Cara Mudah Menanam Basil

image

Suka masakan itali? Pasti tau basil lah yaa.. Tapi basil gak cuma cocok buat teman makan pasta atau pizza loh.. Cobain deh cemplungin beberapa lembar ke masakan woku belanga, rica rica, atau pepes ikan, dijamin wangi dan sedapnya nambah..

Buat yang belum familiar dengan si basil ini, aku copy-kan sedikit penjelasannya dari web greencorner.org

Basil disebutkan berasal dari India. Tanaman ini dikenal untuk pemujaan terhadap Dewa Wisnu dan Krishna dalam berbagai upacara dan acara keagamaan. Holy Basil atau dikenal dengan nama Tulsi di India, dianggap sebagai tanaman jelmaan istri Dewa Wisnu saat berada di bumi. Tulsi digunakan untuk menyucikan jenazah dan diletakkan di dada orang yang meninggal, atau di mulutnya, untuk bekal perjalanan yang tenteram ke alam baka. Demikian juga di Eropa kuno, serumpun basil diletakkan di tangan jenazah dengan maksud yang sama. Kata Basil yang juga berarti raja sering digunakan oleh bangsa Romawi kuno sebagai pernyataan cinta dari seorang pria kepada gadis pujaannya, pemberian basil ini berarti mereka secara resmi bertunangan.

Menanam basil, yang disebut ‘king of herbs’ oleh para tukang masak ini, relatif sangat mudah. Basil sangat suka sinar matahari, tanah subur dan air yang cukup. Sangat mudah berbiak dari biji. Bunganya sangat disukai lebah, namun daun dan minyak dari basil ini adalah pengusir nyamuk yang efektif. Basil pun sangat mudah muncul tunas baru, setelah dipotong batangnya, maka akan muncul lagi tunas baru dari ketiaknya, makin lama tanaman akan makin rimbun. Namun umur basil tidak lama, setelah berbunga dan berbiji maka akan mati dengan sendirinya. Penyakit yang sering saya temukan pada basil adalah diserang oleh kutu daun. Kadang kutu putih, ada juga kutu hitam, dua-duanya membuat basil merana dengan daun yang mengkerut.
Ada juga ulat yang doyan sekali mengunyah daun basil sampai gundul. Tapi bila basil ditanam berbarengan dengan rosemary dan tomat, serangan mahluk-mahluk yang menginvasi basil ini dapat dikurangi.

Banyak sekali jenis-jenis basil, yang umum dikonsumsi adalah:
Basil Genovese, basil Italia yang umum untuk bumbu salad, makanan Italia, atau pesto.
Italian Large Basil, yang fungsinya sama dengan Basil Genovese, hanya daunnya lebih besar-besar.
Greek Basil adalah basil berdaun mini yang cantik ditanam bergerombol di pot.
Lemon Basil, orang Sunda menyebutnya sebagai Surawung, atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Kemangi.
Thai Basil, sebetulnya jenisnya agak mirip dengan kemangi yang kita kenal.
Red Basil atau Basil Ungu adalah basil dengan daun berwarna gelap, dapat dipakai untuk salad, atau mewarnai minyak zaitun sehingga lebih tampak menarik. Untuk pengobatan, basil memiliki fungsi yang sama dengan oregano, untuk pengobatan berbagai penyakit karena mengandung antioksidan, antibakteri, dan antivirus, sehingga dikenal pula sebagai tanaman untuk mencegah kanker.

Untuk pengobatan, basil memiliki fungsi yang sama dengan oregano, untuk pengobatan berbagai penyakit karena mengandung antioksidan, antibakteri, dan antivirus, sehingga dikenal pula sebagai tanaman untuk mencegah kanker.

greencorner.org

Hebat banget kan khasiat daun basil ini, apalagi perkembangan biakannya yang super gampang.. Buat aku pribadi, lebih gampang memperbanyak pohon basil dengan cara stek daripada menyemai benihnya, tinggal potong batang yang cukup besar dan kuat, masukkan dalam toples berisi air dan letakkan ditempat teduh, biasanya akar-akar mungil sudah mulai bermunculan di hari keempat dan seterusnya, setelah akarnya lumayan banyak tinggal pindahkan ke pot berisi campuran tanah, sekam, dan pupuk kambing dengan perbandingan 1:1:1
Oiya, lakukan stek di pagi hari yaa, waktu basil belum sempat kena sinar matahari sama sekali, dan pastikan basil sudah cukup air sebelumnya, jadi siram dulu si basil pada sore/malam hari, lalu stek besok paginya.

Gampang kan? Daripada beli terus di supermarket, yuuk coba nanam sendiri.. 🙂

(Visited 895 times, 1 visits today)

4 thoughts on “Cara Mudah Menanam Basil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *