Get Wet with Water Beads

Satu bulanan ini aku mulai kasih AR kesempatan bermain sensori atau istilah kerennya sensory play, itu lhoo kotak yang diisi bermacam benda untuk bermain dengan tema-tema tertentu, benda yang dipakai biasanya yang banyak ditemukan disekitar rumah dengan warna dan bentuk yang menarik, atau benda yang memang disukai anak-anak.

Seperti namanya, permainan sensori bermanfaat untuk menstimulasi berbagai alat sensor atau panca indera anak agar bisa digunakan dengan maksimal saat anak mulai belajar berbagai keterampilan kognitif, bahasa, motorik halus, sekaligus melatih kreativitasnya, karena saat bermain anak-anak akan menggunakan lebih dari satu indera seperti peraba (tekstur), penglihatan (warna dan bentuk), penciuman (bau / wangi), dan pendengaran (bunyi yang dihasilkan saat bermain).

Memang gak setiap hari aku kasih AR permainan seperti ini.. itu karena sensory play berarti juga messy play, yaa mereka baru main begini saat mood ibuknya lagi bagus buat ekstra beberes hihihiii..

Yang paling sering aku kasih waterbeads dan pasir, anak mana sih yang gak suka main air dan main pasir? begitu juga AR, bisa betah sampai 2 jam kalau sudah dapat kesempatan pegang air atau pasir.
Khusus untuk pasir, aku pakai pasir pantai yang warna putih, sudah diayak dan dicuci dengan sabun antiseptik, jadi lumayan aman lah yaa..

Nah, kalau Water beads alias hidro gel ini lagi kekinian banget di antara emak-emak yang punya toddler dan preschooler. Saking penasarannya aku sampai berburu ke SD disekitar rumah karena yang jual memang biasanya abang-abang mainan di depan sekolahan.
image

Teksturnya yang kenyal dan licin bikin AR geli sekaligus penasaran, sengaja aku cemplungin ke bak air dan minta mereka ambil satu-satu dengan dijumput dua jari, maksudnya melatih kelenturan jari-jari mereka untuk persiapan belajar menulis nanti..

(Visited 167 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *