Bertualang Ala Koboi Lalu Jadi Peri dan Tinggal di Rumah Hobbit, di Lembang Semua Bisa Terjadi

“Lebaran sebentar lagi..
Berpuasa dengan gembira..”

Awal puasa saja masih dua minggu lagi, eh saya malah sudah membayangkan libur lebaran kami tahun ini, hahaaa.. Maklum ya, sudah enam tahunan ini saya jarang sekali piknik, tepatnya sejak punya anak pertama, karena saya bukan tipe yang betah tamasya dengan menenteng banyak peralatan lenong khas ibu-ibu berbalita.

Tapi semenjak merasakan serunya pergi ke Semarang kemarin, kami (saya dan anak-anak aja sih kayanya, bapaknya engga, hahaah) jadi ketagihan tamasya keluar kota. Apalagi kakak sekarang sudah bisa diminta bantuan menjaga adek, dan adek pun sudah nggak pernah minta gendong, ibunya bahagia lah pokoknya 😀

Kembali ke rencana libur lebaran, sejak dulu saya punya mimpi mengajak anak-anak mengunjungi Bandung, selain rindu dengan jajanan kaki limanya yang enak semua, saya tergiur dengan tempat wisata baru di Bandung dan sekitarnya yang lagi happening berseliweran di Instagram.

Tujuan pertama saya adalah Lembang, suatu wilayah kecamatan di kabupaten Bandung yang terkenal karena kesejukan dan keasrian alamnya.

Kalau dulu ke Lembang hanya karena ingin memetik buah strawberry langsung dari kebunnya, sekarang Lembang juga menawarkan obyek-obyek wisata dengan sentuhan bangunan unik seperti Farmhouse ataupun De’ranch, konon kedua tempat ini sangat instragamable, cocok untuk banci wefie seperti kami 😀
Dan walaupun letaknya agak di pinggir Bandung, nggak perlu khawatir dengan keterbatasan waktu kalau mau puas main, kan sudah banyak hotel yang pemesanannya mudah sekali diakses melalui Traveloka.com

De’Ranch Lembang

image
Sumber: deranchlembang.com

Siapa yang masih ingat dengan film koboi berkuda dan aksi saling tembak-menembaknya? Kalau nggak salah yang hits dulu berjudul Lone Ranger ya? Hehee entahlah, masih piyik banget waktu itu.

Sebuah wilayah di Amerika yang terkenal akan koboinya adalah Texas, tapi sekarang nggak perlu jauh-jauh kesana saat ingin menikmati wisata ala koboi lengkap dengan kostumnya, karena di De’Ranch semua lengkap tersedia. Lokasi wisata yang berada di Lembang ini menawarkan tempat wisata kuda ala koboi yang seru dilakukan beramai-ramai bersama keluarga atau teman-teman.
Di sini kita akan mengenakan kostum seperti para koboi yang sedang bekerja lalu di bawa berkeliling memutari area lokasi De’Ranch sambil menunggang kuda, jika kita belum terbiasa menaiki kuda nggak perlu takut karena ada pemandu kuda profesional yang berpengalaman akan menemani selama tur.

Selain melihat area De’Ranch yang di tata sedemikian rupa hingga terlihat seperti desa koboi, kita bisa sekalian belajar cara menunggang kuda karena De’Ranch menawarkan pelajaran menunggang kuda yang menjadi dasar olahraga equestrian.
Kita juga akan diajari hal-hal lain mulai dari pemeliharaan, perawatan, hingga mengendarai kereta berkuda atau yang lebih dikenal dengan delman.

Tapi yang namanya Koboi, nggak bisa lepas dari pekerjaan utama sebagai peternak. Nah di De’Ranch ini juga ada aktifitas selain menunggang kuda, misalnya mengenal sapi perah.

Semua ibu pasti tahu kalau menghabiskan waktu di tengah alam terbuka selalu jadi favorit anak-anak, mereka pasti betah dan nggak akan rewel diminta berlama-lama di sini, asal perutnya selalu kenyang hihihii..
Makanya De’Ranch ini cocok sekali untuk wisata keluarga apalagi wahana permainan dan tarif menunggang kudanya nggak akan bikin kantong jebol, tarifnya hanya berkisar Rp 15.000 sampai Rp 30.000, sementara untuk menunggang kuda keluar lokasi De’Ranch dikenai biaya Rp200.000 per- 60 menit dengan minimal penumpang 2 orang.

De’Ranch berada di Jalan Maribaya No. 17 di kawasan lembang, Bandung. Obyek wisata ini buka setiap hari, setiap pukul 09.00-17.00 saat hari biasa dan saat akhir pekan atau hari libur mulai jam 08.00-18.00 sementara tempat ini tutup setiap hari senin.

Farmhouse Lembang

image
Sumber: Flickr.com

Setelah puas berkuda ala koboi, kali ini masih dalam wisata alam terbuka di lembang kita akan seseruan di Farmhouse.

Obyek Wisata yang satu ini menyajikan pemandangan alam yang indah dengan tata bangunan yang terlihat seperti pedesaan, suasana di sekitarnya akan mengingatkan kita pada suasana pedesaan yang ada di benua eropa.
Area farmhouse memang nggak terlalu luas namun cukup memuaskan bagi yang ingin piknik bersama keluarga sambil menikmati alam terbuka dan udara yang menyejukkan khas Lembang.

Untuk masuk ke Farmhouse kita akan dikenai tarif sebesar Rp 20.000 dan juga parkir kendaraan yang harganya variatif tergantung jenis kendaraan, Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Tiket masuk tadi dapat ditukarkan dengan sosis bakar atau segelas susu ketika kita sudah melewati loket pembelian tiket, waaaw favoritnya Arka Raya banget ini..

Begitu melangkahkan kaki kedalam maka kita akan terpukau melihat perpaduan keindahan alam dan juga rumah-rumah hobbit yang berjejer di lokasi ini, iyaa rumah hobbit.. serasa di alam peri nggak sih?

Tapi jadi peri di sini nggak perlu takut kelaparan karena ada restoran dan juga gerai jus yang menjual aneka makanan dan minuman segar sebagai penawar lelah berkeliling dan berfoto-foto.

Di Farmhouse juga anda bisa berfoto dengan gadis -gadis yang mengenakan pakaian ala gadis eropa, dan para wisatawan perempuan juga bisa menyewa kostum tradisional eropa ini dengan tarif sebesar Rp 50.000 per- 2 jam.

Seperti De’Ranch, Farmhouse juga memiliki sudut-sudut sangat bersahabat untuk si tukang selfie, setiap latar bangunannya selalu mengundang kita untuk berfoto, bawa extra battery is a must! 😀

Farmhouse ini berada di Jalan Raya Lembang di nomor 108 kawasan Cihideung. Akses ke sini sangat mudah baik untuk pengendara rota empat maupun roda dua. Untuk para wisatawan yang dari luar Bandung atau Jakarta dapat memanfaatkan sara transportasi kereta api menuju Stasiun Bandung lalu lanjut menaiki angkutan umum jurusan Stasiun Bandung menuju Lembang.

Nah kan, jadi makin nggak sabar menghambur-hamburkan jatah liburan kami di Bandung. Doakan kami semoga bisa kesampaian yaa.. 🙂

(Visited 120 times, 1 visits today)

1 thought on “Bertualang Ala Koboi Lalu Jadi Peri dan Tinggal di Rumah Hobbit, di Lembang Semua Bisa Terjadi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *