Simple Science: EGGPLODED!!

Semenjak tinggal di Jogja, longweekend adalah saatnya kami bermanis-manis di rumah, lha wong cuma mau ke mall aja geregetan duluan di jalan πŸ˜€

Tapi karena di rumah saja, malah jadi punya banyak kesempatan buat nyobain macam-macam simple science yang selama ini cuma tersimpan di boards Pinterest, misalnya aja kemarin, kami mencoba dua eksperimen sekaligus yang temanya telur.

FLOATING EGG

Untuk pemanasan, kita bikin percobaan yang agak serius dulu πŸ™‚

Inget jaman SD, sering banget sok-sokan bikin percobaan kaya gini, rasanya udah keren banget πŸ˜€
Dan sekarang lihat responnya kakak waktu telurnya berhasil ngapung jadi ngakak sendiri, hahahaa aku pun selebay itu dulu..

Cara membuatnya:

Gelas ke 1 gak pakai garam
Gelas ke 2 pakai garam 5 sdm
Gelas ke 3 pakai garam 12 sdm
Aduk rata sampai garamnya larut lalu cemplungin telur-telurnya.. ngapung deh πŸ™‚

Oiya, kegiatan ini juga bagus buat melatih motorik halus dan kognitif anak-anak, biar saja mereka yang menuang dan mengaduk sambil menghitung jumlah sendok garamnya.

image

image

image

image

Nah, terakhir, pertanyaannya kakak:
“Kalau di laut, garamnya berapa sendok?”
Jahahahaa.. πŸ˜€ πŸ˜€

EGGPLODED!

Sekarang waktunya main, iyaa daripada disebut percobaan, aku bilang ini lebih pantas disebut main-main.. karena seperti biasa begitu lihat aku keluarin cuka dan baking soda anak-anak langsung heboh “horeee bikin ledakan lagiii..!!”

Trio baking soda, cuka, dan pewarna makanan memang gak pernah membosankan buat Arka dan Raya, asal stok ketiganya lengkap di dapur, selamat lah hari-hari libur kami hahaa..

Oiya, sebelumnya kami sudah pernah membuat Balon Gas dan Letusan Gunung Berapi dari baking soda dan vinegar. Nah, hari ini bikin yang lebih gampang lagi.
Telur Meletus!
Aku bayangin nanti semburan berwarna warni akan keluar berbarengan dari masing-masing telur, lalu warnanya akan bercampur di dalam tray, pasti seruuu..

Begini caranya:
1. Untuk wadahnya aku pakai kulit telur yang cuma dipecahkan sedikit atasnya, taruh diatas tutup botol air mineral supaya bisa berdiri tegak.
2. Campur baking soda, deterjen, dan sedikit air, aduk rata, lalu masukkan ke dalam kulit telur dengan bantuan corong.
3. Teteskan pewarna ke masing-masing kulit telur.

Selesai.. Serahin ke anak-anak biar mereka yang menuang vinegar ke tiap-tiap telur, dijamin langsung berisik.. hahaaa πŸ˜€

image

image

image

(Visited 112 times, 1 visits today)

3 thoughts on “Simple Science: EGGPLODED!!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *