Tiga Tips Liburan Kece Bebas Kere Ala Tamasyaku

Konon, ibu-ibu (terutama ibu rumah tangga) adalah kaum yang paling butuh piknik dibanding mahluk manapun di belahan bumi ini, hayoo tunjuk tangan siapa yang kemarin ikut menyebarkan postingan bernada seperti itu di linimasa Facebooknya? Hihihii..
Bisa dimengerti sih, rutinitas harian ibu rumah tangga yang rutenya seputar dapur lagi dapur lagi pasti akan cepat menimbulkan kejenuhan, masih ditambah tumpukan baju yang harus disetrika seakan bisa tumbuh sendiri dari dalam keranjang, rasanya pingin deh piknik semingu tujuh kali ๐Ÿ˜€

Akhirnya merengek-rengek ke suamiย  minta liburan, tapi dasarnya ibu-ibu, saat proposal liburan sudah dikabulkan suami eh gantian panik memikirkan hotel apa yang murah yaa? Maskapai apa yang lagi promo ya? Kalau pakai kereta anak-anak bakal betah nggak ya? Nanti bawa koper berapa enaknya? Eh iya, diapersnya si adek bawa dari rumah atau beli di tempat? Dan akhirnya sampai pada satu keputusan, gak jadi saja deh, sayang duitnya mending buat nambahin beli oven baru.. (curcol kalo ini sih)

Padahal sebenarnya kalau kita punya perencanaan yang baik, persiapan liburan bisa sangat menyenangkan kok, coba deh intip keseruan hari-hari liburan teman saya sesama blogger, Mbak Primastuti Satrianto atau yang biasa kami sapa mesra dengan panggilan Manda.

image

Liburan, aktivitas yang dilakukan di dalam/luar rumah, diluar rutinitas, dinikmati bersama, dan sesudahnya meninggalkan kesan dan kenangan.

-Primastuti Satrianto, Tamasyaku.com-

Tuh kan, versinya Manda liburan itu yang penting bisa membuat kita menikmatinya dan memberikan kenangan indah sesudahnya, jadi kalau belum apa-apa sudah sakit kepala memikirkan itinerary dan pulang berlibur malah makin lelah dan jatuh miskin karena tidak adanya persiapan yang benar, itu sih namanya bukan liburan tapi lebaran ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Kali ini aku coba merangkum beberapa artikel tips liburan dari web Tamasyaku milik Manda. Sebenarnya lebih asyik kalau buka webnya langsung saja karena isinya nggak cuma tentang tips berlibur tapi juga liputan tempat-tempat keren di berbagai sudut Indonesia dan Eropa yang pernah dikunjungi Manda dan Suaminya, mas Elton. Tapi kalau kira-kira belum siap mupeng dengan semua keseruan mereka selama berlibur yaa baca rangkumannya saja dulu di sini :p

Liburan Murah Meriah Ala Manda

Kebelet banget ingin berlibur tapi tabungan pas-pasan?

Menurut Manda liburan nggak selalu memerlukan tiket perjalanan loh, karena biasanya yang paling banyak menguras biaya saat berlibur adalah ongkos perjalanan dan biaya penginapan maka pilih saja lokasi liburan yang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, cari tahu tempat-tempat menarik di sekitar tempat tinggal kita yang belum pernah di datangi. Jika memungkinkan, tidak perlu bermalam di tempat liburan supaya nggak perlu bayar hotel.
Ajak juga keluarga atau teman agar suasana liburan makin ramai dan bisa diajak patungan (penting!) saat sedang mencoba kuliner di tempat berlibur, kan jadi nggak perlu pesan lauk dan sayur banyak-banyak yaa.. pesan saja menu yang berbeda dan saling icip.

Lima Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Tamasya

Di artikel ini, Manda merinci poin-poin penting yang wajib diingat agar liburan kita berjalan dan sesuai harapan, tujuan berlibur kan supaya pikiran rileks, jadi sedari awal cobalah menghindari hal-hal yang akan membuat kita kecewa atau malah ribut dengan pasangan atau teman karena kesalahan yang seharusnya bisa dihindari.

Poin pertama, disiplin waktu.
Siapa yang pernah ketinggalan pesawat atau kereta gara-gara salah estimasi waktu? Makanya Manda selalu membawa jam tangan saat berlibur, karena menurut emak syantik ini waktu sangat berharga saat kita berpergian, perjalanan yang lancar akan membuat kita menikmati setiap momen berlibur.

Poin kedua, mempersiapkan pakaian sesuai cuaca di tempat tujuan.
Nggak mau kan salah kostum selama di perjalanan dan tempat tujuan? Misalnya ke pantai tapi isi koper malah baju-baju tebal kayak mau naik ke Alpen ๐Ÿ˜€
Hitung juga lama perjalanan dan sesuaikan jumlah baju yang dibawa, jangan sampai kita pakai baju yang itu-itu saja untuk berfoto di banyak tempat berhari-hari, tujuan utama liburan kan untuk mengumpulkan foto-foto keren hihiii..

Poin ketiga, membawa obat-obatan pribadi.
Duh, jangan sampai deh ya kita malah terkulai di kamar hotel seharian cuma karena kelelahan di perjalanan lalu terserang common cold, saran Manda, akan lebih aman kalau kita sudah membawa sendiri obat-obatan yang biasa kita konsumsi, walaupun obat-obat tersebut dijual bebas, belum tentu juga gampang didapatkan di tempat tujuan.
Nah untuk poin yang ini sudah biasa aku lakukan juga, beberapa items yang wajib ada di dalam tas obatku adalah minyak kayu putih botol kecil, paracetamol, obat sakit perut, obat luka povidon iodin, plester luka, salep luka bakar, dan termometer, yang terakhir untuk berjaga-jaga kalau bocah mendadak demam.

Poin keempat, jangan pernah tinggalkan powerbank dan charger.
Rugi itu kalau sudah sampai di tempat yang super keren lalu nggak bisa buru-buru upload fotonya di media sosial cuma karena kehabisan baterai smartphone, atau yang lebih parah kamera pingsan karena tadi lupa dicharge, bwahahaaa ngeneess..
Makanya, tenteng lah selalu powerbank kalian, charger juga jangan ditinggal di rumah, penting untuk selalu memastikan bahwa semua gadget kita sudah full-charged sebelum penjelajahan dimulai.

Cara Memilih Hotel Murah, Mulai dari 100 Ribuan

Semisal kita memilih tujuan yangย  jauh dari tempat tinggal kita tentu mau nggak mau kita harus menginap, ya kan?
Sekarang ini sudah banyak agen perjalanan wisata yang menyediakan paket berlibur lengkap dengan penginapannya, jadi kita nggak perlu repot berburu hotel saat sudah sampai di tempat tujuan, tinggal memilih paket liburan yang sesuai budget saja.. tapi ya gitu, kita nggak bisa memilih lokasi hotel dan harus nerimo dengan fasilitas yang disediakan.
Nah, coba ikuti cara Manda mencari hotel saat akan berlibur deh, just google it! Akan ada banyak pilihan hotel dengan fasilitas sesuai standar kita dan rate yang ramah di kantong, mau langsung booking sebelum keberangkatan atau saat kita diperjalanan juga bisa, begitu sampai di tujuan tinggal meluncur ke hotel tersebut, jadi masih punya banyak waktu untuk leyeh-leyeh dulu supaya fisik selalu prima dan foto liburannya selalu cetaaar ๐Ÿ˜€
Eh, kalau untuk foto-foto cetar selama liburan (dan sehari-hari juga sih) bisa langsung tanya ke Manda, masternya selfie dan wefie se komunitas blogger Jogja raya, aura percaya diri di depan kameranya itu entah kenapa secara ajaib bisa menular ke kiri dan kanannya, makanya kalau ada acara kumpul-kumpul nggak pernah ada yang nolak duduk dijejeri Manda ๐Ÿ˜€

Jadi, masih ragu-ragu mau berlibur? Rugi loh, mumpung badan masih kuat, belum ribet ngerasain encok dan osteoporosis ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Dan untuk Manda, terima kasih sudah berbagi artikel-artikel yang sangat menginspirasi, semoga rejekinya bersama Panda makin lancar supaya makin sering jalan-jalan dan membaginya lagi dengan kami *peluk*

(Visited 126 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Tiga Tips Liburan Kece Bebas Kere Ala Tamasyaku”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *