Ayo Melek Gizi Bersama Sari Husada di Karnaval Gizi 2016

image

10 Pesan Umum Pedoman Gizi Seimbang

1. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan.
2. Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan.
3. Biasakan mengkonsumsi lauk pauk berprotein tinggi.
4. Biasakan mengkonsumsi aneka ragam makanan pokok
5. Batasi konsumsi pangan manis, asin, dan berlemak.
6. Biasakan sarapan.
7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman.
8. Biasakan membaca label pada kemasan pangan.
9. Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir.
10. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal.

Nah, siapa yang sudah rutin menjalani sepuluh poin di atas?
Kalau saya sih jelas beluuum hehehee..

Sebenarnya poin-poin tersebut tidak terlalu sulit dijalani lho, hanya saja kebanyakan dari kita (mungkin) belum mau terlalu peduli pada kesehatan tubuh sendiri, padahal dengan menjaga pola makan dan asupan gizi tetap seimbang serta rutin melakukan olahraga, kesehatan kita akan selalu prima dan aktivitas harian kita juga akan berjalan maksimal, contohnya nih.. berangkat kerja badan enteng, di kantor bisa lebih produktif, pulang kerja bisa mampir mall dulu buat jajan karena duit jatah beli obat sakit kepala atau sakit lambung masih utuh gak terpakai (hahaa itu mah sayaa..).

Menyadari masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga asupan gizi secara benar Sari Husada sebagai perusahaan yang sudah lama bergelut di bidang nutrisi ibu dan anak berinisiatif mengkampanyekan pentingnya menerapkan pola makan sehat dengan asupan gizi seimbang.
Kampanye-nya sendiri dikemas dalam bentuk karnaval sebagai bagian dari peringatan Hari Gizi Nasional 2016, tujuannya untuk mendukung peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat umum akan gizi seimbang dan pola makan sehat.

Hari minggu tanggal 31 Januari kemarin saya dan anak-anak mendapat undangan dari pihak Nutrisi Untuk Bangsa yang berada di bawah bendera PT. Sari Husada untuk ikut meramaikan Karnaval Ayo Melek Gizi 2016 Yogyakarta. Di dalam undangan disertakan juga susunan acara yang akan berlangsung, ada funwalk, konsultasi gizi, cooking demo, crafting workshop, dan story telling untuk anak-anak, waah sudah kebayang serunya.. anak-anak juga langsung dengan semangat bilang “mauuu ikut bundaaa..!”

Dan demi tidak tertinggal satupun rangkaian acara, pukul 6.00 pagi kami sudah parkir di depan kantor Dinas Pariwisata Kota, jalan Malioboro yang ternyata sudah dipenuhi peserta fun walk berseragam merah putih. Dentuman musik dan meriahnya suasana membuat anak-anak saya tidak sabar memaksa langsung bergabung di tengah keramaian, untungnya kami tidak perlu antri lama untuk registrasi ulang karena panitia sudah menyediakan meja khusus untuk blogger (ciyee yang blogger..), selesai registrasi kami mendapatkan dua buah goodie bag berisi kaos seragam funwalk, handuk kecil, jas hujan kalau-kalau gerimis, dan snacks untuk sarapan, yaay we’re ready for the funwalk!!

Acara di mulai dengan senam Zumba bersama, hentakan musik dan tawa riang peserta senam membuat aura semangat dengan cepat memenuhi halaman kantor Dinas Pariwisata Kota.
Setelah suasana menghangat dan peserta mulai berkeringat acara resmi dibuka dengan sambutan dari ketua yayasan Pergizi Pangan Indonesia, Profesor Herdinsyah yang memaparkan pentingnya asupan gizi seimbang, lalu dilanjutkan dengan pelepasan peserta funwalk oleh Bapak Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Ada yang unik saat acara pelepasan, sebelum peserta mulai berjalan kita disuguhi parade barisan Bregada atau prajurit kesultanan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang disusul barisan Srikandhi lengkap dengan busur dan anak panahnya, kemudian ada parade simbol sumber-sumber gizi alami yang ditampilkan oleh barisan sepeda onthel berhias sayur mayur, barisan badut dengan kostum gizi buah dan sayur, gunungan buah-buahan dan sayuran, lalu diakhiri dengan lewatnya gerobak sapi penuh buah dan sayuran.

image
Rangkaian opening ceremony dan pelepasan peserta fun walk karnaval gizi 2016

Titik finish funwalk berada di depan Monumen Serangan Umum 11 Maret yang sekaligus menjadi tempat rangkaian acara Karnaval Gizi 2016 digelar, ada beberapa tenda permainan, kreativitas, dan tenda konsultasi yang sudah menunggu peserta.

image
Cap tangan dulu yaa sebagai bentuk dukungan kampanye gizi seimbang πŸ™‚

Di tenda permainan atau games sudah disiapkan tiga arena games yang cara bermainnya melibatkan aktivitas motorik dan kognitif sekaligus, asyik laah pokoknya..

Permainan pertama adalah Ular tangga berukuran besar, di sini kakak menjadi pionnya sekaligus melempar dadu, saat berhenti di kotak-kotak bergambar khusus kami diminta melakukan gerakan senam sederhana atau menjawab pertanyaan sesuai petunjuk di gambar-gambar tersebut (ada wortel, gelas air putih, piring gizi seimbang, dsb).
Di permainan kedua kami diminta memutar roda warna dan menjawab pertanyaan sesuai warna yang didapat, kakak mendapat pertanyaan Apa manfaat sarapan? dan jawabannyaaaaaaa *drumroll* Telor ceplok! wahahaaah.. ketauan banget kalau tiap pagi dikasih telor ceplok πŸ˜€
Terakhir permainan ketiga, peserta diminta melempar bola yang sudah ditulisi dengan nama-nama makanan atau buah ke dalam ring yang berbentuk piramida makanan, jadi kita harus bisa memasukkan bola sesuai dengan urutan piramidanya, seru sih sepertinya.. tapi karena antriannya yang puanjaang kami memilih putar balik langsung ke meja penukaran souvenir saja, tiket games yang tadi berhasil kami tukar dengan satu buah pouch lucu dan pulpen.

image
Permainan ular tangga dan roda putar

Masih ada tenda Creative Corner, tenda Creative Cooking Class, dan tenda Konsultasi Gizi dari PERGIZI yang kelihatannya menarik, sayang anak-anak sudah kelelahan karena ikut berjalan kaki saat funwalk, mereka lebih memilih istirahat di depan tenda minuman lalu bermain di istana balon.

image
Minum susu dulu.. Haus hilang, perut kenyang, main lagii..
image
Paling betah di sini..

Sebelum pulang kami sempat duduk manis mendengarkan story telling dan menunggu pembagian doorprize, sayang belum rejeki jadi gak ada satupun doorprize yang bisa kami bawa pulang hihii..

Tapi walaupun pulang tanpa doorprize anak-anak tetap kelihatan ceria, kakak bilang “acaranya bagus yaa bun.. besok ada lagi gak?”
Yaa semoga tahun depan ada acara seperti ini lagi yaa Kak.. dan semoga mas atau mbak dari Nutrisi Untuk Bangsa tidak lupa untuk mengundang kami lagi.. Terima kasih sudah menyelenggarakan acara yang bisa dinikmati seluruh keluarga sekaligus sarat ilmu.. πŸ™‚

(Visited 86 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *