DIY: Membuat Solar System Model

image

Waktu pertama kali posting foto planet-planet ini banyak yang mengira planetnya aku bentuk sendiri sampai jadi bulat begitu.. Hahahaa kalau iya beneran aku yang buat bisa setahun baru kelar, itu juga bentuknya bakal lebih mirip pecahan asteroid ketimbang planet, wong gambar lingkaran aja nggak pernah bisa benar-benar bulat -__-

Styrofoamnya memang sudah bulat dari pabriknya, aku beli di Progo lantai 3, tapi di Toko Jolie Jahit Jl. Diponegoro juga ada, harganya antara 1200 – 3500 rupiah perbuah. Murah dan praktis, kita tinggal ngecat saja.

Untuk proses pengecatan sebenarnya akan lebih bagus kalau pakai cat acrylic, tapi karena nggak punya dan harganya juga lumayan, aku cari bahan-bahan yang sudah ada di rumah saja, kan memang tujuan proyek-proyek DIY kami untuk melatih anak-anak agar lebih luwes memanfaatkan apapun yang ada di sekitarnya, tapi bukan manfaatin teman di bangku sebelah ya kak..

Akhirnya aku cuma pakai lem putih PVaC yang diwarnai dengan cat air, pilih cat air dengan kualitas baik.. kasih sedikit cat putih setiap akan mencampur warna supaya hasil akhirnya lebih soft, karena lem PVaC akan berubah bening setelah kering, kalau nggak dikasih cat putih nanti akan lebih mirip bola bekel.
Lalu untuk planet yang punya banyak warna, nggak perlu menunggu kering kalau mau menambahkan warna berikutnya, langsung tumpuk dan hasilnya akan terlihat lebih natural.

image
berjemur dulu yaa..

Setelah planet beres, sekarang giliran matahari.. aku pakai bola plastik bekas, kan mau di cat jadi ga akan kelihatan buluknya 😀

image

Rencananya si matahari akan dikasih lampu kecil supaya bisa menyala, jadi sebelum dicat aku pasang batang spidol yang ujung-ujungnya sudah dipotong untuk tempat kabel nantinya. Catnya masih pakai lem PVaC, tapi kali ini dicampur dengan pewarna makanan, kehabisan cat air kuning dan orange ceritanya 😀

Selesai proses pengecatan, angin-anginkan dulu semalaman, kalau mau gampang taruh saja dibawah AC.
Sambil menunggu kering aku bentuk kawat penyangganya. Kawatnya aku beli yang gulungan di toko besi depan rumah, karena nggak paham ukuran kawat pokoknya milih yang ukuran paling besar, satu gulungnya 10 ribu rupiah, dan masih sisa banyak..
Tapi ternyata pe-er banget membentuk kawat supaya bisa melingkar dengan pas di batang spidol, kalau terlalu kencang planetnya nggak bisa berputar, kalau kelonggaran planetnya malah nggak bisa tegak, lama-lama geregetan dan akhirnya MENYERAH! Sodorin ke bapake begitu dia pulang kantor, jam 12 malam book, hihihii..

image
Setelah dipasang kawat..

Tanam separuh batang spidol di tengah-tengah kardus atau triplek yang sudah dipasang kaki di tiap sisinya (semoga kebayang yaa..), pilih kardus yang permukaannya cukup luas untuk planet-planet ini berputar, kami nggak nemu kardus yang lebar jadi saturnus, uranus, dan neputunusnya tergantung 🙁

image

Terakhir lampunya, buat urusan begini sih serahin ke si ayah lagi.. 😀 masih pakai semboyan memanfaatkan barang-barang di sekitar rumah, kebetulan nemu lampionnya adek waktu malam takbiran kemarin yang sudah robek ujung-ujungnya, bongkar sekalian dan ambil lampu berikut baterainya, ukurannya pas banget untuk bisa masuk di batang spidol.
Tapi kalau nggak ada lampu bekas, beli juga murah kok, di toko listrik minta lampu LED yang paling kecil, harganya sekitar 1500 rupiah per buah, sekalian beli tempat baterai AA, harganya kira-kira 3000 rupiah.

image

SELESAAII !!
Paling seru dimainkan dalam ruangan gelap, apalagi di tambah figurin astronot dan roket, bakalan berisik banget semalaman hihii..

image
Asyiknya sambil gelap-gelapan..

Oya, selain berguna untuk menjelaskan revolusi dan rotasi planet, bisa juga untuk menjelaskan proses terjadinya gerhana.. lepas dulu semua planet selain bumi dan manfaatkan planet merkurius sebagai bulan, mirip kok 😀

Solar system activities lainnya bisa lihat di sini yaa..

Have fun, boys !! 🙂

(Visited 306 times, 1 visits today)

6 thoughts on “DIY: Membuat Solar System Model”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *