dalam website www.BekalMasaDepan.com.
Kalau struk pembelian sudah ditangan kita bisa mulai proses registrasi di website www.bekalmasadepan.com dan mendownload formulir pendaftaran yang nanti wajib kita isi dan dikirimkan bersama dengan struk pembelian ke alamat PT. Bounche Indonesia.

formulir_morinaga_chil_go
Setelah pengiriman, jangan lupa simpan bukti kirimnya yaa, lalu kita tunggu saja pihak penyelenggara melakukan verifikasi 5×24 jam dan mengirimkan kode unik melalui email dan SMS yang berlaku selama 30 hari setelah dikirimkan, artinya pengiriman ide hanya diterima oleh pihak penyeleggara pada periode yang sama.

Sambil menunggu kode unik dikirim, kita bisa mulai membuat permainan yang nanti akan kita pasang di galeri Bekal Masa Depan. Saya kasih contohnya yaa..

DIY Puzzle Bricks

Saya akan buatkan anak-anak sebuah puzzle bricks dari kardus bekas rak sepatu. Membuatnya nggak perlu waktu lama, cuma bermodal kardus yang cukup besar, cutter, penggaris, pensil, double tape, dan beberapa warna cat air.

Caranya:

1. Potong kardus menjadi 2 bagian sama lebar, ukurannya suka suka saja, lalu rapihkan pinggirnya.

2. Pada satu lembar kardus kita gambar bentuk-bentuk bricks yang diinginkan, tapi sisakan bagian tepinya untuk bingkai puzzle.

diy-puzzle-bricks

3. Selesai menggambar bricks, kita bisa mulai memotongnya menjadi bagian yang terpisah-pisah, lakukan dengan hati-hati dan gunakan mata cutter yang masih baru supaya hasilnya rapih yaa.

PhotoGrid_1469886890622
4. Setelah kardus dipotong-potong saya biarkan si kakak sendiri yang mewarnai bricksnya, karena mewarnai dan melukis ternyata juga salah satu cara lain mengasah kecerdasan visual.

diy-puzzle-bricks
5. Angin-angin-anginkan sebentar dan selesai!

DIY-Puzzle-bricks

Selain mengasah kepekaan anak-anak pada bidang ruang, bermain dengan puzzle bricks ini juga mengenalkan mereka pada bentuk geometri, pola serta keteraturan, salah satu poin penting dalam kecerdasan logika matematika. Lalu mereka juga akan menemukan cara mencari solusi, menyelesaikan masalah, bersabar dengan proses, dan bekerja sama (jika dimainkan berdua), jadi selain menstimulasi kekuatan visual dan logika matematikanya juga sekaligus mengasah kecerdasan intrapersonal mereka.

 

Waah banyak yaa manfaat yang bisa kita dapatkan dari selembar papan puzzle bricks.
Satu bonus lagi, karena yang kita gunakan adalah barang bekas, mereka akan terbiasa berpikir kreatif dan lebih menghargai alam sekitarnya, itu juga bagian dari mengasah kecerdasan naturalis kan? 🙂

 

Puzzle selesai dan kode unik saya juga sudah dikirimkan melalui e-mail, saatnya saya posting di galeri Bekal Masa Depan. Ternyata nggak susah postingnya, setelah login kita akan diminta memilih satu dari delapan kecerdasan yang paling sesuai dengan mainan buatan kita, deskripsikan secara singkat bagaimana proses kita membuat mainan itu dan cara menggunakannya, posting juga foto atau video pada saat anak menggunakan mainan tersebut. Lalu submit!

BMD-Chil-go

Nah, beneran gampang kan? Yuk deh ikutan secepatnya, kita stimulasi kecerdasan majemuk anak-anak kita sambil berharap hadiah kece dari program BMD ini 😀 Eh tapi selain itu jangan lupa memberi nutrisi-nutrisi penting bagi tumbuh kembang mereka. karena selain stimulasi, nutrisi dan gizi baik seperti yang terkandung dalam Morinaga Chill Go! juga nggak kalah pentingnya lhoo.. Itu karena Morinaga Chil-Go! mengandung Kolin dan Inositol yang mampu meningkatkan daya pikir dan penyimpanan memori di otak,  masih pula ditambah dengan kandungan vitamin B kompleks, zat besi, dan yodium yang memiliki peran penting untuk pertumbuhan sistem saraf.

PhotoGrid_1470067951464
Berbagai keunggulan Morinaga Chil-Go! untuk mencetak generasi platinum

Selamat berikhtiar untuk menghasilkan generasi platinum yaa 🙂

PhotoGrid_1470068052759
Jangan lupa yaa temaan.. Chil-Go dulu sebelum memulai petualangan hari ini 😉
(Visited 168 times, 1 visits today)

12 thoughts on “DIY Puzzle Bricks: Mengasah Kecerdasan Majemuk Si Kecil Bersama Morinaga Chil-Go!”

  1. maaak keren idenya iinii ^.^ aku gak pintar ih gambar kayak gitu 🙁
    btw, aku selalu suka DIY project Mak Yoan 😉
    Good luck, Mak!

  2. kreatif mba, memang ga perlu mahal ya untuk menstimulasi anak. kadang saya merasa ajaib anak2 tuh kalo dibuatkan balon dari plastik kresek warna warni aja udah seneng 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *