HokBen Restoran Halal, Pilihan Paling Pas untuk Berbuka Puasa

Nggak terasa puasa sudah memasuki minggu kedua, seperti tahun-tahun kemarin, biasanya semangat memasak untuk menu berbuka mulai luntur, iya nggak sih? atau cuma saya saja? Alasan terseringnya karena kesiangan berangkat ke pasar hihihii..

Akhirnya menjelang berbuka melipir keluar rumah lalu menuju ke warung makan atau restoran. Kalau kami, karena selalu bawa rombongan sirkus jadi lebih suka masuk ke resto yang ramah anak dengan pelayanan yang cepat, sudah keburu laper boook, makanya selalu memilih restoran cepat saji.
Tapi tetap saja kehalalan menu di resto tersebut menjadi perhatian utama kami, kan sayang sudah berlapar-lapar seharian eh makanan berbukanya ndak jelas.

Nah belum lama ini saya diundang menghadiri blogger gathering bersama restoran cepat saji bercita rasa Jepang yang sudah sangat terkenal di tanah air, HokBen atau panjangnya Hoka Hoka Bento. Siapa yang belum pernah makan di sana? Sini saya pukpuk dulu πŸ˜€

image

HokBen ini, walaupun bercita rasa Jepang tapi berani memastikan kehalalan setiap bahan bakunya melalui proses verifikasi super ketat dari LPPOM MUI Pusat, sertifikat halalnya pun bisa kita temukan dengan mudah di setiap gerai HokBen.

Memang seperti apa sih proses yang harus dilalui sebuah produk hingga dia layak mendapatkan label halal?

Ibu Ir. Hj. Osmena Gunawan selaku wakil direktur LPPOM MUI pusat yang kemarin menjadi pembicara utama di acara ini menjelaskan secara detail semuanya.

Produk Halal:
Produk yang tidak akan membuat manusia berbuat dosa di dunia dan tidak mendapat siksa di akhirat

-Majelis Ulama Indonesia-

Menurut Ibu Osmena yang sudah 27 tahun aktif di LPPOM MUI, titik kritis kehalalan produk pangan ada pada proses pengolahannya, misalnya berasal dari hewan maka proses penyembelihannya harus sesuai dengan syariat islam, jika diproduksi secara mikrobial maka harus jelas media yang digunakan untuk pertumbuhan dan produksinya, lalu bahan tambahan lainnya seperti bumbu-bumbu harus halal, fasilitas dan peralatan yang digunakan selama proses produksi atau memasak pun harus dipastikan kebersihan dan kehalalannya.
Karena itu saat sebuah restoran atau tempat produksi makanan ingin mengajukan sertifikasi halal maka ada 3 syarat utama yang harus mereka penuhi:
1. Jujur. Terbuka dengan seluruh bahan dan peralatan yang digunakan selama proses produksi.
2. Menggunakan bahan-bahan halal.
3. Tercatat dan mudah ditelurusi. Maksudnya semua bahan baku yang dipakai terdata dengan rapih dan mudah dicari asal produksinya.

Selain ketiga syarat itu, masih ada yang namanya Kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH) yang juga harus tercapai.
1. Kebijakan Halal
2. Tim manajemen halal
3. Pendidikan dan pelatihan
4. Bahan
5. Produk
6. Fasilitas produksi
7. Prosedur tertulis untuk aktivitas kritis
8. Penanganan produk untuk yang tidak memenuhi kriteria
9. Mampu telusur (traceability)
10. Internal audit
11. Kaji ulang manajemen (management review)

Cukup banyak ya poinnya, ya memang, itu karena Manfaat Penerapan SJH juga banyak:
1. Menjamin kehalalan produk sslama berlakunya sertifikat halal MUI
2. Timbul kesadaran internal dan perusahaan memiliki pedoman kesinambungan proses produksi halal
3. Memberikan jaminan dan ketentraman bagi masyarakat
4. Mencegah kasus ketidakhalalan produk bersertifikat halal
5. Mendapatkan reward

Lalu bagaimana sih tips memilih produk yang halal?

Yang paling gampang sih dengan melihat logo halal MUI (jika produk asal Indonesia) atau logo halal setempat (jika produk luar negeri) pada kemasan.
Nggak menemukan logo halalnya? Lihat komposisi produk pada kemasan.
Bisa juga dengan cara mencari tahu daftar produk bersertifikat halal MUI melalui aplikasi halal di android/BB/IOS atau cek langsung di website www.halalmui.org

Kembali lagi ke HokBen, restoran cepat saji ini memperoleh sertifikat halal MUI sejak tahun 2008 lho, delapan tahun! lama juga yaa..
Sejak berdiri pertama kali pada 18 April 1985 HokBen sudah memiliki 150 gerai di pulau Jawa dan Bali, dan semua memiliki sertifikat halal MUI. Jadi pasti tenang deh yaa kalau mau berbuka puasa di gerai HokBen manapun, walaupun sebetulnya menu di HokBen nggak cuma sedap untuk berbuka puasa saja, mau sahur, sarapan, makan siang, makan malam, ngemil-ngemil ((NGEMIL)), apapun cocoklah pokoknya, itu karena pilihan menunya yang banyak, coba saja lihat di sini.

Yuuk deh, traktir saya bukber di HokBen besok yaa.. πŸ˜€ πŸ˜€

image
Blogger Cantik Jogja (BCJ), emang betulan cantik cantik yaa.. Photo by Primastuti Starianto
(Visited 88 times, 1 visits today)

1 thought on “HokBen Restoran Halal, Pilihan Paling Pas untuk Berbuka Puasa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *