Simple Science: Food Chain and The Volcano Eruption

image

Minggu pagi tadi seru sekali.. Kita belajar tentang aliran air dari mata air di atas gunung sampai ke sungai, lalu belajar tentang habitat hewan sungai dan rantai makanannya.

Terakhir dan yg paling ditungguin AR: volcano explotions!! Kakak jadi bisa membayangkan letusan gunung merapi dan mengerti kalau aliran lahar gak selalu bisa diprediksi, apa2 yang dilewatin juga langsung rusak (kebetulan gunung playdohnya memang meleleh)

Gunungnya kakak sendiri yang membentuk pakai playdoh, jadi ceria warna warni gitu.. dia bilang karena di atas gunung ada macam2 tanaman dan bunga.. bunda cuma buatin rangkanya saja dari koran.

image

Cara membuat letusan gunung berapinya mudah banget kok.. Cuma butuh air hangat, pewarna makanan, 1 bungkus baking soda, dan 1 botol cuka dapur.

1. Untuk isi gunungnya aku pakai botol bekas air mineral yang paling kecil, tutup seluruh bidang botol dengan koran sampai menyerupai bentuk gunung, tapi sisakan mulut botol tetap terbuka yaa, lalu tutup dengan playdoh sambil ditekan-tekan.
2. Isi 1/3 bagian botol dengan air hangat, 6-8 tetes sabun cair pencuci piring, dan 2-4 tetes pewarna makanan warna merah atau orange, aduk rata dengan sumpit.
3. Masukkan 2 sdm baking soda, aduk rata.
4. Sambil bersiap, tuangkan 1/4 cup air cuka dengan cepat, wuuuss dalam hitungan detik saja si gunung sudah bererupsi 🙂

Video serunya bisa lihat di https://youtu.be/qNgvM7TpGbk

(Visited 134 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *