Menikmati Lezatnya Hidangan Dari Balik Kacamata Ika Koentjoro

Taking great photographs of food is a hard-earned skill.

-seriouseats.com-

Yup, kenyataannya gak semua photographers (bahkan yang profesional sekalipun) bisa membuat sepiring roti bakar terlihat melambai-lambai memohon digigit, butuh skill tersendiri untuk menaklukan makanan yang ‘ya udah begitu aja bentuknya’ gak bisa disuruh senyum apalagi pose πŸ™‚

Karena itu di dalam bisnis foodphotography dikenal juga profesi foodstylish, tugasnya memastikan hidangan yang akan dijadikan objek photo sudah tersetting dengan baik dan properti penunjang sudah sesuai tema, keberadaan foodstylish ini jelas sangat memudahkan foodphotographer yang gak perlu keringetan atur-atur mangkok, piring, serbet, dan sebagainya.

Ada foodphotographer, ada foodstylish, ada juga foodblogger. Yang terakhir ini menurutku lebih keren lagi, karena disamping harus jago menulis (ya namanya juga blogger) dia juga harus menguasai teknik foto dan styling sekaligus demi menampilkan foto makanan yang cantik di dalam blognya, sebagian foodblogger malah membuat sendiri makanan atau minuman yang akan difotonya, naaah harus jago masak juga πŸ˜€

Dari beberapa foodblogger yang aku kenal (tapi mereka gak kenal aku, hiks) seorang Ika Koentjoro termasuk yang berhasil melakukan poin-poin yang kusebutkan tadi.
Selain sebagai blogger yang sudah senior malang melintang di dunia blogging, mbak Ika ini juga sudah pernah menulis buku yang bertema travelling. Dan sebagai peminat photography, Canon 70D-nya itu sudah menghasilkan banyak foto-foto keren lhoo.. coba deh intip akun Instagramnya di @ikakoentjoro, hasil foto-fotonya (terutama foodphotos) makin ke atas makin sangar dan mulai punya ciri sendiri. Ditambah lagi, mbak Ika juga suka masak, jadi hasil jepretannya itu terkadang ya masakannya sendiri πŸ™‚

Ini beberapa foto hasil jepretan mbak Ika yang aku suka..

image

image

image

Bagus-bagus kan?
Itu karena mbak Ika memang gak setengah-setengah memperdalam ilmu foodphotography-nya, selain rajin mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh foodblogger ngetop, beliau juga rajin belajar di dunia maya, kalau kita buka hashtag #52weeksfoodphotographyproject di Instagram kita akan sering lihat foto-fotonya mbak Ika seliweran di situ dengan caption “ditunggu krisannya..” hihiiii..

Tapi disamping rajin mencari pengalaman, mbak Ika juga gak pelit membaginya kembali, misalnya saja di acara Arisan Ilmu KEB akhir Januari kemarin, mbak Ika dengan lancarnya menjadi pemateri basic foodphotography dan sangat telaten menjawab pertanyaan-pertanyaan kami.

image

Secara personal, kedekatanku dengan mbak Ika (iih ngaku-ngaku dekeeet..) saat mbak Ika mengajakku menemui mbak Yulyan Parwati yang sedang berlibur ke Jogja, sempat speechless waktu itu, kok yaa mbak Ika kepikiran ngajak aku yang cuma remukan peyek ini, tapi tetap aja dengan pedenya aku iya-in, kapan lagi bisa ketemu langsung dan curi-curi ilmunya mbak Iyan.. πŸ˜€
Dari pertemuan selama kurang lebih 3 jam itu, kelihatan sekali kalau mbak Ika sangat sangat down to earth, caranya membuka obrolan, caranya bertanya, caranya menggali ilmu dari mbak Iyan.. 3 jam pun jadi terasa pendek banget bersama dua perempuan keren ini.

image

Selalu menyenangkan yaa punya teman yang bisa membuat kita ketularan pintar, dan pertemananku dengan mbak Ika ini salah satu yang aku syukuri. Eh iya, tanggal 6 maret besok kami sama-sama mau ikut workshopnya @inijie, aku sudah mbayangin akan dapat pengalaman-pengalaman seru lagi dengan mbak Ika, kalau sempat nanti aku cerita lagi deh, sekarang segini dulu aja nggosipin mbak Ika-nya, ndak kupingnya keburu panas diomongin terus wkwkwkk..

(Visited 102 times, 1 visits today)

7 thoughts on “Menikmati Lezatnya Hidangan Dari Balik Kacamata Ika Koentjoro”

  1. Mak Ika itu enteng banget ditanyain. Kemarin aku tanyain kameraku yg mihil (pamer) tp aku bisanya mode auto doang. Rugi amat. Eh, langsung diupleknya kameraku & janji mau ngajarin. :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *