Grhatama Pustaka: Gudang Ilmu yang Ramah Anak

Sabtu pagi kemarin waktu antar kakak sekolah dapat pemberitahuan kalau hari itu semua siswa pulang jam 8.30, halaaah tau gitu gak usah masuk hihihii..
Ya wis, pulangnya sekalian diajak dolan aja mumpung masih pagi 😀 Kepikiran main ke perpustakaan punya BPAD DIY yang baru nan guedee di daerah Janti itu, sudah sejak desember kakak (ibunya apalagi) kemecer pingin ke sana, konon perpustakaan ini sekarang jadi yang terbesar di Asia Tenggara, wooow Jogja has the biggest library in Southern Asia! jadi makin cinta sama Jogja 🙂

Tapi karena lokasinya di belahan timur, niat buat ke sana jadi ketunda-tunda terus, boook.. mesti membelah Jogja dari barat ke timur gitu looh.. (ah, dasar elunya aja, males dipiara mulu..)

Bangunan megah berlantai tiga yang bagian dalamnya berbentuk O dengan taman di tengah ini katanya (aku gak ngukur sendiri sih..) berdiri di tanah seluas 2,4 hektar. Disebutkan ada 260.000 koleksi pustaka yang terbagi dalam 180.000 judul menjadi penghuni di sini, ada koleksi umum, koleksi kuno, buku braille, serta digital books. Selain itu tersedia juga ruang auditorium, ruang audio visual, dan bioskop 6D yang memutar film-film pendek berdurasi 10-15 menit, sayangnya pas kemarin kami ke sana bioskopnya sedang dalam perbaikan.

Di lobby (kakak bilang lobby hotel) kita akan diminta mengisi semacam buku tamu di komputer yang ada di sisi kiri dan kanan pintu masuk, setelah itu kita bisa meminta kunci loker di meja loker penitipan sebelah kiri pintu masuk dengan menyerahkan kartu identitas. O ya, kalau sejak awal sudah niat akan pinjam buku mendingan bikin kartu keanggotaan dulu di meja informasi sebelah kanan pintu masuk, syaratnya cuma fotokopi kartu identitas aja kok, tapi karena ini perpustakaan baru yang daftar keanggotan jadi bejibun, jadi yaa kudu sabar mengantri. Eh, gak usah khawatir bete nunggu antrian, di depan meja informasi banyak sofa-sofa empuk yang siap menampung lamunan kita, lumayan sambil cuci mata lihat brondong-brondong seliweran 🙂

image
Kakak bilang: ini lobby hotel 🙂
image
Sebelum masuk ambil kunci loker dulu di sini
image
Yang mau bikin kartu anggota bisa ke sini dulu sebelum masuk..

Karena kemarin kesananya bawa bocah, pupuslah harapan bisa masuk ke ruang koleksi umum, huhuhuuu.. Juragan kecil ini langsung ribut minta turun ke bawah. Lantai bawah itu memang khusus untuk anak-anak. Ada ruang baca yang koleksi bukunya lengkap dan masih baru semua, ruang bermain yang nyaman banget, lalu ada ruang musik dan ruang dongeng, sayang dua ruang terakhir itu belum dibuka untuk umum karena masih dalam perbaikan. Disebelah ruang bermain ada akuarium miniatur habitat hewan air (atau tepatnya sungai), jadi penghuninya selain ada ikan-ikan juga ada kadal, ular, dan sejenisnya gitu deh.. Nah, di depan akuarium kita para ortu bisa leyeh-leyeh di sofa (lagii..) warna warni yang ditata menghadap ke taman sambil menunggu anak-anak berlarian dari satu ruangan ke ruangan lain, iya.. di sini kita gak perlu cemas bakal ditegur kalau anak kita membuat kegaduhan, mereka bebas kok berlarian dan bersuara asal yaa gak kebangetan, gak boleh juga kalau malah main perang-perangan disitu 🙂

image
Anak-anak bebas berlarian di lantai bawah sini 🙂
image
Akuarium habitat hewan sungai dan pojok santai
image
Di depan ruang musik
image
Ruang baca, koleksi buku anak-anaknya lengkaap..

image

image

image

Sambil nunggu kakak berburu buku aku sempat mencoba akses wifi-nya, dari enam (kalau gak salah) hotspot aku coba tiga dan semuanya lumayan cepat melihat kemruyuknya pengunjung siang itu, weekend pula yaa.. Nah, jadi kalau mau berkunjung ke sini mending pas weekdays, jam operasionalnya sangat ramah buat karyawan dan mahasiswa kok, senin sampai sabtu buka mulai pukul 08.00 – 22.00 dan minggu buka mulai pukul 08.00 – 16.00 🙂

(Visited 288 times, 1 visits today)

9 thoughts on “Grhatama Pustaka: Gudang Ilmu yang Ramah Anak”

  1. Nah, ini bisa jadi alternatif untuk “wisata” kalau pas ke Jogja. Daripada stuck shopping sama kulineran doang. Ini kalau weekend ramai banget ya Mba? Koleksi buku anaknya keliatannya lengkap juga ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *